Waspada Gangguan Penyakit Akibat Udara Kotor di Rumah – Udara kotor seringkali mengganggu aktivitas dan kesehatan anda. Udara kotor biasanya disebabkan oleh debu, jamur, dan tumpukan kotoran yang menumpuk dan tidak segera dibersihkan. Biasanya rumah menjadi sarang kotoran yang sangat strategis karena banyak bagian sudut rumah yang menjadi tempat berkumpulnya debu dan kotoran. Belum lagi barang-barang dan perabotan yang ditempeli debu dan bisa menyebabkan udara dalam ruangan menjadi kurang bersih.

Baca Juga : Kesalahan Umum Menggunakan AC di Rumah

Udara kotor di rumah sebenarnya bisa diatasi dengan hal-hal sederhana seperti melakukan pembersihan secara rutin dan menyeluruh. Tentu memiliki rumah dengan kualitas udara yang kurang sehat cukup disayangkan. Rumah menjadi tempat keluarga berkumpul sehingga seharusnya menjadi tempat yang ramah bagi keluarga dan juga menyehatkan. Maka dari itu, menjaga kebersihan udara di rumah perlu menjadi prioritas anda.

Tahukah anda kalau udara kotor memiliki dampak terhadap kesehatan yang tidak bisa dipandang sebelah mata? Untuk lebih memahami mengenai bahaya dan resiko udara kotor di rumah simak informasinya di bawah ini.

Penyakit Akibat Udara Kotor

Udara rumah yang kurang bersih dapat berdampak pada kesehatan anda. Beberapa gangguan kesehatan ini bisa anda waspadai.

1. Gangguan Pernafasan

Tidak bisa disangkal bila paru-paru adalah organ tubuh pertama yang dirugikan bila anda terus-menerus membiarkan udara kotor ada di rumah anda. Beberapa penyakit yang timbul akibat polusi udara seperti infeksi saluran pernapasan, asma, penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), hingga kanker paru. Melihat resiko kesehatan pernafasan yang cukup besar, ada baiknya anda untuk mulai membersihkan rumah anda dari tumpukan debu dan memberikan ventilasi yang lebih layak serta memadai.

2. Gangguan Jantung dan Pembuluh darah

Mungkin Anda bertanya, apa hubungannya udara kotor dengan penyakit pada jantung dan pembuluh darah. Namun ternyata ada hubungan yang cukup jelas pada masalah ini. Dokter ahli jantung Ario Soeryo Kuncoro menjelaskan hal ini terjadi karena partikel polusi yang telah melewati paru masuk ke peredaran darah dan menyerang pembuluh hingga jantung. Dari sini bisa kita simpulkan kalau kualitas udara sangat mempengaruhi kesehatan sehingga tidak bisa kita abaikan begitu saja.

3. Alergi dan Influenza

Bagi anda yang memiliki anak di rumah, bahaya kesehatan seperti alergi dan influenza bisa mengacam mereka. Alergi ini bisa menyerang ke kulit ataupun organ anak. Begitu juga dengan influenza yang bisa dengan mudah menulari anak melalui media udara. Sehingga sangat penting untuk menjaga kualitas udara di rumah anda agar keluarga terutama anak-anak tidak gampang sakit.

Penyebab Udara Kotor di Rumah

Apakah anda sadar apa yang membuat udara di rumah anda tidak sehat? Inilah beberapa penyebab udara kotor di rumah.

1. AC yang Kotor dan Jarang Dibersihkan

Jika anda di rumah menggunakan pendingin ruangan atau AC, apakah anda yakin bahwa AC anda mengeluarkan udara yang bersih? AC bisa menjadi sarang kotoran dan debu tanpa anda sadari. Apalagi jika anda menggunakan AC berjam-jam setiap hari dalam ruangan tertutup. Jika anda tidak menyadari kalau AC anda kotor, dampak buruk bagi kesehatan bisa terjadi. Pastikan anda selalu membersihkan dan mencuci filter AC secara teratur agar udara yang AC hasilkan bersih dan sehat bagi keluarga.

Baca Juga : Ini Pentingnya Cuci AC Tiga Bulan Sekali

2. Tumpukan Barang

Semakin banyak barang yang ada di ruangan rumah anda, semakin banyak sarang debu yang ada. Jangan membeli perabotan rumah apabila kurang anda perlukan karena bisa menjadi tempat menempelnya debu dan kotoran. Tak hanya itu saja, benda-benda seperti rak buku, meja, tumpukan baju, dan sadaran tempat tidur juga bisa menjadi berdebu bila tidak rajin anda bersihkan. Coba kurangi barang di rumah anda atau rajin bersihkan barang-barang anda agar tidak menjadi sarang debu dan kotoran yang bisa membuat udara di rumah anda jadi kotor dan tidak sehat.

3. Ventilasi yang Terbatas

Rumah memerlukan ventilasi untuk pertukaran udara dari dalam rumah ke luar rumah. Bila rumah anda tidak memiliki ventilasi yang memadai, coba buatlah ventilasi atau buka jendela dan pintu pada pagi hari. Ventilasi yang cukup membuat udara kotor yang terjebak di dalam rumah dapat mengalir ke luar.

Itulah beberapa penyakit akibat udara kotor di rumah. Membersihkan serta merawat AC tidak dapat anda sepelekan begitu saja karena dampak yang terjadi cukup serius terlebih untuk kesehatan manusia. Pastikan Anda melakukan perawatan serta pembersihan AC rutin minimal 3 bulan sekali dengan jasa profesional Abang Benerin sehingga AC Anda dapat bekerja dengan maksimal dan optimal tanpa perlu repot. Sudahkan anda melakukan upaya untuk membuat udara di rumah jadi lebih segar dan sehat?

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin