Tanda-Tanda Kamu Harus Cuci AC dan Melakukan Penanganan – AC yang mengalami kerusakan bisa menghambat dan mengganggu kegiatan, misalnya AC di ruang kerja, kamar tidur, atau di dalam toko. Terlebih di cuaca Indonesia yang seringkali sangat panas di siang dan malam hari, pendingin ruangan menjadi hal yang sangat penting.

Meski pembelian dan penggunaan AC sebagai pendingin ruangan terus meningkat seiring waktu.. Namun pengetahuan tentang perawatan dan maintenance pendingin ruangan ini masih sangat terbatas hingga menyebabkan kerusakan yang sebenarnya dapat dihindari sejak jauh hari.

Salah satunya adalah merawat dengan membersihkan atau kegiatan cuci AC agar pendingin ruangan terhindar dari berbagai kerusakan dan kebocoran.

Berikut ini kami informasikan apa saja tanda-tanda dari AC agar Anda segera melakukan cuci AC. Simak penjelasan di bawah ini, ya!

Kerugian Akibat Rusaknya AC

Ada beberapa kerugian yang terjadi akibat rusaknya AC. Antara lain:

a. Ruangan Menjadi Panas

Yang satu ini sudah sangat wajar terjadi, terlebih saat memasuki musim panas atau musim kemarau. Ruangan yang panas tentu mengganggu kegiatan Anda, misalnya bekerja, beristirahat, berkumpul dengan keluarga atau melakukan aktivitas di dalam ruangan lainnya.

b. Kerugian Biaya

AC yang rusak juga pasti membutuhkan biaya perbaikan yang tidak sedikit, apalagi jika kerusakan terhitung cukup besar. Sebelum Anda mengeluarkan uang terlalu banyak untuk servis AC, lebih baik menghabiskan uang secukupnya untuk melakukan cuci AC yang tentu lebih murah daripada dengan servis AC.

Baca Juga : Lakukan Hal Ini Sebelum Tagihan Listrik AC Membengkak

c. Kerusakan Barang

AC yang rusak hingga bocor dapat merusak barang lain di sekitarnya, seperti alat elektronik, benda yang terbuat dari kertas, hingga makanan atau minuman. Untuk mencegah pengeluaran yang semakin membengkak, segera lakukan cuci AC ya!

Apa Tanda-Tanda AC Butuh Dicuci?

Ada beberapa tanda yang dapat menjadi acuan Anda untuk segera melakukan perawatan cuci AC. Antara lain:

1. AC Mengeluarkan Angin Hangat

Tanda satu ini paling mudah kita rasakan saat Anda menyalakan pendingin ruangan. Sesuai dengan namanya, AC harusnya mengeluarkan angin dingin, bukan angin panas. Jika AC menunjukkan tanda ini, maka dapat segera menghubungi teknisi untuk melakukan konsultasi dan cuci AC.

Baca Juga : Ketahui Penyebab AC Hanya Keluar Angin

2. AC Mengeluarkan Bau Tidak Sedap

Yang kedua juga akan mudah Anda rasakan saat menyalakan AC. Biasanya, AC tidak mengeluarkan wangi tertentu yang dapat Anda rasa dengan indra penciuman. Namun dalam beberapa kasus, AC dapat megeluarkan bau tidak sedap.

Bau tidak sedap dapat seperti bau terbakar yang mana AC akan mengeluarkan bau menyengat seperti benda terbakar. Apabila AC mengeluarkan bau tengik, kemungkinan terdapat jamur di bagian dalam saluran udara atau komponen sehingga harus Anda lakukan servis dan cuci AC dengan segera.

Baca Juga : AC Rumah Mengeluarkan Bau Tak Sedap? Ini Cara Mengatasinya

Apabila bau tidak sedap dibiarkan begitu saja, dapat berdampak pada saluran pernapasan, terutama menyerang anak-anak akibat adanya jamur dan kotoran dalam komponen AC.

3. Muncul Suara Berisik

Tanda ketiga yakni adanya suara berisik dari komponen pendingin ruangan. Pada umumnya, suara dari AC semacam white noise atau suara halus yang masih bisa Anda toleransi oleh telinga, bahkan lebih sering tidak terdengar.

Meski AC masih bekerja dengan normal, yakni mengeluarkan angin dingin seperti biasa, suara berisik yang muncul dapat menjadi pertanda bahwa AC perlu Anda cuci atau servis dengan segera. Apabila suara Anda biarkan terlalu lama, maka dapat memperparah kerusakan pada AC.

Adanya suara berisik ini bisa jadi menandakan adanya kerusakan pada beberapa komponen, terutama pada kompresor AC, atau bisa juga karena AC bekerja terlalu keras dengan jangka waktu terlalu intens. Matikan beberapa saat AC yang Anda miliki lalu nyalakan kembali. Jika masih terdengar suara berisik, maka segera hubungi teknisi untuk melakukan servis.

4. AC Otomatis Mati

Fitur mati daya otomatis diterapkan pada beberapa jenis AC dengan tujuan untuk menghemat pengeluaran aliran listrik. Namun, jika AC yang Anda miliki tidak lengkap dengan fitur tersebut dan otomatis mati, maka perlu Anda cari tahu penyebabnya.

Hal ini dapat menjadi acuan bahwa pendingin ruangan mengalami gangguan atau kerusakan dan dibutuhkan servis atau cuci AC sebagai solusinya. AC yang terlalu panas dan arus listrik terpaksa diputus sebelum mengalami kerusakan dapat menjadi alasan mengapa AC mati secara otomatis.

5. Kebocoran AC

Tanda lain jika pendingin ruangan membutuhkan servis dan cuci AC adalah adanya kebocoran. Hal ini dapat mengindikasikan bahwa freon bocor dan mengalami kekurangan sehingga membuat banyak cairan keluar dari pendingin ruangan.

Baca Juga : AC Bocor Setelah Dicuci? Bagaimana Bisa?

AC yang bocor memerlukan tindakan lebih lanjut oleh ahlinya guna mencegah kerusakan lainnya yang bisa memperbesar pengeluaran untuk melakukan servis.

6. Lampu Indikator Berkedip

Lampu indikator yang berkedip atau menyala dengan tidak wajar dapat menjadi indikasi bahwa terdapat gangguan pada pendingin ruangan. Apabila lampu indikator berkedip dengan intens, bisa jadi ada kerusakan pada komponen rangkaian listrik.

PCB atau komponen rangkaian listrik dapat rusak sewaktu-waktu. Hal ini dapat Anda atasi dengan penggantian rangkaian listrik dari yang lama ke yang baru sehingga aliran listrik dapat kembali bekerja dengan normal.

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin