Jenis Kerusakan yang Sering Terjadi Pada AC Rumahan – Kerusakan pada AC menjadi masalah yang serius. Mungkin banyak dari anda yang pernah mengalami pendingin ruangan yang rusak dan tidak berfungsi seharusnya. Kerusakan pada AC tentu menyebalkan. Bukan hanya ruangan jadi tidak nyaman, namun juga anda perlu mengeluarkan biaya lebih untuk melakukan perbaikan pada pendingin ruangan anda.

Menjaga agar pendingin ruangan anda tidak rusak dan mengalami gangguan menjadi tanggung jawab anda sebagai pemilik. AC yang rusak tentu sangat menggangu. Seringkali kerusakan yang terjadi pada pendingin ruangan tidak kita sadari. Hal-hal seperti itulah yang membuat pendingin ruangan bisa menjadi cepat rusak karena adanya kerusakan kecil yang tidak kita sadari  Kenali kerusakan pendingin ruangan agar anda bisa mendeteksi lebih dini sebelum terlambat.

Nah, kerusakan pada pendingin ruangan atau AC ada bermacam-macam. Anda perlu mengenali beberapa jenis kerusakan AC yang sering terjadi pada AC rumahan. Mari simak di bawah ini.

Jenis Kerusakan AC yang Sering Terjadi

Ada berbagai macam kerusakan pada AC, namun kerusakan-kerusakan ini paling umum terjadi pada AC yang dipasang di rumah maupun kantor.

1. AC Mengeluarkan Udara Tidak Segar

Selain mengeluarkan udara yang tidak segar, AC yang rusak seperti ini juga seringkali mengeluarkan udara panas yang membuat ruangan jadi tidak nyaman. Penyebab dari kerusakan ini adalah pendingin ruangan yang kotor dan jarang anda bersihkan sehingga menyumbat saluran udara yang seharusnya mengeluarkan udara sejuk ke ruangan. Udara yang tidak segar membuat ruangan jadi tidak nyaman dan kualitas udaranya buruk. Biasanya jika terjadi seperti ini, anda perlu melakukan pembersihan pada bagian filter, evaporator, ataupun kipas.

2. Kehabisan Freon

Kerusakan pada AC berikut ini juga sangat umum anda temukan pada pendingin ruangan di rumah tangga dan kantor. Freon membuat AC anda bisa sejuk dan dingin. Jika Freon habis, tentu dampaknya bisa membuat AC tidak berfungsi. Tidak hanya itu, bila Freon AC habis namun AC tetap dipaksa menyala, dampaknya bisa membuat AC rusak semakin parah. Pastikan pendingin ruangan di rumah anda tidak kehabisan Freon karena bisa membuat pendingin ruangan tidak berfungsi dengan optimal.

Baca Juga : Ciri Freon AC Habis yang Bisa Membahayakan Keluarga 

3. Kerusakan Unit Outdoor

AC rumahan biasanya terdiri dari dua unit system, yakni indoor dan outdoor. Seperti sebutannya, unit outdoor ini terletak di luar ruangan, namun terhubung dengan unit indoor melalui pipa. Kerusakan AC pada bagian ini seringkali menyusahkan karena cukup rumit dan perlu bantuan jasa teknisi AC untuk mengatasinya, terutama bagian outdoor biasanya disebabkan oleh beberapa hal seperti kerusakan pada bagian kompresor yang menyebabkan AC tidak bisa dingin. Kerusakan pada penunjang kompresor seperti kapasitor, kerusakan pada kipas pembuang panas, serta kerusakan relay penyalur listrik ke outdoor unit.

4. Kebocoran AC

Kerusakan pada AC yang satu ini juga tidak kalah menyusahkan. Pendingin ruangan yang bocor tentu sangatlah menggangu. Penyebab kerusakan AC yang berupa kebocoran ini bisa karena rusaknya popa atau tabung penampung sehingga air tidak bisa tersimpan dan mengalir dengan sempurna. Kebocoran pada AC terjadi akibat kotoran AC yang menyumbat selang pembuangan air ke luar ruangan. Jika selang tersumbat, maka air akan menumpuk pada tabung penampung di unit ruangan. Kemampuan menampung air sangat terbatas sehingga jika tidak anda bersihkan air akan mengalir keluar dan merusak peralatan di bawahnya. Kebocoran pendingin ruangan juga bisa karena pipa yang bocor atau pecah. Cara untuk mengatasi hal tersebut bisa dengan mengganti pipa baru.

Baca Juga : Saluran Pembuangan AC Bocor? Apa Yang Harus Dilakukan 

Kerusakan pada AC di rumah atau kantor yang paling umum adalah seperti kerusakan-kerusakan yang tertulis di atas. Ketika anda menemui pendingin ruangan anda mengalami hal – hal di atas, anda perlu segera memperbaikinya. Memanggil jasa service AC Abang Benerin bisa menjadi jawaban yang tepat dalam membantu memperbaiki pendingin ruangan yang mengalami kerusakan. Abang Benerin dapat mengatasi permasalahan teknis AC anda secara tepat dengan teknisi yang handal dan profesional. Jika anda biarkan terus – menerus, hal tersebut akan semakin parah dan bahkan membuat kerusakan permanen pada pendingin ruangan anda. Apakah anda pernah mengalami gangguan dan kerusakan pada AC seperti itu?

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin