Tagihan Listrik Membengkak? Tanda AC Kamu Perlu di Service – Menggunakan Air Conditioning (AC) mungkin sudah menjadi kebutuhan primer bagi sebagian orang. Hidup di negara beriklim tropis membuat penggunaan AC sebagai pencegah heatstroke semakin banyak peminatnya suhu badan. Suhu badan meningkat dengan cepat hingga 41° C dalam 10 sampai 15 menit dan tubuh sudah tidak dapat mengeluarkan keringat. Anda sudah lama menggunakan AC dan tiba-tiba tagihan listrik membengkak hingga dua kali lipat bahkan lebih dari biasanya?

Baca Juga : Jenis Kerusakan yang Sering Terjadi Pada AC Rumahan

Namun apakah Anda memperhatikan bagaimana tagihan listrik AC menjadi meningkat? Apabila tagihan listrik tiba-tiba membengkak dari biasanya, ada dua kemungkinan penyebabnya. Salah satunya mungkin adalah tanda bahwa AC perlu di service

Penyebab Tagihan Listrik Membengkak

1. Perlu di Service

Pertama, AC Anda sudah perlu mendapatkan service AC. Anda bisa melihat tanda-tandanya, dari suara yang mungkin berisik, udara yang mulai tidak sejuk lagi, air yang menetes dari pipa, dan sebagainya. Penyebab kedua, mungkin karena kesalahan cara penggunaan AC.

Kali ini kita akan membahas AC yang rusak sehingga membuat tagihan listrik membengkak. Penyebabnya biasanya karena tidak melakukan pembersihan dan service AC secara rutin. Hasilnya, AC bisa cepat rusak. Misalnya bagian kompresor yang berkurang kinerjanya.

Baca Juga : Jenis Kerusakan yang Sering Terjadi Pada AC Rumahan

Jadi, untuk dapat bekerja lebih maksimal, maka kompresor akan bekerja lebih keras yang berarti membutuhkan daya listrik yang jauh lebih besar. Akibatnya, tentu tagihan listrik Anda akan melonjak tajam.

Maka cara terbaik untuk menghindari itu adalah melakukan pembersihan dan perawatan, serta service AC secara berkala. Apabila Anda mengetahui bahwa tagihan listrik sudah terlalu membengkak, maka itu berarti Anda harus segera menghubungi jasa service AC untuk segera melakukan perbaikan pada komponen yang rusak.

2. Jarang Membersihkan AC

Penyebab lainnya karena kurang rajin membersihkan AC secara rutin adalah bagian ventilasi AC yang lebih buruk. Hasilnya, untuk menghirup dan menghembuskan udara, AC akan menggunakan daya listrik yang lebih besar. Apabila terus Anda biarkan, maka tidak hanya berpengaruh pada tagihan listrik Anda, tapi juga berpengaruh buruk pada mesin AC Anda. Bisa-bisa dalam waktu dekat, AC Anda akan segera pensiun dini hanya karena jarang melakukan pembersihan.

Belum lagi, bagian filter yang kotor. Maka untuk menyerap udara juga akan menghabiskan banyak daya listrik, yang juga berpengaruh pada tagihan listrik Anda. Tapi tidak hanya itu, filter yang kotor juga akan membuat kesehatan Anda lebih terdampak. Bayangkan saja, Anda sakit karena filter yang kotor mengakibatkan udara kotor terhirup. Sedangkan di saat bersamaan, tagihan listrik Anda juga melonjak tajam.

Baca Juga : Ini Pentingnya Cuci AC Tiga Bulan Sekali

Jadi, karena tidak membersihkan AC secara rutin, Anda bisa rugi berlipat-lipat.

Selain itu, apabila Anda tidak begitu mampu mendeteksi apa penyebab tagihan listrik melonjak, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi terlebih dulu pada jasa service AC. Bisa jadi, ketika instalasi atau pemasangan pertama kurang sempurna. Misalnya ada baut yang tidak terpasang maksimal, atau hal-hal lainnya yang membuat kinerja AC menjadi kurang maksimal. Hal tersebut juga akan membuat AC bekerja lebih keras untuk hasil yang optimal. Sehingga, daya listrik lebih besar dan akhirnya tagihan listrik juga ikut melonjak.

Kesalahan Lainnya yang Menyebabkan Tagihan Listrik Meningkat

Ada juga hal lain yang termasuk kesalahan setting AC dan mengakibatkan AC akan bekerja lebih keras, yang berarti membutuhkan daya yang lebih keras juga. Itu berarti, tagihan listrik Anda juga akan meningkat tajam.

Misalnya, AC terpasang di dekat tirai jendela, lalu tirai tersebut sering menutupi AC. Akibatnya, karena AC tertutupi tirai, maka proses menghirup serta menghembuskan udara akan menjadi jauh lebih sulit. Itu berarti, AC Anda akan bekerja dua kali lipat. Tahu artinya? Yah, itu berarti daya listrik yang AC gunakan jadi lebih boros.

Baca Juga : Posisi Terbaik untuk Pasang AC di Rumah

Bila masalahnya adalah hal tersebut, maka Anda hanya perlu melakukan perbaikan dengan meletakkan posisi AC di tempat yang aman dan tidak tertutupi dengan apapun. Tentunya, hal itu bisa membuat listrik lebih hemat.

Kesalahan lain yang juga menyebabkan tagihan listrik melonjak adalah mode yang digunakan adalah mode cool secara terus menerus. Anda mungkin perlu untuk sesekali set mode AC ke mode Dry, yang pas untuk suasana siang hari. Apalagi, suhu tetap sejuk, namun tidak begitu lembab. Terpenting adalah, kerja AC menjadi lebih ringan dan itu berarti Anda bisa menghemat tagihan listrik.

Baca Juga : Kenali Berbagai Fungsi Mode pada Remot AC

Apabila ternyata bukan kesalahan seperti itu yang menyebabkan AC Anda lebih banyak menggunakan daya listrik, itu berarti ada kerusakan komponen seperti yang sempat diulas sebelumnya. Apabila hal itu terjadi, maka jangan ditunda lagi untuk menghubungi jasa service AC dan segera lakukan perbaikan dengan jasa teknisi profesional AbangBenerin, bila perlu pergantian terhadap komponen yang rusak tersebut.

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin