Mau Pasang AC? Berapa sih Watt yang Dibutuhkan? – Anda mau pasang AC di rumah? Berapa ya watt atau daya listrik yang dibutuhkan? Tentunya, harus disesuaikan dengan daya listrik yang ada di rumah Anda. Biasanya, petugas jasa pasang AC akan merekomendasikan Anda menaikkan daya listrik di rumah Anda apabila petugas merasa daya rumah Anda kurang cukup untuk menjadikan AC bisa bekerja dengan baik.

Untuk rumahan, paling kecil daya listrik adalah 220VA. Standar daya listrik rumah biasanya adalah 450VA, 900VA, dan 1300VA. Ada juga beberapa rumah yang umumnya berukuran lebih besar, menggunakan daya listrik 2200VA dan 3500VA.

Sedangkan untuk toko, ruko, kantor, dan bangunan yang ukurannya lebih besar lagi, biasanya menggunakan daya listrik sekitar 4400VA, 5500VA, dan di atasnya lagi. Maka, pemasangan AC tentunya harus sesuai daya listrik tersebut.

Nah, pertama pastikan dulu bahwa daya listrik yang Anda miliki cukup untuk kebutuhan AC Anda. Misalnya, Anda memiliki TV 30 inch, kulkas, mesin cuci, rice cooker, lampu 8 buah, dan komputer. Maka biasanya, dengan deretan barang-barang tersebut, konsumsi listrik yang AC butuhkan mencapai 1.000 – 1.100 Watt.

Baca Juga : 8 Merk AC Terbaik dan Paling Irit 

blog-banner-bongkar-pasang

Dengan demikian, sisa daya yang bisa Anda manfaatkan adalah sekitar 200 – 300 watt. Itu berarti, Anda mesti memilih AC 1/2 PK yang low watt. Besaran watt AC juga sesuai dengan PK-nya, semakin tinggi PK-nya, maka semakin tinggi watt yang butuhkan, apalagi bila AC tersebut adalah AC standar, bukan AC inverter.

AC yang Paling Tepat untuk Rumah Tangga

Untuk itulah, biasanya jasa pasang AC akan menanyakan dulu berapa konsumsi listrik Anda saat ini, serta apa jenis AC yang bisa mereka gunakan. Jenis AC PK biasanya bermula dari AC 1/2 PK, AC 3/4 PK, AC 1 PK, AC 1,5 PK, AC 2 PK, dan AC 2,5PK.

Bila listrik di rumah Anda minimal 900VA, maka paling besar Anda bisa menggunakan AC 3/4 PK yang low watt. Sedangkan untuk rumah 1300VA, paling aman dan maksimal menggunakan AC 1 PK. Tentunya, apabila listrik di rumah lebih besar dari itu, baru bisa mempertimbangkan menggunakan AC yang lain. Misalnya, untuk rumah dengan daya listrik 2200VA, maka bisa menggunakan 2 unit AC dengan jenis AC 1 PK dan 1/2 PK.

AC 1 PK untuk jenis standar biasanya membutuhkan daya hingga 840 watt, sedangkan yang low watt masih membutuhkan listrik hingga 660 watt. AC 1 PK adalah jenis AC paling minimal yang memiliki jenis AC Inverter, juga AC paling maksimal yang memiliki jenis Low Watt. Karena itu, untuk keperluan rumahan, AC 1 PK adalah pilihan paling realistis.

Namun, agar lebih aman saat menyala, maka AC 1 PK ini sebaiknya untuk rumah dengan daya listrik 1300VA. Apabila tidak, maka cadangan daya listrik tidak mencukupi. Tarikan listrik awal ketika AC menyala pertama kali itu sangat besar, khususnya AC standar. Karena itu, apabila cadangan listrik tidak memadai, bisa jadi listrik akan mati atau turun.

Baca Juga : Ciri-ciri AC di Rumah Anda Rusak atau Perlu Diperbaiki 

Jadi, pertimbangkan benar besaran listrik yang masih tersisa untuk menggunakan AC di dalam rumah. Petugas jasa pasang AC biasanya akan mengusulkan Anda untuk naik daya listrik ke 1300VA biasanya bila Anda ingin memasang jenis AC 1 PK.

AC untuk Rumah dengan Daya Listrik Rendah

Meski demikian, bukan berarti rumah dengan daya listrik sekitar 450VA dan 900VA tidak bisa menggunakan AC. Karena saat ini ada banyak jenis AC low watt yang bisa Anda gunakan di rumah dengan daya listrik yang rendah.

Hanya saja, AC yang biasa di rumah 450VA hanyalah AC 1/2 PK sedangkan untuk rumah dengan daya 900VA bisa samai AC 1 PK. Anda bisa mempertimbangkan jenis AC yang menawarkan penggunakan daya listrik lebih rendah sehingga tetap bisa beroperasi di rumah Anda.

Satu lagi, ketika mulai menyalakan AC, maka Anda mulai menghemat penggunaan listrik dengan mematikan lampu yang tidak Anda gunakan, televisi, dan alat elektronik lainnya yang menyerap listrik lebih banyak. Selain itu, Anda juga bisa mencegah pembengkakkan tagihan listrik dengan melakukan perawatan rutin pada AC sehingga dapat mencegah daya listrik yang melonjak. Dengan demikian, AC bisa bekerja dengan optimal, dan pembayaran tagihan listrik juga tetap lebih hemat.

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin