AC Rumah Sering Rusak? Mungkin Ini Penyebabnya – Dalam beberapa waktu terakhir Anda harus berulang-ulang menghubungi service AC karena AC di rumah sering rusak? Meski penggunaan sudah mengikuti prosedur, serta perawatan juga cukup rutin, namun AC masih sering rusak?

Memang AC yang kurang perawatan akan lebih mudah rusak ketimbang AC yang dirawat dengan baik. Namun apabila AC Anda terus dirawat dengan baik, masih juga sering rusak maka ada beberapa hal penyebabnya yang mesti Anda antisipasi.

Apa saja penyebab AC rumah sering rusak? Berikut ulasannya.

Penyebab AC Rusak

1. Usia AC sudah tua

Bila AC Anda sudah “sakit-sakitan” penyebab pertama adalah karena usianya sudah tua. Biasanya, alat elektronik akan memiliki semacam batas penggunaan. Rata-rata AC, paling lama bertahan dalam kondisi prima adalah 5 tahun ke atas. Dalam usia di atas 10 tahun, maka kondisinya sudah sangat tidak prima lagi.

Komponen-komponen di dalam AC sudah tidak mampu bekerja dengan baik lagi, sehingga Anda harus bolak-balik ke tempat service AC. Namun bila di bawah usia tersebut AC Anda sudah sering rusak, maka berarti pembersihan dan perawatan AC sangat jarang Anda lakukan.

Baca Juga : Kapan Kita Harus Ganti AC Baru?

Semakin sering Anda merawat dan membersihkan AC Anda, maka usia operasional AC Anda akan terus bertambah. Namun, akan tiba masanya ketika AC sudah tak mampu lagi bekerja maksimal. Bila memang sudah terlalu tua, mungkin Anda bisa mempertimbangkan untuk mengganti AC Anda.

Namun bila hanya satu atau dua komponennya saja yang rusak, Anda bisa mempertimbangkan untuk mengganti saja komponen tersebut agar AC bisa kembali bekerja seperti sedia kala. Bila pergantian komponen sudah terlalu banyak sehingga biayanya sudah seperti ganti AC, maka akan lebih bijak bila Anda mengganti saja AC Anda.

2. Tegangan listrik tidak stabil

Tegangan listrik yang tidak stabil cenderung akan mendapatkan kerusakan pada alat elektronik. Apalagi, bila Anda tinggal di daerah yang sering mendapatkan pemadaman lampu. Maka, alat elektronik akan jauh lebih cepat rusak.

Termasuk di antaranya adalah AC. AC dengan kebutuhan daya listrik yang besar akan lebih cepat rusak apabila listrik di rumah Anda tidak stabil. Bila kondisinya seperti ini, maka akan sangat tepat bila Anda menggunakan stabilizer di rumah Anda. Jadinya, listrik lebih stabil dan tentunya AC menjadi lebih awet.

Baca Juga : Kenapa Listrik Turun Setelah Menyalakan AC? Ini Penyebabnya!

Juga perhatikan bahwa daya listrik di rumah Anda mencukupi untuk menyalakan AC tersebut. Apabila tidak, maka tentunya akan lebih sering listrik padam ketika AC beroperasi bersama barang-barang elektronik lainnya. Kejadian seperti itu tentunya akan sangat berpengaruh pada AC Anda. AC akan menjadi lebih cepat rusak bila sering padam listrik.

3. AC menyala terus

Seperti alat elektronik lainnya, apabila membiarkannya menyala terus tentunya akan menjadikan lebih cepat rusak. Apakah Anda sering membiarkan AC terus menyala, meski tidak menggunakannya? Bahkan ketika Anda keluar rumah, AC masih tetap menyala?

Baca Juga : Kesalahan Umum Dalam Menggunakan AC di Rumah

Apabila Anda memiliki kebiasaan seperti itu, maka mulai saat ini kebiasaan terus harus mulai Anda ubah. Gunakan seperlunya, dan matikan ketika tidak Anda gunakan. Selain menjadikan AC lebih awet, Anda juga menghemat pengeluaran rumah Anda.

4. Posisi AC tidak tepat

AC yang terpasang di posisi yang tidak tepat tentunya akan menjadikan usianya menjadi lebih pendek. Posisi yang tidak tepat tersebut misalnya di dekat atau berhadapan dengan jendela yang sering terbuka. Atau, ditempatkan di ruangan yang sering terpapar sinar matahari langsung.

Penyebabnya adalah suhu ruangan terus tinggi karena sinar matahari yang masuk langsung ke ruangan. Hasilnya, AC akan bekerja jauh lebih keras untuk menurunkan suhu ruangan. Itu akan menjadikan komponen di dalam AC akan lebih cepat rusak.

Baca Juga : Tips Posisi Terbaik Untuk AC di Kamar Tidur

Selain itu, posisi yang tidak tepat adalah meletakkan AC di ruangan yang lebih besar dari dayanya. Misalnya, Anda menggunakan AC 1/2 PK yang seharusnya di ruangan 3×3 meter, namun Anda gunakan di ruangan 4×6 meter. Maka, AC akan kurang optimal dalam menyejukkan ruangan, hasilnya Anda akan terus menurunkan suhu dan memaksa AC bekerja lebih keras. Tentunya, AC akan lebih cepat rusak.

Baca Juga : Menggunakan 1 AC untuk 2 Ruangan? Apakah Efektif?

Posisi lain yang juga kurang tepat bagi AC adalah di dekat dapur. Ada asap, uap, dan sebagainya yang didapatkan dari proses memasak, atau pembakaran, yang terhirup langsung oleh AC. Hal itu juga akan membuat AC cepat kotor, dan akhirnya cepat rusak.

Itu tadi beberapa penyebab kerusakan AC yang perlu Anda ketahui dan antisipasi. Jadi, Anda bisa lebih hemat listrik, sekaligus menjaga AC tetap awet serta bisa digunakan dalam waktu lama.

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin