Harus Isi Freon Setiap Cuci AC? Benarkah? Ini Faktanya– Pernahkah Anda mendengar kata freon? Terlebih saat cuci AC? Freon adalah istilah yang akan Anda dapatkan ketika membeli alat elektronik untuk mendinginkan sesuatu. Jadi, ketika Anda membeli AC, lemari es, dan sebagainya, maka Anda akan bertemu dengan istilah freon ini.

Simpelnya, freon adalah beberapa senyawa alifatik yang bertujuan sebagai bahan pendingin. Freon berbentuk cairan, dan sebagian lainnya berbentuk gas. Di dalam freon terkandung senyawa hidrogen, bromin, dan klorin yang sangat rendah viskositas dan titik didihnya, sehingga mampu menjadi bahan pendingin.

Ketika hendak mencuci AC, biasanya ada beberapa teknisi yang menawarkan untuk mengisi freon juga. Namun, haruskah isi freon setiap cuci AC?

Jenis-jenis Freon

Sebelum mengetahui tentang pengisian freon, kenali terlebih dahulu jenis-jenis freon/ Anda mungkin pernah mendengar istilah freon 11, freon 12, freon 22, dan lain-lainnya. Itu adalah jenis-jenis freon yang digunakan di dalam alat elektronik seperti AC misalnya.

Di dalam AC, freon yang dihembuskan kipas membuat AC mampu mengubah udara yang dihirupnya menjadi lebih dingin. Apabila freon sudah berkurang di dalam AC, maka AC akan semakin sulit menghembuskan udara dingin lagi. Dengan kata lain, kinerjanya sudah tidak optimal lagi.

Namun, hal yang mesti Anda ketahui adalah, freon di dalam AC itu bertahan setidak-tidaknya 3 tahun. Justru akan semakin awet ketika Anda lebih sering melakukan pembersihan, cuci, dan service AC selama 3 bulan sekali. Atau setidaknya 6 bulan sekali. Dengan demikian AC akan menjadi awet dan penggantian freon hanya perlu dilakukan dalam waktu 3-4 tahun sekali.

Baca Juga : Ciri Freon AC Habis yang Bisa Membahayakan Keluarga 

Jadi, apakah setiap cuci AC harus mengisi freon? Tentu saja tidak. Karena justru mencuci AC itu ditujukan untuk membuat freon semakin tahan lama. Kadang-kadang, ada tukang service yang curang terus meminta penggantian dan pengisian ulang freon setiap pencucian. Itu berarti Anda harus mengganti atau mengisi freon setiap 3 bulan sekali.

Tentu saja, sebaiknya Anda tidak harus percaya dengan tukang service yang curang seperti itu. Karena seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa freon hanya harus diganti kalau sudah di atas 3 tahun.

Baca Juga : Komponen AC Rumahan dan Fungsinya 

Kondisi Harus Mengisi Ulang Freon

Ada kondisi tertentu yang bersifat kerusakan AC namun membuat Anda harus segera mengisi ulang freon. Penyebabnya adalah adanya kebocoran pipa. Kebocoran tersebut membuat freon habis dan keluar semuanya. Hasilnya, Anda mesti mengisi ulang freon.

Ciri yang paling kentara adalah banyaknya muncul gumpalan bunga es. Kemudian, bunga es ini akan menetes dari evaporator. Hasilnya, pipa akan menjadi bocor. Bunga es tersebut muncul karena proses kondensasi, dan penyebabnya adalah karena tekanan freon terlalu rendah.

Baca Juga : Alasan Kenapa AC Bisa Mengalami Kondensasi 

Tapi tidak hanya itu, Anda juga mesti mengganti pipa yang bocor tersebut. Ada beberapa penyebab pipa tersebut mudah bocor, misalnya karena pipa yang AC gunakan terlalu tipis atau mudah berkarat. Karena itu, sebaiknya gunakan pipa yang berkualitas tinggi agar masalah tersebut tidak terjadi.

Masalah lain misalnya ketika pemasangan pipa tersebut tertekuk lalu patah. Tentunya, Anda mesti memilih teknisi yang handal untuk melakukan pemasangan pada pipa tersebut. Pipa luar yang menyambungkan antara AC indoor dengan AC outdoor. Seharusnya, pipa yang berkualitas tinggi juga akan bertahan sampai lebih dari 3 tahun.

Namun masalah cukup berat akan terjadi bila ternyata pipa yang bocor adalah pipa dalam. Biasanya, pipa tersebut ada di evaporator AC. Pipa tersebut apabila tidak rutin mendapatkan cuci AC, maka akan mudah korosi, kotor, dan mudah rusak.

Baca Juga : Saluran Pembuangan AC Bocor? Apa Yang Harus Dilakukan

Memperbaiki evaporator secara total akan lebih sulit apabila evaporatornya sudah rusak. Kebocoran karena korosi tersebut juga akan mudah merambat ke mana-mana. Bahkan kondisi seperti ini memaksa Anda untuk mengganti AC baru.

Terakhir, pipa sambungan atau flaring yang juga rawan bocor. Meski demikian, proses perbaikannya masih terhitung lebih mudah ketimbang pipa dalam dan pipa luar. Sambungan ini sering bocor karena kualitas pipa yang kurang baik, atau pemasangannya yang kurang tepat. Terpenting, rata-rata melakukan pengisian freon terus menerus setiap cuci AC hanya karena kenakalan tukang service. Jadinya, ketika jasa service langsung menawarkan Anda untuk mengisi ulang Freon setiap usai melakukan cuci AC, tanyakan dulu apakah ada kebocoran dan sebagainya. Karena itu, pilihlah teknisi jasa service AC yang terpercaya, profesional, serta TRANSPARAN seperti AbangBenerin sehingga Anda tidak perlu kuatir lagi akan pengisian freon yang tidak Anda perlukan.

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin