Posisi Terbaik untuk Pasang AC di Rumah – Memasang Air Conditioning (AC) di rumah tentunya menjadi pilihan utama bagi rumah tangga di Indonesia. Sebab, tinggal di daerah dengan cuaca tropis seperti Indonesia menjadikan banyak kota memiliki suhu yang panas dan gerah. Meski demikian, pengaturan posisi AC di rumah mesti Anda pertimbangkan. Itulah kenapa banyak orang yang memilih menggunakan jasa pasang AC untuk pemasangan dengan posisi yang paling tepat.

Namun, bila Anda tidak menggunakan jasa pasang AC, ada banyak hal yang mesti Anda pertimbangkan untuk pemasangan AC di rumah Anda. Beberapa faktor yang memengaruhi posisi pemasangan AC di antaranya jenis AC, luas ruangan, posisi pemasangan, indoor atau outdoor, dan sebagainya. Simak informasinya berikut ini.

Jenis AC

Salah satu jenis AC yang paling banyak digunakan adalah AC split. AC split berbentuk persegi panjang dan terpasang di dinding bagian atas. Kelebihan dari AC ini adalah tempat pemasangan di dalam ruangan lebih kecil apalagi bila Anda bandingkan dengan AC jenis lainnya.

Bila Anda menggunakan jasa pasang AC untuk AC satu ini, maka biasanya teknisi akan memasang di dinding bagian atas. Posisi AC satu ini lebih cenderung di tengah ruangan. Apalagi AC satu ini juga cukup mumpuni untuk mendinginkan ruangan, sehingga posisi di tengah ruangan adalah yang paling pas untuk AC ini.

Baca Juga : Mengenal Berbagai Jenis AC

blog-banner-bongkar-pasang

Jenis Ruangan

AC bisa Anda tempatkan di mana saja pilihan pemasangan AC terbanyak biasanya di ruang tengah (ruang keluarga), dan tentunya kamar tidur. Namun, hal yang mesti Anda pertimbangkan adalah jenis dan luas ruangannya. Hindari pemasangan yang terlalu dekat dengan tubuh Anda.

Kadang-kadang, karena mempertimbangkan keindahan ruangan, AC sering ditempatkan tepat di atas tempat tidur. Hal itu berbahaya sebenarnya, karena AC yang terlalu dekat dengan tubuh justru akan membuat dampak yang buruk bagi kesehatan. Masalah yang sering terjadi apabila AC terpasang terlalu dekat dengan tubuh adalah kulit menjadi kering. Ditambah lagi, AC yang terlalu dekat juga bisa membuat Anda demam, atau masuk angin. Dampak paling buruk adalah membuat kesehatan paru-paru Anda menjadi lebih mudah terganggu.

Hal lain yang harus Anda pertimbangkan adalah jarak AC dengan lantai ruangan. Setidaknya, AC harus terpasang dalam jarak di atas 2 meter dari lantai agar Anda tidak mendapatkan dampak buruk dari AC. Tapi, jangan pula terlalu dekat dengan plapon sampai menempel misalnya. Sebab, AC setidaknya harus berjarak 15 centimeter dari pelapon agar sirkulasi udara berjalan dengan baik. Terlalu menempel dengan pelapon membuat kualitas udara yang AC Anda produksi akan terganggu.

Dengan demikian, kesimpulannya adalah jarak AC dari pelapon harus minimal 15 centimeter, dan dari lantai minimal di atas dua meter. Itu berarti, tinggi ruangan Anda setidaknya 3 meter agar pemasangan AC oleh jasa pasang AC bisa tetap aman untuk tubuh.

Baca Juga :Jangan Sampai Salah Pilih Teknisi AC Ini Tips Memilihnya 

Pertimbangkan Posisi Pintu dan Jendela

Posisi yang buruk untuk AC adalah pintu dan jendela terbuka, atau posisi yang langsung menghadap keduanya. Hal itu menyebabkan hawa dingin dari AC akan langsung keluar dari ruangan tersebut. Karena itu, jangan pasang AC langsung menghadap pintu, ataupun jendela.

Biasanya, bila Anda memanfaatkan jasa pasang AC, maka para teknisi tersebut akan langsung tahu bahwa AC tidak bisa Anda tempatkan pada dua posisi di atas.

Hal itu bisa berdampak pada kesehatan AC Anda sendiri. Sebab, meski sudah bekerja dengan keras, namun ruangan tak juga sejuk. Hal itu membuat Anda akan memaksa kerja AC jauh lebih keras. Tentunya, hal itu membuat AC Anda akan jauh lebih cepat rusak.

Baca Juga : Kesalahan Umum Dalam Menggunakan AC di Rumah 

Indoor atau Outdoor

Bila meletakkan AC indoor, maka jangan terlalu dekat dengan telinga Anda. Hal itu bisa membuat Anda terganggu sendiri dengan suara yang keluar dari AC. Ditambah lagi, hembusan angin dingin dari AC akan langsung menerpa kepala Anda. Hal itu justru akan berdampak buruk bagi kesehatan Anda.

Karena itu, biasanya jasa pasang AC profesional akan menempatkan AC di dekat kaki bila tempat untuk memasang AC di kamar. Jadinya, Anda akan lebih nyaman tidur di ruangan ber-AC. Coba lihat di kamar hotel biasanya, yang menggunakan jasa pasang AC. Itu bisa Anda contoh bila memasang di kamar Anda sendiri.

Sedangkan penempatan AC outdoor penempatannya akan mempertimbangkan keawetan AC tersebut. Jarak antara AC indoor dengan outdoor setidaknya lebih dari 30 centimeter agar mesinnya bekerja optimal. Penempatan jarak di bawah itu akan berpengaruh pada oli dan kompresor di dalam AC. Dampak buruk akan terjadi apabila oli di dalam AC justru pindah ke AC yang berada di dalam ruangan. Panjang pipa setidaknya di atas 3 meter, namun di bawah 6 meter. Bisa saja lebih panjang dengan mempertimbangkan ruangan, namun usahakan tidak lebih pendek.

Selain itu, pemasangan AC outdoor harus mempertimbangan pembuangan air AC. Jangan sampai pembuangan air justru menyentuh dinding, karena bisa mengikis dinding dan membuat air merembes ke dalam ruangan. Pertimbangan berikutnya adalah dataran air tersebut yang lebih tinggi. Sedangkan pemasangan mesin AC di dalam ruangan juga harus mempertimbangkan sudut dari ruangan tersebut. Pertimbangan utama adalah bagaimana agar suhu dingin bisa mengalir dengan optimal. Ditambah lagi, pemasangan AC akan menggunakan rak berbahan alumunium sehingga pemasangan harus benar-benar kuat, agar AC tidak roboh.

Karena itu, bila Anda masih ragu, sebaiknya hubungi jasa pasang AC yang berkualitas, dan profesional seperti AbangBenerin agar tidak terjadi dampak buruk dari pemasangan AC di ruangan Anda.

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin