Outdoor AC Mati dan Tidak Dingin? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya – AC memiliki dua unit, yakni unit indoor dan unit outdoor. Ketika dinyalakan, maka terkadang Anda menemukan masalah unit indoor menyala dengan baik namun AC tidak dingin. Ternyata ketika ditelusuri AC outdoor tidak menyala dan mati.

Apabila AC outdoor mati, maka bisa dikatakan bahwa AC Anda sudah pasti tidak akan berfungsi dengan baik. Hasilnya, ruangan Anda tidak akan dingin lagi. Itu berarti, ruangan Anda tidak akan menjadi sejuk. Itu berarti sudah waktunya Anda menghubungi jasa service AC.

Namun, apa saja hal yang menyebabkan AC outdoor mati dan AC menjadi tidak dingin? Berikut beberapa penyebabnya akan diulas satu persatu.

Penyebab AC Outdoor Mati

Pertama kemungkinan besar mesin kompressor di AC outdoor sudah tidak bekerja dengan baik. Padahal, kompresor adalah jantung dari AC yang artinya AC Anda tidak akan berfungsi lagi. Apa saja yang menyebabkan kompresor tersebut tidak berfungsi lagi? Ada beberapa hal, berikut beberapa di antaranya.

1. Kabel ada yang putus

Ini penyebab paling sederhana, yakni ada kabel yang putus. Apabila Anda menyalakan AC, lalu kontrol dari PCB sudah terkirim ke AC outdoor, maka Anda bisa lakukan cek tegangan dengan tespen. Apabila ternyata tegangan masih ada, maka coba cek tegangan di outdoor. Nah, di sini kemungkinan tegangan tersebut tidak ada lagi.

Bila memang itu masalahnya, maka kemungkinan ada kabel yang putus. Tentunya, service AC yang dilakukan adalah mengganti atau menyambung kembali kabel yang terputus tersebut.

2. Baut ada yang longgar

Penyebab kedua, masih cukup sederhana. Bahkan, bila masalahnya ini, Anda bisa melakukan service AC sendiri. Masalahnya adalah ada baut yang longgar.

Biasanya masalah ini karena pemasangan AC yang kurang sempurna. Anda bisa cek seperti sebelumnya untuk memastikan memang masalahnya ada di outdoor. Kemudian, cek apakah ada kabel yang putus atau tidak. Apabila sudah dicek dan tidak ada kabel yang putus, itu berarti kemungkinan ada baut yang longgar atau bahkan terlepas. Bila masalahnya itu, maka silahkan kencangkan kembali baut yang terlepas tersebut.

Baca Juga : AC Rumah Mengeluarkan Bau Tak Sedap? Ini Cara Mengatasinya

3. Start kapasitor tidak berfungsi

Masalah berikutnya ada pada start kapasitor. Ada dua kapasitor di dalam unit outdoor, satu untuk kompresor dan satu lagi untuk kipas. Biasanya, ada kerusakan pada salah satu atau mungkin kedua kapasitor yang ada di sini. Namun, bila yang rusak adalah start kapasitor di kompresor, maka unit AC outdoor tidak akan mampu berfungsi dengan baik. Apabila masalah yang timbul adalah rusaknya start kapasitor kompresor, maka solusinya adalah lakukan service AC dengan cara mengganti start kapasitor tersebut.

Baca Juga : Masih Bingung Dengan Komponen AC? Ini Dia Jenis dan Fungsinya!

4. Kompresor terlalu panas

Ada banyak masalah yang menyebabkan kompresor terlalu panas. Bisa jadi karena kisi-kisi pipa kondensor terlalu kotor, jadinya udara panas tak bisa terbuang dengan baik. Hal itu akan menjadikan kompresor mati apabila terlalu panas. Karena ketika kompresor terlalu panas, giliran overload yang akan bekerja. Overload adalah komponen yang bertugas seperti saklar yang tugasnya untuk memutus aliran listrik yang masuk ke kompresor. Apabila overload sudah bekerja, maka kompresor akan mati.

5. Daya listrik

Ada masalah karena perubahan tegangan yang fluktuatif pada listrik rumah Anda. Akibatnya, tegangan yang diperlukan AC untuk menyala justru tidak bisa didapatkan lagi. Hal itu menyebabkan kompresor rusak. Berarti, Anda bisa memanfaatkan stabilizer untuk memastikan listrik yang masuk ke unit AC tetap stabil.

Baca Juga : Tagihan Listrik Membengkak? Tanda AC Kamu Perlu di Service

6. Thermistor rusak

Apabila masalahnya justru karena tidak ada listrik yang terkirim ke AC outdoor, maka Anda bisa melakukan pengecekan pada thermistor. Komponen satu ini akan bekerja sesuai dengan suhu. Ketika suhu yang diatur dengan AC tidak sesuai dengan suhu ruangan, thermistor ini yang nantinya akan mengirimkan semacam sinyal untuk menjadikan kompresor di outdoor bisa bekerja untuk menyesuaikan suhu. Apabila thermistor rusak, maka kompresor tidak akan bekerja. Hal itu yang menyebabkan AC Anda tidak bekerja.

Baca Juga : Ciri – Ciri Jika Kapasitor AC Rusak dan Harus di Service

Permasalahan yang menyebabkan AC outdoor mati di atas rata-rata karena ada kerusakan pada kompressor. Atau, kerusakan di atas akan mengakibatkan kompresor menjadi rusak. Karena itu, harus ada pengecekkan pada kompresor oleh petugas service AC yang Anda panggil. Apabila ternyata harus diganti, maka Anda tentunya mesti mengganti kompresor ini.

Demikian ulasan terkait penyebab AC outdoor tidak menyala sehingga AC tidak mampu menyejukkan ruangan. Tentunya, perawatan, service AC, cuci AC, dan sebagainya mesti dilakukan secara rutin agar masalah seperti yang dipaparkan di atas tidak Anda temui.

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin