Udara AC Panas? Ini Sebabnya – Ketika udara sedang terik dan menyengat, kemudian udara cuaca juga semakin panas, tentu Anda memilih masuk ke ruangan ber-AC. Entah itu di rumah Anda, maupun di kantor ataupun di tempat-tempat lainnya. Namun, bagaimana jika ternyata udara yang AC hembuskan juga panas? Ini sebabnya.

Biasanya kejadian ini terjadi karena kerusakan tertentu atau perawatan yang kurang rutin pada AC Anda. Karena itu, Anda mesti melakukan cuci, service AC, dan perawatan dengan rutin setidaknya 3 bulan sekali untuk menghindari masalah tersebut.

Baca Juga : Ini Pentingnya Cuci AC Tiga Bulan Sekali 

Setidaknya, ada beberapa faktor yang menyebabkan AC hanya menghembuskan udara panas. Rata-rata ini karena komponen di dalam AC kotor, atau banyak debu yang bertumpuk. Jadi, untuk menghindari masalah ini, cuci, service AC, dan lakukan perawatan rutin terhadap AC Anda. Pembahasan dalam artikel ini adalah hal-hal yang menyebabkan udara AC jadi panas sehingga Anda bisa mencari solusinya dengan tepat. Berikut ulasannya.

Penyebab Udara AC Panas

1. Kotoran bertumpuk di Filter AC

Masalah yang paling sering terjadi adalah adanya debu bertumpuk di filter AC. Filter alias penyaring udara akan menampung partikel-partikel kasar dari udara, dan yang halus akan tetap dihembuskan setelah didinginkan. Nah, karena terlalu banyak debu atau kotoran yang bertumpuk di filter AC, akibatnya proses penyaringan tidak berjalan lancar. Lalu, udara yang tadi dihirup langsung dihembuskan lagi tanpa melewati proses pendinginan.

Masalah yang akan ada tidak hanya sekedar AC tidak dingin. Tapi, keluarga dan orang-orang sekitar Anda yang terpapar AC dengan filter yang kotor ini tentunya akan terdampak kesehatannya. Untuk menyelesaikan masalah ini, maka Anda harus melakukan cuci, service ac dan pembersihan bagian filter tersebut. Tentunya, Anda perlu menghubungi penyedia jasa cuci, service AC yang profesional.

Baca Juga : Waspada Gangguan Penyakit Akibat Udara Kotor di Rumah 

2. Kompresor tidak berkerja dengan baik

Apabila AC tidak mengeluarkan hawa dingin dilingkapi dengan suara yang keras muncul dari AC, maka bisa jadi masalah terletak di kompresornya. Ketika kompresornya bermasalah, maka AC hanya akan menghembuskan hawa hangat dan tidak kencang. Sayangnya, ketika AC tidak mampu melakukan kerja dengan optimal tersebut, justru tagihannya membengkak.

Untuk menyelesaikan masalah ini, Anda harus memanggil jasa service AC yang sudah berpengalaman. Jadinya, harus melakukan pergantian kompresor tersebut. Biasanya, karena jarang melakukan cuci, service AC, dan perawatan maka muncul kerusakan pada komponen dalam AC lalu merembet ke mana-mana, termasuk ke kompresor.

Baca Juga : Masih Bingung Dengan Komponen AC? Ini Dia Jenis dan Fungsinya! 

Pergantian kompresor tentunya bisa dilakukan dan menjadi solusi masalah ini bila dilakukan dengan cepat. Berbeda cerita bila Anda menunda terlebih dulu, sehingga kerusakannya kembali merembet ke komponen lainnya.

3. Freon berkurang

Freon adalah zat yang ada di dalam mesin AC yang berguna untuk mendinginkan udara. Tentunya, freon yang berbentuk gas ini akan berkurang kinerjanya ketika jumlahnya berkurang. Meski demikian, biasanya freon akan bertahan hingga 3 – 4 tahun sebelum perlu freon Anda isi ulang.

Apabila penyebab masalah AC panas Anda oleh kurangnya Freon, maka hal yang mesti Anda lakukan adalah mengisi ulang freon Anda. Hanya saja, sebaiknya menghubungi jasa service AC berpengalaman, karena freon adalah zat-zat yang berbahaya terutama bila ada kontak langsung dengan tubuh Anda.

Jadi, untuk keamanan, sebaiknya serahkan masalah tersebut pada petugas service AC.

Baca Juga : Harus Isi Freon Setiap Cuci AC? Benarkah? Ini Faktanya

Nah, itu tadi penyebab AC hanya mengeluarkan hawa yang hangat atau panas, sehingga tidak mampu menyejukkan ruangan. Apabila Anda berhasil mendeteksi salah satu dari masalah penyebabnya tersebut, tentunya Anda akan langsung tahu solusi untuk penyelesaiannya. Berikutnya, Anda juga bisa memastikan apakah Anda perlu mengganti AC atau tidak dengan melihat hasil dari service-nya.

Biasanya, seperti freon misalnya, penyebabnya bisa karena usia dari AC memang sudah cukup tua. Masalah yang terjadi adalah, bila berusia lebih dari 10 tahun misalnya, maka kinerja AC memang sudah jauh berkurang. Jadi, seandainya tiga masalah di atas sudah Anda selesaikan namun mesin AC Anda masih juga kurang optimal dalam mendinginkan ruangan, itu berarti waktunya untuk mengganti AC Anda dengan yang baru.

Baca Juga : Kapan Kita Harus Ganti AC Baru?

Merawat AC memang tidak begitu mudah, namun tidak begitu sulit apabila memang melakukan maintenance AC minimal 3 bulan sekali. Selain menjaga kualitas AC, maintenance AC juga membantu untuk memperpanjang umur AC Anda. Tetapi, memang setiap perangkat elektronik memiliki kapasitas umur. Jika memang sudah waktunya untuk mengganti AC baru, percayakan bongkar pasang AC Anda dengan AbangBenerin.

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin