Tips Mengatur Suhu AC yang Ideal Untuk Tidur – Saat tidur, tentunya akan lebih nyaman ketika suasana sejuk dan tidak gerah. Karena itu, banyak pemilik AC akan menggunakan AC untuk mengatur suhu ideal demi mendapatkan tidur yang berkualitas.

Ketika tidur, suhu ruangan yang terlalu dingin juga akan membuat tidur menjadi tidak nyaman. Anda justru akan menggigil dan tidak bisa tidur dengan nyenyak. Sedangkan suhu ruangan yang terlalu tinggi justru akan membuat Anda gerah, berkeringat, dan tidak juga bisa tidur dengan nyaman.

Lalu, bagaimana tips mengatur suhu AC yang ideal untuk tidur dengan nyaman? Terpenting, bagaimana agar penggunaan listrik tetap hemat?

Beberapa tips berikut ini bisa Anda ikuti untuk menjadikan suhu ideal ruangan untuk tidur, tapi penggunaan listrik tidak begitu boros.

Suhu yang tidak kurang dari 25 derajat

Suhu ruangan ber-AC yang paling ideal adalah hanya selisih 5 derajat dari ruangan lainnya. Atau paling maksimal hanya selisih 8 derajat dari ruangan lainnya. Hal itu akan membuat kinerja AC tetap optimal dengan penggunaan listrik yang hemat.

Baca Juga : Mitos atau Fakta? Semakin Rendah Suhu AC Semakin Boros? 

Karena itu, akan sangat pas ketika Anda mengatur suhu di angka 25 derajat di awalnya. Kemudian, apabila masih dirasa kurang dingin, turunkan satu per satu. Misalnya, Anda turunkan ke 24 derajat, lalu biarkan tubuh Anda beradaptasi dengan suhu tersebut, sebelum menurunkannya lagi.

Apabila ada bayi di kamar Anda, maka suhu 23 derajat adalah suhu yang paling tepat. Turunkan lagi dari 24 derajat ke 23 derajat Celcius, agar tubuh Anda bisa beradaptasi dengan baik di suhu tersebut.

Baca Juga : Suhu AC yang Baik Untuk Bayi

Selain lebih hemat listrik, mengatur suhu dengan perlahan tersebut juga menjadikan kerja AC tidak begitu keras, jadinya tidak terlalu memakan daya dengan jumlah yang terlampau besar.

Naikkan Suhu 2 derajat ketika benar-benar akan tidur

Tips berikutnya adalah, setelah mata Anda benar-benar mengantuk maka naikkan suhu jadi 2 derajat lebih tinggi dari sebelumnya. Bila tadi angka suhu berada di 23 derajat, maka naikkan perlahan menjadi 25 derajat Celcius.

Baca Juga : Mengatur Remote AC Dengan Benar Supaya Dinginnya Maksimal

Penyebabnya adalah, tubuh Anda mesti menemukan suhu yang tidak begitu rendah ketika benar-benar tertidur. Hal itu akan membuat Anda menjadi lebih nyenyak ketika tidur.

Baca Juga : Kenali Berbagai Fungsi Mode pada Remot AC

Tapi, lakukan hal tersebut dengan perlahan sebagaimana Anda menurunkan suhu sebelumnya. Naikkan satu derajat, lalu biarkan tubuh beradaptasi, baru naikkan satu derajat lagi.

Pastikan menutup rapat jendela dan pintu

Ketika menyalakan Air Conditioning, pastikan bahwa jendela dan pintu ruangan Anda benar-benar tertutup rapat. Hal itu akan menjadikan kinerja AC menjadi optimal, dan tidak ada udara dingin yang terbuang ke luar ruangan.

Apabila udara dingin yang AC hembuskan terbuang ke luar ruangan, maka AC akan bekerja jauh lebih keras untuk menjadikan suhu ruangan seperti yang Anda inginkan. Jadinya, AC akan lebih banyak memakan daya yang artinya tagihan listrik akan lebih boros.

Baca Juga : Posisi Terbaik untuk Pasang AC di Rumah

blog-banner-bongkar-pasang

Bila perlu, ventilasi juga tertutup rapat ketika AC akan dinyalakan. Termasuk tirai atau gorden juga tutup dengan rapat.

Dengan demikian, AC akan lebih cepat masuk ke mode hemat energi. Hal itu juga membuat AC jauh lebih hemat dan tahan lama.

Pastikan Cuci AC secara rutin

Satu lagi yang perlu dipertimbangkan adalah memastikan perawatan dan melakukan cuci AC secara rutin dan teratur. Penyebabnya, ketika tidur Anda membutuhkan udara yang berkualitas, tidak hanya sejuk.

Sedangkan AC yang jarang mendapatkan cuci AC, tentunya akan menyimpan banyak bakteri dan kotoran di dalamnya. Hasilnya, udara yang Anda hirup ketika tidur justru bisa menyebabkan penyakit lainnya.

Apalagi, ketika tidur tentunya Anda akan bernafas dan tidak menggunakan penutup mulut seperti masker. Oleh karena itu, kualitas udara harus benar-benar tidak mengandung kuman yang bisa membuat Anda jatuh sakit.

Baca Juga : Jarang Cuci AC? Ini Bahaya yang Mengintai!

Jangan lupa, cuci AC secara rutin dengan AbangBenerin akan membuat AC lebih tahan lama, hemat listrik, dan bekerja dengan maksimal.

Demikian beberapa tips yang bisa Anda pertimbangkan untuk menjadikan kinerja AC lebih baik dan tidur Anda lebih nyaman. Tentunya, dengan kualitas tidur yang lebih baik, Anda akan mendapatkan manfaat yang maksimal dari penggunaan AC di rumah Anda.

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin