Suhu AC yang Baik Untuk Bayi – Banyak orang tua tidak berani memasang air conditioning (AC) sebagai pendingin ruangan untuk kamar bayi. Penyebabnya adalah karena takut bayinya kedinginan, hipotermia, dan penyakit yang datang akibat cuaca dingin lainnya. Memperhatikan suhu ruangan untuk bayi memang harus dengan sangat hati-hati agar tidak terlalu dingin.

Namun hal yang perlu Anda ingat juga adalah, bayi tidak bisa di ruangan yang terlalu panas. Masalahnya, musim panas di kota-kota besar menjadikan cuaca akan begitu terik di siang hari, juga di malam hari. Suhu ruangan yang panas tersebut akan menjadikan bayi akan kesulitan untuk tidur, terus berkeringat, dan hal lainnya yang berbahaya bagi tubuh bayi. Lalu, berapa suhu AC yang baik untuk bayi?

Suhu AC yang Tepat Untuk Bayi

Apakah aman menggunakan AC untuk bayi? Tentunya aman, karena sebenarnya bayi justru tidak mampu menghadapi cuaca yang panas. Membedonn, menggunakan baju tidur yang celananya panjang sampai menutupi kaki, dan sebagainya.

Suhu AC yang tepat untuk bayi sebenarnya berada di angka 23  – 25 derajat Celcius. Meski sudah mengatur suhu dengan tepat, pastikan bayi tetap menggunakan selimut. Hanya saja, selimut bayi sebaiknya tidak begitu tebal, dan baik dalam penyerapan keringat bayi.

Untuk tidur, Anda bisa menurunkan suhu menjadi 20 derajat Celcius, dengan menggunakan pakaian tidur yang menutup kaki atau sleepsuit. Agar tidak terlambat, atau tidak tepat waktu pengembalian suhunya, Anda bisa memanfaatkan mode timer yang ada di AC Anda.

Baca Juga : Kenali Berbagai Fungsi Mode pada Remot AC

Lalu, bagaimana bila ternyata AC tersebut tidak menampilkan penunjuk suhu ruangan atau temperatur? Maka Anda bisa menyiapkan termometer ruangan yang dapat Anda pasangkan di dinding. Dengan demikian, Anda bisa langsung terus melakukan pengecekan terhadap suhu ruangan agar tetap ideal dengan bayi Anda.

Pertanyaannya, kenapa bayi harus tetap sejuk? Suhu ruangan harus tetap Anda jaga sejuk untuk bayi Anda, karena berbagai penyakit akan mudah menyerang bayi dalam cuaca panas, atau terpapar cuaca panas terus menerus. Misalnya, biang keringat, heatstroke, sampai dehidrasi.

Menjaga Suhu Tubuh Bayi

Tak hanya itu, sindrom kematian bayi mendadak juga rata-rata terjadi karena bayi mudah gelisah di malam hari, hingga tidurnya tidak nyenyak. Hal itu bisa Anda hindari dengan menjaga bayi tetap sejuk di ruangan.

Meski demikian, jangan sampai bayi Anda terus berada di ruangan ber-AC seharian. Hal itu justru kurang baik bagi tubuhnya. Karena bayi juga membutuhkan udara langsung, serta paparan sinar matahari. Karena itu, sempatkan waktu di pagi hari untuk membawa bayi Anda keluar. Harus selalu Anda ingat bahwa berada terlalu lama di ruang ber-AC sangat berisiko untuk bayi Anda. Apalagi kalau temperatur terlalu rendah. Anak bayi lebih mudah terpapar hipotermia dan dampaknya bisa sangat fatal.

Baca Juga : 4 Tips Membuat Suhu Ruangan Tetap Dingin

Karena itu, Anda harus tetap menjaga suhu ruangan tetap berada di angka 23  – 25 derajat Celcius. Sekaligus, Anda mesti sering-sering mengajak anak Anda bermain keluar. Bila suhu ruangan terlalu panas, maka saatnya untuk mengajak anak Anda kembali ke ruang ber-AC.

Baca Juga : Tips Mengatur Suhu AC saat Cuaca Panas

Pakaian bayi juga mesti dipertimbangkan bila berada di ruang ber-AC. Bayi jangan sampai kehilangan suhu tubuhnya secara berlebihan dan signifikan. Kehangatan tubuhnya harus tetap terjaga. Jadinya, ketika berada di ruang ber-AC, pertimbangkan untuk menggunakan pakaian panjang, selimut, topi, dan celana panjang.

Jaga Kebersihan AC

Selain itu, bayi juga akan lebih sensitif dan mudah terpapar penyakit. Jadi, jangan sampai kotoran, debu, bakteri, dan kuman bertumpuk di dalam AC Anda. Jadi, lakukan pembersihan terhadap AC secara rutin, setidaknya minimal 3 bulan sekali agar sirkulasi udara tetap baik.

Baca Juga : Ini Pentingnya Cuci AC Tiga Bulan Sekali

Kamar bayi juga harus memiliki sirkulasi udara yang baik dengan adanya ventilasi. Bila Anda menggunakan kipas angin, jangan sampai hembusannya langsung ke tubuh bayi. Begitu juga ketika menggunakan AC, hindari kontak langsung dengan bayi karena dapat membuat kulit bayi menjadi kering. Untuk menghindari masalah itu, Anda bisa menggunakan lotion khusus untuk kulit bayi, jadi kesehatan kulitnya tetap terjaga.

Kenyamanan bayi yang masih sangat rentan memang harus diperhatikan dengan baik. Tidak hanya suhu ruangan AC yang harus Anda perhatikan, kualitas udara AC juga harus baik. Oleh karena itu, lakukan pembersihan rutin terhadap AC Anda minimal 3 bulan sekali dengan jasa teknisi profesional AbangBenerin untuk hasil yang maksimal.

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin