Ini Pentingnya Cuci AC Tiga Bulan Sekali Cuci AC mungkin menjadi hal yang penting namun seringkali diabaikan karena jika tidak terlalu butuh, orang pada umumnya tidak melakukan pencucian dan pembersihan pada AC di rumah maupun di kantornya. Mencuci AC rupanya menjadi sebuah konsekuensi yang perlu dilakukan jika anda memilih menggunakan pendingin ruangan di tempat tinggal anda. Tanpa proses pencucian Air Conditioning yang berkala dan benar, usia pendingin ruangan atau AC akan cenderung lebih singkat.

Di Indonesia yang memiliki cuaca panas hampir sepanjang tahun membuat kebutuhan akan pendingin ruangan sangatlah tinggi. Bayangkan saja jika musim kemarau datang, suhu di luar ruangan bisa mencapai 30 derajat lebih dan tentunya sangatlah gerah dan tidak nyaman. Dengan menggunakan AC, ruangan menjadi lebih sejuk dan nyaman meskipun hawa di luar ruangan panas dan gerah.

Namun sayangnya, masih banyak orang yang mengabaikan pentingnya cuci AC dan perawatan berkala pada pendingin ruangan mereka. Semakin sering hasilnya akan semakin baik dan performa AC juga terjaga. Maka dari itu, mari simak pentingnya mencuci AC secara rutin tiga bulan sekali ini.

Tanda AC Anda Perlu Dicuci

Pendingin ruangan bukanlah barang yang murah. Melakukan perawatan dan cuci AC agar pendingin ruangan anda bisa bekerja optimal menjadi salah satu langkah tepat untuk menjaga daya tahannya. Nah, kira-kira bagaimana, sih tanda-tanda ketika AC perlu dicuci segera?

1. Ketika AC mengeluarkan udara yang panas

Fungsi pendingin ruangan atau AC adalah menyejukkan ruangan. Bisa bayangkan, kan betapa tidak nyamannya ketika udara yang dikeluarkan oleh AC menjadi hangat dan panas? Tentu jika menemukan kasus AC panas anda langsung mencari jasa service AC agar pendingin ruangan cepat kembali seperti semula. Oleh karena itu, kalau menemukan tanda yang satu ini, itu berarti anda segera membutuhkan jasa cuci AC yang professional.

Baca Juga : Ini Tips Memilih Teknisi AC Yang Benar! Jangan Salah Pilih

2. Sirkulasi udara yang dihasilkan AC tidak maksimal

Biasanya jika AC anda mengeluarkan hawa panas, maka sirkulasi udaranya juga tidak akan maksimal. Masalah ini dapat terjadi karena kerusakan kompresor, gangguan pada pipa, ataupun karena memang AC anda tersumbat oleh debu dan kotoran. Supaya kerusakan yang terjadi tidak semakin parah, anda perlu memanggil jasa service dan cuci AC untuk memperbaikinya.

3. Mengeluarkan bau yang kurang sedap

Seringkali kotoran dan pertikel yang menumpuk pada AC membuat aroma udara yang dikeluarkan jadi kurang sedap. Tentu hal ini sangat menggangu anda dan juga tidak baik bagi pendingin ruangan bila dibiarkan terus-menerus. Segera hubungi jasa professional khusus AC jika menemukan masalah seperti ini.

Apa Pentingnya Cuci AC Secara Rutin?

Kalau anda memiliki AC di rumah maupun di tempat kerja dan menemui tanda-tanda di atas, jangan anda biarkan begitu saja. Bisa jadi tanda-tanda tersebut menjadi awal mula kerusakan pendingin ruangan secara permanen. Itulah Sebabnya penting sekali untuk mencuci AC secara rutin..

1. Menjaga keawetan pendingin ruangan

AC anda bisa berfungsi lebih lama jika anda secara rutin melakukan perawatan dan pembersihan seperti cuci AC. AC yang anda biarkan terus-menerus mengalami penyumbatan dan sirkulasi udara tidak lancar lama-kelamaan akan mengalami kebocoran pada kompresor, kipas, bahkan sampai ke pipa aliran. Jika hal tersebut terjadi biaya perbaikkannya akan jauh lebih malah. Oleh karena itu, jadikan rutinitas cuci AC tiga bulan sekali sebagai prioritas untuk menjaga keawetan pendingin ruangangan anda.

2. Mengurangi Biaya Listrik

Tahukah and ajika pendingin ruangan anda terganggu akan memempengaruhi tagihan listrik yang anda bayarkan? Jika anda menemukan tagihan listrik membengkak padahal penggunaan AC normal, itu berarti ada yang tidak beres. Melakukan cuci AC secara rutin serta perawatan AC membantu anda terhindari dari masalah-masalah seperti ini.

3. Menjaga kualitas udara yang mempengaruhi kesehatan

Dari hal sepele seperti rajin cuci AC rupanya bisa mempengaruhi kesehatan anda, lho. Pendingin ruangan yang jarang anda bersihkan membuat hasil udara yang keluar mengandung banyak kotoran dan bakteri. Hal tersebut tentu dapat mempengaruhi kesehatan pernafasan serta produktifitas anda. Jangan sampai anda mengalami gangguan kesehatan hanya karena pendingin ruangan yang anda gunakan kotor dan udaranya tidak sehat, ya.

Merawat AC tentu sudah jadi bagian penting bila anda memiliki AC di rumah maupun di kantor. Perawatan sederhana namun konsisten seperti cuci AC dan pemeriksaan bisa membuat anda lebih hemat dan menjaga peforma AC supaya tidak menurun. Ayo cuci AC anda dengan rajin!

Merawat AC tentu sudah jadi bagian penting bila anda memiliki AC di rumah maupun di kantor. Perawatan sederhana namun konsisten seperti cuci AC dan pemeriksaan bisa membuat anda lebih hemat dan menjaga peforma AC supaya tidak menurun.

Baca Juga : Ini Pentingnya Cuci AC Tiga Bulan Sekali

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin