Lakukan Ini Ketika AC Rumah Bocor – Bila Anda melihat ada rembesan air yang menetes keluar dari AC, sebenarnya hal itu sering terjadi. Apalagi, bila Anda jarang melakukan service AC, cuci AC, dan perawatan AC lainnya setidaknya 6 bulan sekali. Jadinya, meski AC baru, di 6 bulan pemakaian maka akan muncul rembesan air keluar dari AC.

Meski sering terjadi, bukan berarti hal tersebut harus Anda biarkan. Ruangan akan menjadi basah dan lembab menjadikan kualitas udara di ruangan tersebut menjadi berkurang juga. Apalagi ketika rembesan air sudah terlalu banyak, maka itu pertanda bahwa Anda sudah memerlukan service AC. Apa saja penyebab AC rumah bocor? Dan apa saja solusinya? Simak ulasannya berikut ini.

1. Pemasangan tidak sempurna

Ketika pertama kali membeli AC, maka percayakan pemasangannya pada jasa pasang AC yang berpengalaman. Sebab, seringkali terjadi pemasangan yang tidak sempurna.

Bisa jadi karena kemiringan pada pemasangan, bisa juga karena ada baut yang longgar dan lain-lain. Karena itu instalasi AC memang tidak sempurna. Apabila masalah tersebut terjadi, maka hal yang mesti Anda lakukan adalah melakukan instalasi ulang.

Anda bisa menghubungi jasa service AC berpengalaman untuk melakukan instalasi ulang. Atau, pastikan saja pemasangan instalasi dengan sempurna.

Baca Juga : Ciri-ciri AC di Rumah Anda Rusak atau Perlu Diperbaiki

2. Saluran tersumbat

Masalah yang paling sering menjadi penyebab utama kebocoran AC adalah karena tersumbatnya saluran pembuangan. Saluran pembuangan air tetesan AC yang bocor membuat rembesan air bocor ke mana-mana.

Apa saja yang menyebabkan saluran tersumbat? Ternyata ada debu dan kotoran yang berada di AC indoor. Tentunya, debu dan kotoran tersebut terjadi karena AC tidak sering cuci AC.

Solusinya adalah lakukan pembersihan dan penyemprotan dengan tekanan air tinggi di saluran pembuangan air. Dengan demikian, semua kotoran yang mengendap dan menyumbat tersebut akan segera terdorong keluar.

Baca Juga : Penyebab Saluran Pembuangan AC Mampet

3. Masalah Kondensasi

Kondensasi di AC disebabkan karena adanya perbedaan suhu di pipa dengan suhu luar ruangan. Biasanya perbedaan suhu tersebut cukup tinggi sehingga proses kondensasi akan menjadi masalah.

Untuk mengatasi masalah ini, gunakan pembungkus pipa yang baru. Karena penyebab hal ini biasanya karena pembungkus pipa tidak optimal lagi digunakan.  Mungkin karena usia dari AC tersebut sudah cukup tua.

Jadinya, solusi dari masalah ini adalah melakukan pergantian pada bungkus pipa bagian luar. Apabila Anda masih ragu untuk melakukan pergantian, Anda bisa menghubungi jasa service AC.

Baca Juga : Alasan Kenapa AC Bisa Mengalami Kondensasi

4. Ada celah

Biasanya, meski sudah terpasang dengan baik, pembungkus pipa juga masih baik, dan kotoran sudah tidak ada tetapi masih ada rembesan air. Hal itu disebabkan dari proses kondensasi, lalu airnya akan mengalir dari celah tertentu.

Anda mesti meneliti darimana datangnya rembesan air tersebut untuk menemukan celah tempat mengalirnya. Setelah ditemukan, baru Anda bisa melakukan penutupan dan sebagainya. Tapi, sebaiknya Anda menghubungi jasa service AC yang berpengalaman untuk menyelesaikan masalah ini.

5. Kurang Freon

Bila AC sudah digunakan dalam waktu lama, maka freon atau refrigeran akan berkurang. Dengan kurangnya freon tersebut, maka terjadi kurangnya tekanan. Lalu, pipa evaporator akan menghasilkan bongkahan-bongkahan es. Bongkahan es itulah yang berada di sistem drainase AC.

Kemudian, bongkahan es tersebut perlahan akan mencair. Saat proses pencairan itu terjadi, maka akan timbul tetesan air dari AC tersebut.

Apabila penyebab masalahnya karena kurangnya freon, maka hal yang mesti Anda lakukan pertama adalah bersihkan bongkahan es yang ada di drainase dan pipa evaporator. Berikutnya, lakukan penambahan freon agar masalah tersebut bisa selesai.

Baca Juga : Seberapa Penting Freon Untuk AC Rumahan?

6. Jarang cuci AC

Anda setidaknya melakukan cuci AC dalam 6 bulan sekali. Ketika tidak Anda ilakukan dengan rutin, maka akan ada banyak kotoran, debu, dan lain-lain yang menggumpal atau mengendap di saluran AC.

Hal itu akan membuat saluran pembuangan air menjadi terganggu dan merembes ke mana-mana. Apabila masalahnya karena itu, maka solusinya adalah lakukan cuci AC, lalu ke depannya jadwalkan untuk cuci AC secara rutin.

Baca Juga : Jarang Cuci AC? Ini Bahaya yang Mengintai!

Itu tadi beberapa penyebab masalah AC bocor, dan apa yang harus Anda lakukan untuk menyelesaikan masalahnya. Apabila ingin hasil terbaik, maka Anda mesti menghubungi tenaga ahli service AC, atau cuci AC untuk menyelesaikan masalah AC bocor tersebut.

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin