Apa yang Dibutuhkan Untuk Pemasangan AC? – Ingin pasang AC? Apa saja alat yang kamu butuhkan? AC adalah sebuah barang elektronik untuk membuat ruangan menjadi dingin. Di era sekarang, AC telah menjadi salah satu kebutuhan yang harus terpenuhi. Terlebih jika kamu tinggal di daerah yang memang memiliki suhu yang lebih panas daripada dengan daerah yang lain. Maka membeli AC menjadi sebuah keharusan.

Baca Juga : Alat Yang Diperlukan Untuk Membersihkan AC

Ada banyak merek AC yang beredar di pasaran. Semua merek AC hadir dengan kelebihannya masing-masing. Selain itu harga AC juga berbeda-beda. Memasang AC baru tentu tidaklah mudah dan memerlukan banyak alat. Apakah Anda sudah mengetahui alat apa yang dibutuhkan untuk pemasangan AC?

Alat untuk Melakukan Pemasangan AC

Ada beberapa alat yang kamu perlukan ketika ingin memasang AC. Apa saja alat-alat tersebut?

1. Waterpass

Waterpass merupakan sebuah alat yang teknisi pakai untuk melakukan pengukuran terhadap keretaan permukaan pada bidang horizontal maupun vertikal. Di dalam alat ini, kamu akan menemukan tiga kaca yang di dalamnya terdapat gelembung cairan. Bagian inilah yang nantinya memberikan informasi kepadamu apakah bidang yang kamu ukur tersebut memiliki permukaan yang rata atau tidak.

Lalu apa hubungannya waterpass dengan AC? Di dalam pemasangan AC, alat ini dipakai untuk mengetahui tempat kamu meletakkan AC indoor maupun outdoor. Jadi kamu bisa tahu apakah permukaannya memang sudah rata atau belum.

Baca Juga : Masih Bingung Dengan Komponen AC? Ini Dia Jenis dan Fungsinya!

2. Tubbing Cutter

Tubbing cutter merupakan alat yang biasa teknisi gunakan untuk memotong pipa sesuai dengan ukuran yang kamu inginkan. Jika kamu ingin memotong pipa AC, hal yang harus kamu perhatikan yaitu scrap yang merupakan sisa pemotongan pipa jangan sampai masuk ke pipa tersebut. Jika sampai ini terjadi maka bisa berdampak pada kerusakan AC yang kamu pasang.

Maka dari itu, ketika kamu memotong pipa AC maka bersihkan scrap sisa pemotongan. Selanjutnya baru kamu bisa memasangnya. Dengan begitu, AC bisa terhindar dari kerusakan.

3. Reamer

Alat selanjutnya yang juga kamu butukan untuk pasang AC adalah Reamer. Jika kamu pernah melihat alat untuk menghaluskan maupun memperbesar lubang, maka alat tersebut bernama reamer.

Baca Juga : Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Pasang AC

4. Alat Kikir

Jika di atas adalah alat untuk menghaluskan lubang maka alat yang akan kita bahas kali ini digunakan untuk meratakan permukaan benda. Jika kamu perhatikan, alat kikir ini memiliki batang yang di dalamnya terdapat gigi-gigi pemarut. Adapun bentuk alat ini bermacam-macam. Ada yang berbentuk segitiga, pipih, persegi, dan lain sebagainya.

5. Flaring Pipa

Mungkin kamu pernah melihat alat ini namun tidak mengetahui namanya. Flaring pipa adalah alat yang kamu butuhkkan untuk melebarkan bagian ujung pipa tembaga lunak. Kamu bisa melebarkannya dengan kemiringan mencapai 45 derajat.

Baca Juga : Komponen AC Rumahan dan Fungsinya

6. Pengukur Flaring Pipa

Sesuai dengan namanya, alat yang satu ini kamu butuhkan untuk mengukur flaring pipa. Alat ini teknisi gunakan setelah kamu selesai melebarkan ujung pipa. Sebagai tambahan bahwa alat-alat seperti alat kikir, pengukur flaring pipa, dan juga flaring pipa dijual satu set. Jadi kamu tidak harus membelinya satu persatu.

7. Kunci Pas Torsi

Alat selanjutnya yang nanti akan kamu pakai ketika memasang AC adalah kunci pas torsi. Alat ini kamu gunakan untuk mengeratkan atau mengencangkan baut dan juga mur sesuai tingkat kekencangan yang kamu inginkan. Jadi kamu tinggal menentukan seberapa kencang baut atau mur tersebut tapi ingat jangan terlalu kencang.

8. Vacuum Pump

Pompa vakum atau vacuum pump adalah sebuah alat yang kamu butuhkan untuk mengeluarkan udara, molekul gas, maupun uap air yang ada di dalam pipa instalasi. Jika ketiga zat ini masih berada di dalam pipa, maka akan sangat mengganggu kinerja dari mesin pendingin. Selain itu, adanya air di dalam pipa juga berpotensi mengakibatkan korosi serta kerak. Ketika pasang AC, unit harus dipompa dengan menggunakan vacuum pump selama kurang lebih 10 menit atau ketika jarum vakum sudah berada di angka -0,1 MPa = -670mmHg.

Demikian informasi terkait beberapa alat yang kamu butuhkan sebelum pasang AC. Sebenarnya masih ada beberapa alat lainnya antara lain:

  • Refrigerant
  • Thermometer Digital
  • Manifold Gauge
  • Penguji kebocoran gas
  • dan timbangan berat

Baca Juga : Posisi Terbaik untuk Pasang AC di Rumah

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin