Cara Merawat AC Awet Tahunan dan Tetap Dingin – Merawat AC seringkali masih diabaikan karena merasa AC masih baik-baik saja. Padahal kunci untuk memiliki pendingin ruangan yang awet dan performa maksimal adalah dengan rajin merawat dan melakukan maintenance secara berkala. Pendingin ruangan atau AC yang tidak dirawat dengan tepat dapat mengalami kerusakan dini dan pada akhirnya tidak bisa digunakan lagi secara permanen.

Melakukan perawatan AC pun juga tidak bisa sembarangan. Anda perlu mengetahui mana permasalahan AC yang bisa diatasi sendiri dan mana yang perlu bantuan teknisi professional. Dengan melakukan perawatan pendingin ruangan secara tepat dan rutin, anda bisa membuat AC awet hingga bertahun-tahun dan tetap dingin. Tentu anda bisa menghemat biaya lebih banyak dengan melakukan hal tersebut.

Lalu bagaimana cara merawat AC agar awet dan tahan lama serta tetap dingin meski sudah bertahun-tahun? Berikut ini ulasannya.

Cara Merawat AC Agar Awet

Sama seperti peralatan elektronik lainnya, AC pun punya masanya sendiri. Jika tidak dijaga dengan baik, maka sangat mungkin untuk sebuah AC mengalami kerusakan lebih cepat daripada seharusnya. Minimalisir hal tersebut dengan melakukan hal-hal ini:

1. Pastikan Selalu Bersih

Bagian yang harus bersih pada sebuah pendingin ruangan adalah outdoor dan AC yang ada di dalam ruangan. Debu dan kotoran bisa membuat pendingin ruangan tidak bekerja secara maksimal dan menghambat proses sirkulasi udara. Cara ini paling sederhana dan umum namun seringkali diabaikan. Padahal menjaga kebersihan perangkat pendingin ruangan kini juga lebih mudah. Anda bisa membersihkan beberapa bagian secara mandiri seperti filter, namun juga bisa meminta bantuan tenaga teknisi professional untuk membersihkan bagian AC yang anda rasa sulit dijangkau dan dilakukan sendiri. Jangan sampai AC anda cepat rusak hanya karena kotor.

2. Gunakan AC dalam Waktu yang Wajar

Alat elektronik seperti pendingin ruangan pun butuh istirahat. Menggunakan pendingin ruangan dalam batas wajar membantu anda untuk menjaga daya tahannya lebih lama. Pendingin ruangan yang menyala seharian penuh atau berhari-hari non-stop dapat membuat performa dan fungsinya mengalami penurunan. Pastikan anda menggunakan AC dengan efektif sesuai kebutuhan dan tidak berlebihan agar AC menjadi lebih awet dan Freon bisa lebih tahan lama.

Baca Juga : Ini Pentingnya Cuci AC Tiga Bulan Sekali

3. Berikan Unit Outdoor Kesejukkan

Tahukah anda bahwa outdoor AC yang anda letakkan di luar ruangan namun teduh dan sejuk lebih tahan lama daripada outdoor yang terpapar sinar matahari dan air secara ekstrim? Ketika musim kemarau, hawa di luar ruangan bisa menjadi sangat panas. Hal tersebut membuat unit outdoor dan AC bekerja lebih keras daripada ketika suhu sejuk dan normal. Rupanya membiarkan outdoor terkenan panas dapat mengurangi usianya hingga 5 tahun. Untuk menghindari hal tersebut, letakkan outdoor di tempat yang teduh dan tidak terpapar langsung dengan panas dan tempat berdebu. Berikan semacam atap buatan atau tanaman untuk membuat outdoor lebih teduh dan sejuk agar tidak bekerja dua kali lebih keras.

4. Pastikan Tidak Ada Masalah Pada Aliran Udara di Ruangan

Terkadang yang menyebabkan sebuah pendingin ruangan cepat rusak itu bukan dari merk atau kualitas AC-nya, melainkan karena faktor eksternal seperti kondisi ruangan dimana AC tersebut berada. Salah satu hal yang memperpendek usia AC anda adalah adanya masalah pada sirkulasi udara di dalam ruangan. Pastikan ruangan anda minim debu, ventilasi udaranya cukup, serta tidak adanya gangguan yang menghambat AC untuk berfungsi normal. Dengan begitu, pendingin ruangan bisa menjadi lebih awet dan tetap dingin meski sudah bertahun-tahun.

Baca Juga : Ini Tips Memilih Teknisi AC Yang Benar! Jangan Salah Pilih

5. Berkonsultasi dan Atasi Masalah dengan Bantuan Profesional

Salah satu cara merawat AC yang tepat dan benar adalah dengan melakukan control dan pemeriksaan rutin oleh teknisi professional. Dengan begitu anda bisa tahu masalah yang terjadi pada AC amda dan bila terjadi gangguan, langkah dan prosedur yang anda ambil juga benar. Pastikan anda tahu kebutuhan AC anda dengan tepat.

Merawat AC memang membutuhkan pengorbanan biaya, waktu, dan materi tertentu. Namun jika anda melakukan cara-cara di atas dengan konsisten, anda bisa mempunyai pendingin ruangan yang awet dan tetap dingin meski sudah bertahun-tahun. Semoga bermanfaat!

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin