Kesalahan Umum Dalam Menggunakan AC di Rumah – Kesalahan pakai AC bisa menyebabkan dampak negative bagi pendingin ruangan anda. Tak hanya itu, kesalahan umum dalam memakai AC juga kadang tidak anda sadari sehingga merugikan. Jika anda lihat dari daya tahannya sebenarnya AC merupakan alat elektronik yang tahan lama bertahun-tahun bila digunakan dengan benar dan tepat. Namun meskipun begitu, keawetan sebuah pendingin ruangan juga dipengaruhi oleh cara seseorang menggunakannya.

Sayangnya, kesalahan pakai AC masih banyak dilakukan oleh banyak orang. Hasilnya tentu pendingin ruangan atau AC anda jadi sering mengalami masalah dan gangguan sehingga anda perlu melakukan service AC dan membeli komponen AC yang rusak agar bisa berfungsi normal kembali. Hanya karena salah memperlakukan AC dapat membuatnya rusak dan anda perlu mengeluarkan biaya cukup mahal untuk reparasi.

Baca Juga : Tips Memilih AC Yang Tepat Untuk Rumah Anda

Agar anda terhindar dari masalah seperti itu, berikut ini adalah kesalahan umum dalam menggunakan AC di rumah yang mungkin anda pernah lakukan.

Kesalahan Ketika Pakai AC di Rumah

Seringkali kesalahan ini tidak disadari. Lalu tiba-tiba anda merasakan dampak dari kesalahan ini. Yuk kenali hal-hal berikut supaya anda bisa merasakan manfaat pendingin ruangan dengan maksimal.

1. Menggunakan PK yang Tidak Sesuai Ukuran Ruangan

Ketika hendak membeli AC, anda perlu tahu kebutuhan AC anda berapa PK. PK atau daya adalah hal yang harus anda perhatikan karena sangat mempengaruhi AC menjadi tahan lama atau tidak. Sebagai contoh, jika anda punya ruangan sebesar 6 x 4 meter persegi, amaka anda membutuhkan AC sebesar ¾ PK. Semakin besar ruangan anda, semakin tinggi PK yang anda butuhkan, serta semakin tinggi harganya. Tidak heran jika ada beberapa orang memilih produk pendingin ruangan dengan kapasitas PK yang tidak sesuai ukuran ruangan. Akibatnya, AC menjadi cepat rusak karena bekerja terlalu keras.

2. Tidak Mempedulikan Suhu Ruangan

Tak hanya berfungsi sebagai pendingin ruangan, AC juga bisa menjadi pengatur suhu ruangan sehingga harus pintar melakukan setting suhu supaya pendingin ruangan tahan lama. Supaya pendingin ruangan anda tahan lama, lebih baik anda melakukan setting AC pada suhu 25 derajat. Dengan suhu segitu, pendingin ruangan akan bekerja perlahan dan menjaga semua komponenya dengan baik dan seimbang.

3. Menyalakan AC ketika Daya Listrik Sedang Naik Turun

Hal yang biasa terjadi ketika rumah anda masih diatur oleh listrik eksternal adalah penurunan daya listrik. Penurunan daya listrik adalah ketika listrik mati dan kemudian menyala kembali dalam waktu singkat lalu bisa mati kembali. Ketidakstabilan tersebut akan mempengaruhi AC anda bila sedang menyala. Jika kondisi seperti itu terjadi, jangan langsung menyalakan AC. Biarkan duli oli kompresor dan gas Freon kembali ke compressor dan beristirahat. Kalau bisa, ketika sedang ada penurunan daya, matikan dulu AC anda supaya tidak mati dan menyala dalam waktu singkat.

4. Tidak Membersihkan AC

Jangan menyepelekan aktivitas membersihkan AC secara berkala. Debu, kotoran, dan jamur bisa menjadi ancaman yang serius bila anda biarkan dalam waktu lama. Pendingin ruangan yang kotor bisa menyebabkan gangguan pada pendingin ruangan seperti bau tak sedap, hasil udara yang keluar AC menjadi hangat, sampai bisa membuat AC tidak bisa menyala. Penting sekali untuk selalu merawat kebersihan AC meski anda pasang di dalam ruangan. AC yang awet dan menyehatkan berasal dari kebiasaan membersihkannya secara teratur.

Baca Juga : Ini Pentingnya Cuci AC Tiga Bulan Sekali

5. Tidak Mematikan AC Saat Tidak Digunakan

Menyalakan AC terus menerus tentu dapat membuat kinerja pendingin ruangan anda lebih keras dan lama. Hal tersebut dapat mempengaruhi performa. Tidak mematikan AC saat sedang anda gunakan membuat dayanya keluar terus dan terbuang sia-sia. Kebiasaan seperti itu perlu anda ubah karena menyalakan pendingin terus menerus dapat membuat boros listrik dan juga merusak komponen dalamnnya. Gunakan AC secara bijak agar dapat merasakan manfaatnya dalam jangka waktu lama.

Itulah beberapa kesalahan pakai AC di rumah yang seringkali dilakukan. Tentu anda ingin AC anda berfungsi maksimal kan? Nah, mari ubah kebiasaan dalam menggunakan pendingin ruangan anda.

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin