Menggunakan 1 AC untuk 2 Ruangan? Apakah Efektif? – Seringkali karena ingin hemat listrik satu rumah menggunakan satu unit AC saja untuk 2 ruangan. Atau, satu AC untuk ruangan yang berukuran sangat besar. Tujuannya tentu agar penggunaan AC hemat listrik, dan konsumsi dayanya tidak begitu besar.

Namun pertanyaannya, apakah penggunaan 1 AC untuk 2 ruangan itu cukup efektif untuk menyejukkan ruangan? Belum lagi, yang Anda gunakan adalah AC hemat listrik, apakah mampu membuat ruangan menjadi lebih sejuk dengan efektif?

Perbedaan Jenis AC

Untuk menjawab pertanyaan itu, sebelumnya perlu Anda ketahui bahwa AC dari berbagai jenisnya dapat Anda bedakan dari PK-nya. PK 1 biasa Anda gunakan untuk ruangan yang cukup besar, sedangkan untuk ruang yang lebih kecil menggunakan PK 1/2. PK setengah yang Anda gunakan karena AC hemat listrik, dengan konsumsi daya juga setengah dari PK 1.

Jadi, bila ada 1 AC yang Anda gunakan untuk 2 ruangan, namun jenisnya adalah PK 1 mungkin saja bisa efektif. Namun, bila AC yang Anda gunakan adalah PK setengah, atau PK3/4 maka mungkin kurang efektif.

Untuk itu, bisa Anda hitung dari luas ruangannya dan menggunakan British Termal Unit (BTU) yang menjadi standar penilaian kesejukan atau efektivitas kerja unit AC Anda. Besaran baku BTU adalah 500 BTU, dan jumlah tersebut dikalikan dengan luas ruangan. Kita anggap saja ada dua ruangan yang menggunakan 1 AC, masing-masing ruangan memiliki luas sekitar 3×3 meter.

Baca Juga : Tips Memilih AC Yang Tepat Untuk Rumah Anda 

blog-banner-bongkar-pasang

Maka, luas ruangan itu adalah 9 meter dikali 2 (karena dua ruangan) menjadi 18 meter. Angka 18 meter ini dikalikan 500 BTU, maka hasilnya adalah 9000 BTU.

Acuan mudahnya adalah untuk angka 10.000 BTU maksimal, masih cukup efektif bila menggunakan AC 1 PK. Lebih tepatnya, dari angka 7000 hingga 10.000 BTU. Jadi, dengan perkalian di atas, bisa Anda ketahui bahwa dua ruangan dengan luas 3×3 meter masih sangat efektif menggunakan AC 1 PK.

Sedangkan untuk AC 3/4 PK, nilai BTU-nya berkisar di angka 5000 hingga 7000. Untuk AC 1/2 PK nilai BTU-nya berkisar di bawah angka 5000. Misalnya, satu ruangan tadi adalah 3×3 meter, maka luas ruangannya 9 meter. Angka tersebut dikalikan 500 BTU maka menjadi 4.500BTU. Berarti, satu ruangan tersebut masih sangat cocok dengan AC 1/2 PK. Namun, bila 2 ruangan menggunakan AC 1/2 PK maka akan kurang efektif dan tidak optimal sejuknya.

Ringkasan PK dan BTU

Dari penjelasan di atas, Anda bisa meringkasnya menjadi tabel berikut:

  • AC 1/2 PK: < 5000 BTU
  • AC 3/4 PK: > 5000 hingga < 7000 BTU
  • AC 1 PK: > 7000 BTU hingga < 10.000 BTU

Begitu seterusnya.

Jadi, ruangan 3×3 meter masih cukup optimal menggunakan AC 1/2 PK, namun ruangan 3×4 meter sudah tidak cukup optimal lagi. Karena itu, untuk ukuran 3×4 meter, sebaiknya menggunakan AC 3/4 PK.

Ruangan yang lebih luas dari 5×5 meter (25 meter x 500 = 12.500 BTU) sudah tidak cukup lagi menggunakan AC 1 PK, berarti harus di atas itu.

Dengan demikian, Anda bisa mempertimbangkan mana AC yang tepat untuk ruangan Anda. Mungkin ruangan seperti kamar tidur akan bisa menggunakan AC 1/2 PK selama luasnya tidak lebih dari 3×3 meter. Namun, rata-rata ruang tamu misalnya, akan kurang pas lagi menggunakan AC 1/2 PK.

Kembali ke pertanyaan semula, yakni apakah efektif menggunakan AC di dua ruangan sekaligus? Jawabannya, bisa saja efektif, selama dua ruangan itu tersambung dan AC yang Anda gunakan memiliki BTU yang pas untuk ruangan itu sendiri. Bagaimana dengan ruangan yang terlampau besar, seperti aula di gedung, atau di kantor? Maka AC yang dapat Anda gunakan adalah PK 2 hingga PK 2,5. Tentunya, menggunakan perhitungan dengan menjadikan BTU sebagai titik acuannya.

Namun perlu Anda ingat juga bahwa AC dengan PK yang tinggi (di atas 1) juga memerlukan daya yang lebih besar lagi. Bila PK 1 saja sudah membutuhkan daya listrik di atas 700 watt, maka PK 2 berarti dua kali lipat dari itu. Jadi, penggunaan AC mesti Anda lakukan secara bijaksana agar tidak boros dan menghabiskan konsumsi listrik rumah Anda.

Jika Anda sudah menemukan AC yang tepat untuk ruangan Anda, jangan lupa untuk memanggil jasa teknisi AC profesional seperti AbangBenerin untuk memasang AC di ruangan yang Anda perlukan

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin