Tips Mengatur Suhu AC saat Cuaca PanasSebagai negara dengan iklim tropis, maka sebagian tempat di Indonesia membutuhkan air conditioner (AC) sebagai pengatur suhu ruangan agar lebih sejuk di kulit. Penggunaan AC sedikitnya 20% dari seluruh rumah yang ada di Indonesia untuk mengatur suhu ruangan.

Selain bertujuan agar membuat suhu ruangan lebih sejuk, AC juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh dan kulit. Namun, kata kuncinya adalah AC tersebut memiliki suhu yang tepat, sehingga tidak menjadi gerah namun tidak terlalu dingin. Apabila Anda sering mengalami gangguan pernapasan, biasanya hal ini terjadi karena polusi, debu, dan cuaca yang terlalu panas. Karena itu, AC akan sangat berguna untuk melindungi kesehatan pernapasan Anda di dalam rumah.

Ditambah lagi, AC akan memperbaiki kualitas tidur Anda apabila diterapkan dengan suhu yang tepat. Suhu ruangan yang lebih sejuk akan membantu Anda yang memiliki masalah dengan tidur. membuat tubuh terasa terlalu panas dikarenakan suhu di luar yang panas membuat suhu ruangan juga menjadi sedemikian panas. Heatstroke bahkan bisa mengakibatkan kehilangan kesadaran, alias pingsan.

Namun, suhu yang terlalu dingin justru memiliki dampak yang lain. Anda bisa jadi malah terganggu tidur karena kedinginan. Atau, bisa mengalami masalah tertentu pada kesehatan karena suhu justru terlalu rendah. Jadi, bagaimana cara mengatur suhu AC agar tetap sejuk, namun nyaman dan aman bagi tubuh? Simak tips dari kami berikut ini.

Tips Mengatur Suhu Ruangan dengan AC

Pertama, Anda mesti memastikan bahwa pintu dan jendela ruang ber-AC harus benar-benar tertutup. Karena bila terbuka, justru suhu dingin akan mengalir ke luar ruangan yang akibatnya ruangan Anda akan lebih lama turun suhunya.

Kedua, jangan langsung menerapkan suhu yang rendah. Pertamakali, usahakan suhu berada di angka 28 derajat Celcius. Kemudian, turunkan perlahan untuk mendapatkan suhu yang paling nyaman untuk tubuh Anda.

Ketiga, suhu ruangan yang paling nyaman untuk tubuh adalah sekitar 25 derajat Celcius, khususnya untuk tidur. Jadi, sebelum Anda tidur, sebaiknya usahakan Anda menaikkan atau menurunkan suhu ruangan sebelum tidur sehingga berada di angka tersebut. Angka tersebut akan membantu tidur Anda lebih nyenyak dan berkualitas.

Beberapa Hal yang Sebaiknya Dihindari

Ada beberapa hal yang harus dihindari ketika mengatur suhu dengan AC. Selain berdampak buruk bagi tubuh, juga bisa membuat AC cepat rusak. Berikut beberapa di antaranya.

1. Menurunkan Suhu Ruangan Secara Signifikan

Proses penurunan suhu ruangan dengan AC dapat Anda lakukan dengan remote. Karena itu, Anda bisa dengan mudah menurunkan atau menaikkan suhu ruangan. Namun, hindari menurunkan suhu ruangan dengan signifikan. Anda mesti melakukannya secara bertahap, misalnya menurunkan satu derajat dulu lalu membiarkannya agar tubuh beradaptasi, baru Anda turunkan satu derajat lagi, sampai terasa nyaman dan tepat. Menurunkan suhu ruangan terlalu signifikan justru bisa berdampak buruk bagi kesehatan Anda.

Baca Juga : 4 Tips Membuat Suhu Ruangan Tetap Dingin

2. Di bawah 22 Derajat Celcius

Suhu ruangan sebaiknya berada di angka 22 derajat Celcius paling rendah. Jadinya, atur remote AC Anda dan usahakan tidak terlalu dingin agar tidak mendapatkan dampak buruk dari suhu ruangan yang terlalu rendah. Sedangkan sebaiknya suhu yang paling pas untuk tubuh Anda adalah sekitar 25 derajat Celcius. Bila lebih tinggi dari itu, tentunya tubuh akan merasa gerah dan gampang berkeringat.

3. Memaksa Kerja AC

Di antara penyebab kerusakan AC adalah bekerja jauh lebih keras. Misalnya, cuaca terlalu panas dan Anda mengatur suhu terlalu rendah seperti di bawah 20 derajat Celcius. Hal itu membuat AC bekerja lebih berat dan akhirnya membuat AC jadi lebih cepat rusak. Agar AC lebih awet pertimbangkan untuk tetap menjaga suhu ruangan di angka 25 derajat atau lebih rendah sedikit bila cuaca di luar terlalu panas.

Baca Juga : Penyebab AC Rusak dan Bagaimana Cara Mengatasinya  

Demikian beberapa tips mengatur suhu ruangan dengan tepat menggunakan air conditioning. Anda bisa mendapatkan hasil terbaik dari AC untuk kesehatan Anda sendiri, dengan suhu yang tepat.

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin