Mau Beli AC Rumah? Simak Dulu Tipsnya! – Anda sedang mempertimbangkan untuk beli AC untuk rumah Anda? Tentunya, ada banyak hal yang mesti Anda pertimbangkan sebelum akhirnya memutuskan AC hemat listrik yang tepat untuk rumah Anda. Kebutuhan AC rumah di Indonesia cukup meningkat dari tahun ke tahun.

Wajar saja kalau kebutuhan AC di Indonesia sangat penting dan cukup mendesak. Karena Indonesia beriklim tropis dan ketika masuk musim kemarau, cuaca akan sangat panas. Apalagi, untuk wilayah kota yang padat penduduk, dataran rendah, dan daerah di pinggir pantai. Kebutuhan terhadap AC menjadi sangat penting di rumah ketika ada anak bayi baru lahir di rumah tersebut.

Anak bayi membutuhkan suhu yang sejuk, karena tubuhnya tidak begitu mampu untuk beradaptasi dengan segala cuaca, apalagi cuaca panas. Jadinya, keperluan terhadap AC bahkan menjadi wajib untuk ada.

Baca Juga : Suhu AC yang Baik Untuk Bayi 

Tapi, apa saja tips yang harus Anda perhatikan sebelum membeli AC rumah? Tentunya, selain AC hemat listrik, juga AC yang mampu bekerja maksimal. Berikut beberapa tips yang bisa Anda pertimbangkan.

1. PK AC disesuaikan dengan kebutuhan

Sebelum membeli AC, pastikan bahwa PK AC Anda sesuai dengan kebutuhan. Sesuai kebutuhan maksudnya adalah tidak berlebihan juga tidak kurang. AC memiliki PK mulai dari 1/2, 3/4, 1, 2, 2,5 dan seterusnya.

Bagaimana cara menghitung PK yang tepat untuk rumah Anda? Caranya adalah perhitungkan ukuran atau luas ruangan lalu dikalikan angka 500 yang merupakan satuan standar untuk BTU. BTU atau british Thermal Unit adalah satuan untuk menghitung kemampuan AC untuk mendinginkan atau mengurangi pans di ruangan. Lalu, apabila hasil kali tersebut di angka 5000 – 7000 BTU, berarti AC yang Anda butuhkan adalah ukuran 1/2 PK.

Berikut daftarnya:

  • 5000 – 7000: AC 1/2 PK
  • 7000 – 9000: AC 3/4 PK
  • 9000 – 12.000: AC 1 PK
  • 12000 – 18000: AC 1,5 PK
  • dan seterusnya

Biasanya, untuk AC rumahan, paling besar adalah AC 1.5 PK. Misalnya ruangan Anda adalah 3×3 meter, maka luas ruangan adalah 9 meter. Luas ruangan (9 meter) dikalikan 500 BTU, berarti 4.500 BTU. Maka untuk ruangan 3×3 meter, Anda bisa menggunakan AC 1/2 PK.

Baca Juga : Posisi Terbaik untuk Pasang AC di Rumah 

Jangan sampai Anda menggunakan AC dengan PK yang lebih besar dari kebutuhan karena itu akan membuat Anda boros listrik. Tapi, jangan sampai pula Anda menggunakan AC dengan PK yang lebih kecil, karena itu berarti kinerja AC tidak akan maksimal.

AC split atau AC cassete

Jenis AC terdiri dari tiga jenis, yakni split, cassete, dan standing floor. Biasanya untuk kegunaan di rumahan, Anda memerlukan AC jenis split.

1. Pilih AC hemat listrik (Low watt)

Ada tiga jenis tipe AC, antara lain AC standar, AC hemat listrik, dan AC inverter. Untuk Anda yang memiliki daya listrik di rumah cukup rendah, misalnya 900VA dan 1300VA maka Anda bisa memilih AC hemat listrik untuk lebih hemat pengeluaran. Tipe inverter adalah AC yang mampu bekerja cepat dalam mendinginkan ruangan. Namun, ketika bekerja keras mendinginkan ruangan dengan cepat di awal, maka tarikan listriknya akan cukup besar. Ketika ruangan sudah dingin, maka penggunaan listriknya akan menjadi mengecil

Baca Juga : Mau Pasang AC? Berapa sih Watt yang Dibutuhkan? 

.

2. Lihat fitur yang ditawarkan

Sebelum memilih AC yang tepat, maka coba perhatikan dulu apa saja keunggulan, fitur, dan fungsi yang AC tersebut tawarkan. Lihat jumlah mode yang ditawarkannya, apakah mampu memberikan semua yang Anda butuhkan?

Bisa saja Anda memilih AC dengan teknologi mutakhir dan terkini, tapi apakah Anda membutuhkan teknologi tersebut? Bila tidak, maka jadinya akan sia-sia saja.

Baca Juga : Beli AC Baru atau Bekas, ya? Simak Tipsnya

Misalnya, ada mode hemat listrik yang tentunya sangat Anda butuhkan. Maka, Anda bisa mempertimbangkan untuk memiliki AC tersebut. Sedangkan AC lain mungkin menawarkan fungsi lain yang menyematkan teknologi canggih di dalamnya tapi Anda tidak memerlukannya karena hal-hal tertentu, maka Anda bisa mempertimbangkan untuk memilih AC yang lain.

Demikian beberapa tips yang bisa Anda pertimbangkan sebelum memilih AC rumah yang tepat. Tentunya, hemat listrik menjadi salah satu hal yang mesti Anda pertimbangkan agar pengeluaran rumah untuk listrik menjadi lebih hemat.

Jangan lupa untuk memercayakan AbangBenerin saat proses bongkar pasang AC Anda agar AC rumah Anda terpasang dengan baik. Sehingga tidak akan menyebabkan AC bekerja kurang optimal.

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin