Ciri-ciri AC di Rumah Anda Rusak atau Perlu DiperbaikiCiri-ciri AC rusak sebenarnya sangat mudah untuk diketahui. Kecuali ada komponen AC yang rusak namun letakknya tersembunyi. Namun meskipun begitu, AC rusak biasanya akan menimbulkan gejala yang bisa anda rasakan. Ketika menemui gejala dan ciri-ciri AC rusak, penting sekali untuk segera memperbaikinya dengan memanggil teknisi AC professional. Menunda untuk memperbaiki AC yang rusak bisa membuatnya semakin parah.

Melakukakan perbaikan pada AC yang bermasalah tentu tidak bisa sembarangan. Bila Anda coba memperbaikinya sendiri, resiko kerusakan bisa semakin besar. Ciri-ciri AC rusak atau mulai ada gangguan tentu bisa anda jadikan tanda kalau pendingin ruangan di rumah anda perlu segera di servis atau diganti komponennya.

Ciri-ciri AC Rusak

Jika anda menemukan ciri-ciri seperti ini pada AC anda, segera lakukan perbaikan agar tidak semakin parah.

1. Mengeluarkan udara yang hangat

Fungsi utama anda menggunakan pendingin ruangan adalah supaya ruangan menjadi sejuk. Nah, apabila pendingin ruangan anda mengeluarkan hawa yang hangat dan cenderung panas, berarti ada yang salah dengan AC anda. Biasanya masalah ini muncul ketika AC yang anda gunakan sudah cukup lama atau adanya kerusakan pada bagian outdoor maupun indoornya. Segera lakukan perbaikan karena AC rusak atau bermasalah seperti ini sangat menggangu produktivitas dan bahkan kesehatan anda.

Baca Juga : Jenis Kerusakan yang Sering Terjadi Pada AC Rumahan

2. AC mengeluarkan suara bising

Ketika anda menyalakan pendingin ruangan kemudian mendengar suara berisik dari AC anda, itu berarti ada masalah yang terjadi. Penyebabnya bisa jadi karena bagian yang tidak berada pada tempatnya dan bermacam-macam penyebab lainnya sehingga anda sebaiknya tidak melakukan pembenahan AC sendiri. Masalah ini dapat masuk dalam kategori cukup serius sehingga perlu memanggil teknisi AC professional untuk memperbaikinya. Jika anda biarkan, suara bising akan sangat menggangu dan menyebabkan AC mengalami kerusakan permanen.

3. Tidak Bisa Dinyalakan

Untuk kasus pendingin ruangan yang tidak bisa anda nyalakan sebabnya bisa bermacam-macam. Bisa karena masalah pada remote AC, masalah pada kondensor, atau karena Freon AC habis. Namun bila anda menemui masalah ini pada AC di rumah atau kantor anda, tentu terkadang sulit untuk mengetahui penyebabnya. Intinya ketika AC anda tidak bisa menyala, berarti ada yang rusak pada AC anda. Segera perbaiki agar bisa anda gunakan kembali.

4. Mengeluarkan bau yang tidak sedap

AC yang normal itu tidak berbau. Jika sampai pendingin ruangan anda mengeluarkan bau tak sedap, maka ada sesuatu yang salah di dalamnya. Bila anda mendapatkan bau yang menyengat, bisa jadi karena adanya komponen seperti kabel yang terbakar di dalam AC. Sedangkan jika anda mendapati bau yang cenderung lembab, penyebabnya bisa jadi karena adanya jamur dan tumpukan kotoran. AC yang berbau terus menerus dapat mengalami kerusakan permanen bila tidak segera anda perbaiki.

5. AC mengeluarkan air

Pendingin ruangan yang bocor tentu sangat menggangu. Namun anda juga perlu tahu kalua pendingin ruangan yang mengeluarkan air terus-menerus menjadi pertanda bahwa ada kerusakan pada AC anda. Kebocoran AC biasanya terjadi karena adanya pipa yang rusak atau bagian dalam AC yang tidak berfungsi sehingga air yang seharusnya menjadi udara malah keluar dan bocor ke dalam ruangan. Tentu bila anda biarkan seperti itu, AC anda bisa rusak lebih parah lagi. Segera perbaiki kebocoran AC dengan memanggil jasa service AC yang anda percaya.

Baca Juga : Saluran Pembuangan AC Bocor? Apa Yang Harus Dilakukan

6. Tagihan Listrik membengkak

Seringkali AC anda terlihat baik-baik saja. Namun ketika hendak membayar listrik, anda menemukan AC anda memiliki tagihan yang melonjak dari biasanya. Hal ini bisa mengindikasikan kalau ada yang salah dengan pendingin ruangan di rumah atau kantor anda. Membengkaknya tagihan listrik jangan anda anggap sepele karena penyebabnya bisa berasal dari kerusakan AC yang tidak anda sadari. Supaya anda tidak merugi, perbaiki pendingin ruangan anda. Tanyakan pada teknisi professional komponen apa yang rusak dari AC anda.

Baca Juga : Jangan Sampai Salah Pilih Teknisi AC Ini Tips Memilihnya

Nah, itulah beberapa ciri-ciri AC rusak yang perlu anda ketahui. Untuk mencegah AC anda cepat rusak dan menyebabkan kerugian yang lebih besar, lakukan maintenance pada AC anda secara rutin selama minimal 3 bulan sekali di Abang Benerin. Semoga bermanfaat!

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin