Beli AC Baru atau Bekas, ya? Simak Tipsnya – Kebutuhan terhadap Air conditioning (AC) memang sangat vital. Apalagi di kota-kota besar yang cuacanya sangat panas ketika siang hari, maupun malam hari. Karena itu, banyak orang yang memutuskan untuk membeli AC terutama bila memiliki anak bayi di rumahnya.

Meski demikian, ada banyak orang yang membeli AC yang second agar harganya lebih miring. AC yang baru sebenarnya lebih aman, karena produk tersebut baru buka bungkus, dan kualitasnya masih terjamin. Hanya saja, jasa pasang AC yang Anda hubungi mesti berkualitas dan berpengalaman agar pemasangan bisa sempurna. Satu-satunya kelebihan membeli AC second ketimbang AC baru adalah harganya yang kadang hanya setengah dari harga AC baru.

Bila Anda sedang memikirkan untuk membeli AC, maka ada dua tempat yang bisa Anda datangi. Pertama tempat penjualan AC yang resmi, seperti toko elektronik misalnya. Kedua, toko milik tukang AC, atau jasa service dan jasa pasang AC. Di tempat tersebut tentunya Anda akan menemukan pilihan AC dalam kondisi bekas.

Namun apakah Anda masih kebingungan untuk memilih beli AC baru atau bekas? Simak tipsnya.

Pilih AC Baru atau Bekas?

Pertanyaannya, amankah membeli AC bekas? Terutama bila budget terbatas, namun kebutuhan terhadap AC sudah sangat urgent?

Sebenarnya, yang paling orang-orang sarankan adalah membeli AC baru. Selain sudah dijamin aman, dan apabila ada kerusakan tentunya akan ada garansi dari tokonya. Hal itu tidak akan Anda dapatkan dari AC bekas. AC bekas juga ada dua kemungkinan, pertama memang AC bekas karena pemilik lamanya ingin mengganti AC. Sedangkan kemungkinan kedua adalah AC rekondisi, mungkin dari AC yang rusak lalu melakukan penggantian pada komponennya.

Baca Juga : Ingin Membeli AC Second? Perhatikan Hal – Hal Berikut 

AC bekas yang berasal dari tangan pertama sebenarnya lebih aman. Ada kemungkinan Anda masih mendapat AC dalam kondisi yang prima. Misalnya, ada orang yang pindah rumah lalu AC-nya dijual karena tidak cukup mumpuni lagi untuk menyejukkan rumah barunya. Sebelumnya, di rumah yang lama ukuran ruangnya cukup kecil sehingga AC yang ia milikinya adalah AC 1/2 PK.

Namun ketika pindah, ruangan yang didapatnya lebih besar sehingga ia harus mengganti ke AC 1 PK. Lalu, AC 1/2 PK tersebut yang masih dalam kondisi prima dijual kembali. Apabila Anda mendapatkan AC dalam kondisi tersebut, maka Anda bisa dikatakan beruntung.

Atau, bisa Anda simpulkan yakni apabila Anda ingin membeli AC, Anda bisa membeli AC bekas apabila kondisinya seperti yang ada di atas.

Sedangkan membeli AC rekondisi tentunya AC tersebut sudah tidak prima lagi. Ada banyak komponennya yang sudah melakukan penggantian, atau perbaikan sehingga kinerja AC tidak akan sebaik AC baru lagi. Biasanya, harganya lebih murah, namun juga cepat rusak.

Baca Juga : Masih Bingung Dengan Komponen AC? Ini Dia Jenis dan Fungsinya!  

Atau, Anda bisa datang ke jasa service dan jasa pasang AC untuk menemukan AC bekas yang masih dalam kondisi baik. Bila Anda beruntung, maka Anda mungkin akan mendapatkan AC yang penggunaannya baru beberapa bulan saja.

Kondisi AC Bekas yang Masih Baik

Bila kondisi AC masih cukup baik, meskipun sudah second namun kualitasnya bisa saja masih cukup mumpuni. Jadi, perhatikan benar terlebih dulu AC bekas yang akan Anda beli agar Anda tidak menyesal.

Pertama, pastikan AC outdoor masih dalam keadaan baik. Anda bisa melihat kompresornya masih asli dari pabrikan, fisiknya terlihat baik, juga press balik, serta kondensornya tidak bocor.

Kedua, pastikan AC Indoor tidak memiliki kecacatan fisik, kebocoran evaporator, memiliki remote yang masih berfungsi dengan baik, ada nepel sambungan pada conection instalation, serta yang pasti AC tersebut masih menyala dengan baik.

Baca Juga : Kenali Berbagai Fungsi Mode pada Remot AC 

Akan lebih baik bila Anda tahu siapa orang yang menjual AC tersebut. Bisa jadi keluarga, atau kenalan sehingga Anda melihat bagaimana AC tersebut sebelum dijual ke Anda.

Apalagi, bila AC bekas itu masih memiliki garansi. Maka itu adalah kondisi terbaik untuk membeli AC yang second. Jadi, Anda bisa menghemat pengeluaran.

Baca Juga : Kapan Kita Harus Ganti AC Baru?

blog-banner-bongkar-pasang

Meski begitu, memang lebih banyak yang menyarankan untuk membeli AC yang baru. Berbeda dengan alat elektronik seperti handphone misalnya, AC bila sampai ada yang menjual second maka kemungkinan ada kerusakan sehingga pemiliknya memilih mengganti AC yang baru. Belum lagi, bila Anda membeli AC yang sudah berusia tua. Baru Anda pakai sebentar, tahu-tahu sudah rusak.

Belilah AC second bila memang ingin menghemat pengeluaran dengan pertimbangan yang matang. Bila kondisinya seperti yang sudah kami paparkan sebelumnya, maka itu berarti Anda bisa aman-aman saja membeli dan memasang AC bekas di rumah Anda. Jangan lupa untuk tetap memercayakan pemasangan AC Anda pada jasa pasang AC AbangBenerin yang berpengalaman, agar tidak terjadi kekurangan dan kerusakan karena tidak sempurnanya pemasangan.

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin