Tips Posisi Terbaik Untuk AC di Kamar Tidur – Pengguna air conditioning (AC) tentunya akan meletakkan AC di kamar. Sebab, kondisi Indonesia yang berada di daerah tropis membuat suhu udara lebih panas. Apalagi di daerah dataran rendah, kota besar, dan pinggiran pantai. Karena itu, pemasangan AC di dalam rumah, dan ruangan yang paling sering adanya AC tentunya kamar tidur.

Baca Juga : Posisi Terbaik untuk Pasang AC di Rumah

blog-banner-bongkar-pasang

AC bisa membuat tidur lebih nyenyak dan berkualitas, karena suhu ruangan yang pas menjadikan tidur Anda lebih nyaman. Posisi AC di kamar tidur tentunya akan menjadikan Anda lebih terbantu untuk mendapatkan istirahat yang cukup.

Lalu, di mana posisi terbaik AC di kamar tidur?

Posisi Terbaik Untuk AC di Kamar

Meski demikian, bukan berarti Anda bisa meletakkan AC indoor di kamar tanpa perhitungan. Sebab, posisi yang tidak tepat bisa menyebabkan dampak yang serius pada kesehatan Anda sendiri. Karena itu, posisi AC di kamar tidur harus benar-benar diperhitungkan dan dipertimbangkan dengan baik. Tentunya, Anda akan menghubungi jasa pasang AC yang berpengalaman agar pemasangan AC tersebut jauh lebih tepat dan presisi bukan?

Apabila pemasangan AC tepat, maka AC akan menjadikan ruangan tersebut menjadi tempat yang relaksasinya lebih tinggi. Suhu yang tepat untuk tidur adalah sekitar 24 derajat Celcius untuk menjadikan Anda lebih nyaman dan nyenyak tidurnya.

Baca Juga : Tips Mengatur Suhu AC yang Ideal Untuk Tidur

Pertimbangan posisi AC di kamar harus diperhitungkan dengan cermat. Biasanya, teknisi jasa pasang AC akan mempertimbangkan empat poin untuk meletakkan posisi AC di kamar tidur dengan tepat.

1. Ketinggian AC Minimal 2,5 Meter

Pertama, posisinya sebaiknya berada di ketinggian 2,5 meter minimal dari permukaan lantai. Terlalu dekat dengan lantai justru akan membuat bagian bawah ruangan terlalu dingin, sedangkan bagian lainnya tetap hangat.

Tidak hanya ketinggiannya, tapi Anda mesti mempertimbangkan jarak dari pelapon. Jangan meletakkan AC dengan jarak di bawah 15 centimeter dari pelapon. Jarak AC dengan pelapon harus di atas itu. Sebab, AC indoor juga akan menarik udara dengan baik, apabila terlalu dekat dengan pelapon maka kinerjanya tidak maksimal.

Baca Juga : Penyebab Hembusan AC Kurang Kencang

AC akan kurang baik dalam mengambil udara yang ada di bagian atasnya, lalu setelah diproses maka angin sejuk yang dihembuskannya juga kurang berkualitas, bahkan kurang bersih.

Jadi, bagian pertama yang harus dipertimbangkan ketika meletakkan AC di ruang tidur adalah jaraknya dari lantai, juga jaraknya dari pelapon.

2. Tidak Menghadap Kamar Tidur

Pertimbangan kedua adalah posisi AC tersebut sebaiknya tidak menghadap ke tempat tidur. Posisi lain yang seharusnya Anda hindari juga adalah tepat di atas kepala Anda. Karena dengan meletakkan AC di atas kepala, angin dingin yang berhembus akan langsung menerpa kepala Anda yang menjadikan banyak masalah lainnya.

Baca Juga : Menggunakan 1 AC untuk 2 Ruangan? Apakah Efektif?

Kebanyakan orang yang meletakkan AC tepat di atas kepalanya akan terkena gangguan saluran pernapasan, sakit kepala, bahkan gangguan di paru-paru.

Jadi, sebaiknya posisi AC berada di sisi tempat tidur. Anda bisa meletakkannya di sebelah kiri, ataupun di sebelah kanan ranjang Anda. Akan lebih tepat bila tidak mengarah ke bagian kepala Anda.

3. Jarak AC Indoor dan Outdoor

Pertimbangkan ketiga adalah jarak dari AC indoor ke AC outdoor tidak terlalu jauh. Jarak yang dimaksud adalah panjang kabel dan pipa penyambung dari kedua unit AC tersebut. Jangan sampai kabel dan pipanya terlalu panjang, sehingga AC akan bekerja lebih lambat. Hasilnya, daya listrik akan lebih banyak terserap dan menjadikan tagihan listrik lebih tinggi. Itu akan menjadikan tagihan listrik Anda lebih melonjak.

Baca Juga : Outdoor AC Mati dan Tidak Dingin? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

4. PK AC Mencukupi

Keempat, pastikan bahwa PK dari AC Anda mencukupi untuk ruangan kamar. Bila ruangan kamar tidur Anda lebih luas dari 3×4 meter, maka sebaiknya gunakan AC 3/4 PK, atau bila lebih luas lagi bisa gunakan AC 1 PK. Sedangkan AC 1/2 PK bisa dengan maksimal kinerjanya di ruangan 3×3 meter.

Baca Juga : Mau Beli AC Rumah? Simak Dulu Tipsnya!

Itu tadi beberapa tips meletakkan AC di kamar tidur juga tips menjadikan AC lebih hemat listrik. Tentunya, Anda sebaiknya menghubungi jasa pasang AC yang berpengalaman agar pemasangan dan instalasinya lebih sempurna.

Akan lebih efektif bila Anda menggunakan jasa pasang AC yang berpengalaman agar pemasangan lebih sempurna dan tepat. Anda juga bisa berkonsultasi dengan teknisi jasa pasang AC untuk menentukan posisi yang tepat untuk AC Anda di kamar tidur.

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin