Ciri Freon AC Habis yang Bisa Membahayakan Keluarga – Melakukan ganti Freon secara rutin perlu menjadi prioritas anda apabila memiliki pendingin ruangan. Freon AC ibarat sebagai salah satu energy yang penting bagi AC agar bisa berfungsi normal dan mengeluarkan udara yang segar. Ganti Freon secara rutin dan juga dengan prosedur yang tepat tentu bisa menguntungkan anda dalam mempertahankan pendingin ruangan agar lebih tahan lama.

Freon AC yang habis tapi tidak segera diganti rupanya punya dampak negative dan bahkan berbahaya bagi manusia, lho. Apalagi jika anda banyak beraktivitas di dalam ruangan yang sangat bergantung dengan AC. Baik di rumah ataupun di tempat kerja, memastikan bahwa Freon AC terisi dengan pas adalah salah satu langkah untuk menjaga kesehatan diri serta pendingin ruangan anda.

Baca Juga : Ciri-ciri AC di Rumah Anda Rusak atau Perlu Diperbaiki

Memperhatikan Freon menjadi sebuah hal yang penting bagi anda bila memiliki pendingin ruangan. Nah, supaya anda lebih bisa waspada, mari kenali ciri anda perlu ganti Freon karena Freon di pendingin ruangan anda habis.

Dampak Freon Habis Bagi Kesehatan

Freon AC yang habis dan tidak segera anda ganti memiliki dampak bagi manusia yang berada di dalam ruangan ber AC tersebut. Kesehatan menjadi salah satu hal yang ikut terdampak jika anda tidak menyadari bahwa Freon AC anda habis.

Masalah kesehatan seperti alergi, iritasi mata dan kulit, sesak nafas, pusing, dan kurangnya produktivitas bisa karena Freon AC habis namun tidak anda ganti. Freon AC mengandung senyawa kimia yang perlu selalu diperbarui agar tidak meracuni orang yang berada di dalam ruangan ber-AC.

Ciri Freon yang Habis

Lalu bagaimana anda tahu bila Freon AC di rumah atau kantor anda perlu segera diganti? Berikut ini adalah indikasi dan ciri yang bisa anda temui bila Freon pendingin ruangan anda habis.

1. Pembengkakan Biaya Listrik Tak Terduga

Salah satu ciri yang bisa anda dapati ketika Freon AC habis namun tidak segera anda ganti adalah terjadinya pembengkakan tagihan listrik yang tak terduga. Ciri-ciri ini biasanya muncul ketika ciri-ciri lain sudah terjadi ataupun tanpa adanya ciri-ciri lain sehingga cukup mengagetkan bagi sebagian besar orang yang tidak tahu kalau perlu melakukan ganti Freon pada pendingin ruangannya.

2. AC Mengeluarkan Udara yang Hangat dan Cenderung Panas

Freon membantu menyerap panas dari udara rumah dan mentransfernya ke luar ruangan. Jika Freon terdapat masalah, maka AC tidak bisa menyerap udara panas secara maksimal sehingga AC mengeluarkan udara panas dan hangat dari AC anda. Ketika anda menemukan ciri seperti ini, bisa jadi karena anda perlu segera mengganti Freon AC.

Baca Juga : Cara Merawat AC Awet Tahunan dan Tetap Dingin

3. Ditemukan Bunga Es Pada Pendingin Ruangan

Terdapat bunga es di AC anda bisa menjadi tanda bahwa perlu melakukan ganti Freon sesegera mungkin. Ketika Freon level sangat rendah dapat menyebabkan tempratur pada Freon drop di bawah temperature normal minimal yang ada di dalam pendingin ruangannya. Pada akhirnya hal tersebut membuat bunga es muncul pada daerah tempat Freon dan selang evaporator.

4. Adanya Suara Bising dari AC

Ketika tiba-tiba anda menemukan AC anda menghasilkan suara bising, hal yang perlu anda curigai adalah AC anda kehabisan Freon. Biasanya yang menghasilkan suara adalah bagian outdoor AC. Bisa juga jika terlalu parah, AC anda mengeluarkan suara bising yang mana karena Freon menghindari gas. Jika anda mendengar suara bising tersebut, itu juga bisa karena kebocoran gas pada pendingin ruangan sehingga perlu anda waspadai.

Tidak melakukan ganti Freon ketika sudah habis bisa membuat kerusakan pada pendingin ruangan anda. Tidak hanya sampai situ saja, Freon juga mempengaruhi hasil dari kualitas udara dan bisa mempengaruhi kesehatan anda. Jadi pastikan anda tahu bila ada gangguan yang terjadi pada pendingin ruangan, sehingga anda dapat sesegera mungkin untuk memanggil jasa service AC profesional. Abang Benerin bisa menjadi solusi terbaik untuk mengatasi berbagai macam permasalahan teknis pada AC anda. Jadi, apakah anda ingat kapan terakhir kali anda mengganti Freon AC di rumah atau kantor anda?

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin