Kenali Fungsi dan Menu pada Remote AC Agar Hemat Listrik – Ada banyak orang yang memiliki AC di rumah, kebanyakan di antaranya memiliki AC hemat listrik alias AC low watt. AC hemat listrik menjadi pilihan utama untuk menghemat pengeluaran listrik di rumah Anda. Namun, untuk mendapatkan penggunaan listrik yang lebih hemat, tentunya Anda bisa memanfaatkan menu dan fungsi lain yang ada di remote AC.

Baca Juga : Kenali Berbagai Fungsi Mode pada Remot AC

Remote AC menjadi salah satu pelengkap atau komponen AC yang bisa menjadikan AC menjadi bekerja secara maksimal. Kebanyakan orang hanya mengetahui menurunkan atau menaikkan suhu, tanpa memelajari fungsi dan menu remote AC yang lainnya. Bukankah di remote AC ada lebih dari belasan tombol, bukan?

Sekarang, apa saja fungsi dan menu yang ada di remote AC? Bagaimana cara mengoperasikan AC dengan remote agar lebih hemat listrik? Untuk mendapatkan jawabannya, simak ulasan berikut ini.

6 Fungsi Utama

Apapun jenis AC Anda, setidaknya ada 6 tombol atau lambang tombol yang utama. Berikut ke-6 lambang utama di remote AC tersebut.

1. On/off

Ini bisa dikatakan tombol paling utama yang ada di remote AC. Dengan tombol ini, Anda akan menyalakan dan mematikan AC. Ketika AC menyala, maka lampu indikator juga akan menyala.

2. Display

Ikon berikutnya adalah display, yang berfungsi untuk menampilkan pengaturan suhu. Di layar display ini, apa saja mode yang sedang berjalan juga ditampakkan. Selama AC menyala, maka display akan menyala.

3. Temperature

Ikon satu ini berfungsi sebagai penunjuk tombol penurun dan peningkat suhu. Tombol inilah yang paling sering pemilik AC gunakan, karena bertujuan untuk menaikkan dan menurunkan suhu yang menjadi fungsi utama dari AC.

Baca Juga : Tips Mengatur Suhu AC saat Cuaca Panas

4. Timer

Bila Anda sering terlupa kapan waktu mematikan AC, maka tombol timer akan sangat bermanfaat bagi Anda. Termasuk pula bila Anda bangun pagi di waktu yang kadang berbeda, mungkin karena waktu tidurnya juga berbeda. Timer akan menjadikan AC Anda akan padam di waktu yang sudah Anda tentukan.

5. Swing

Lambang swing ini berfungsi untuk menunjukkan tombol pengatur arah angin. Anda bisa mengarahkan hembusan angin ke arah mana saja dengan pengaturan di tombol swing ini. Biasanya, AC bisa mengarahkan hembusan angin ke kiri, kanan, bawah, dan atas.

6. Mode

Ikon mode berguna untuk menunjukkan mode apa yang sedang AC jalani. Nah, ini tombol yang berfungsi untuk menjadikan AC hemat listrik. Anda bisa memilih mode apa yang akan AC jalankan sesuai dengan kebutuhan Anda. Setidaknya ada 4 jenis mode yang bisa Anda pilih.

Baca Juga : Remote AC Tidak Berfungsi? Kenali Penyebabnya

Auto mode: mode auto atau otomatis menjadikan AC akan bekerja dengan otomatis. AC akan bekerja dengan mengatur kinerja kipas anginnya secara otomatis menyesuaikan dengan suhu atau lingkungan sekitarnya.

Fan mode: mode satu ini menjadikan AC indoor bekerja, sedangkan AC outdoor tidak bekerja. Mode satu ini bisa membuat hemat listrik, apabila suhu di dalam ruangan memang sudah cukup sejuk. Hembusan udara dingin yang berhembus hanya memanfaatkan AC indoor saja.

Cool mode: Cool mode berguna untuk membuat ruangan menjadi lebih dingin dari biasanya. Biasanya, cool mode membuat AC akan bekerja secara bertahap untuk menurunkan suhu yang lebih sejuk di dalam ruangan. Ini lebih efektif ketimbang Anda harus menurunkan suhu secara manual dan signifikan. Menurunkan suhu secara signifikan untuk membuat ruangan menjadi lebih dingin tentunya akan membuat AC bekerja lebih keras, jadinya lebih boros. Mode ini justru membantu Anda membuat AC hemat listrik ketimbang biasanya.

Dry mode: Dry mode juga bertujuan untuk menjadikan AC hemat listrik. Dry mode membuat pengaturan suhu yang tepat dan sejuk, sekaligus menurunkan kelembaban udara di ruangan. Hal itu dilakukan dengan cara menurunkan kadar air di udara.

Itu tadi beberapa fungsi dan menu yang ada di remote AC. Tentunya, Anda bisa memanfaatkan sejumlah menu yang ada di remote AC untuk membuat AC hemat listrik. Tidak hanya itu, penggunaan remote yang kurang tepat juga akan menjadikan biaya listrik lebih membengkak.

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin