Komponen AC Rumahan dan Fungsinya – Komponen AC rumahan ada berbagai macam bentuk dan fungsinya. Memahami komponen AC tentu akan sangat membantu anda bila memiliki AC atau pendingin ruangan di rumah. Seringkali pemilik AC yang kurang memahami komponen AC akan cukup kesulitan jika ada masalah dan gangguan yang terjadi pada pendingin ruangan mereka. Nah, supaya anda tidak seperti itu, mengenali pendingin ruangan secara tepat beserta fungsinya perlu anda lakukan.

Baca Juga : Mitos Penggunaan AC yang Perlu Anda Tahu

blog-banner-bongkar-pasang

AC rumahan biasanya lebih sederhana dibandingkan AC atau pendingin ruangan yang terdapat pada tempat publik seperti mall, hotel, kantor besar, dan rumah sakit. Mempelajari tentang komponen AC rumahan juga tidak terlalu rumit, anda hanya perlu mengetahui bagian-bagian AC yang terlihat maupun yang paling penting saja. Dengan begitu ketika ada masalah pada AC anda tidak terlalu panik dan bisa memperkirakan penyebabnya.

Nah, bagi anda yang masih awam dengan berbagai komponen pendingin ruangan, penting sekali untuk menyimak informasi seputar komponen AC beserta fungsinya di bawah ini.

Komponen AC Rumahan

Komponen AC rumahan ini seharusnya tidak asing bagi anda dan sering disebut-sebut.

1. Kompresor

Komponen AC yang satu ini berfungsi untuk menghisap dan menekan uap refrigerant dari evaporator yang mana kompresor menjadi salah satu komponen utama pada unit pendingin ruangan atau AC anda. Setelah itu, kompresor akan mengompresi uap tersebut sehingga suhu dan tekanannya lebih tinggi. Fungsi lain dari kompresor di sini juga akan mempertahankan perbedaan tekanan dan temperature dalam sistem. Komponen AC ini juga membantu mengalirkan refrigerant ke seluruh sistem pendingin. Intinya pendingin ruangan akan sangat bergantung pada kompresor ini untu mengatur tekanan udara.

2. Kondensor

Kondensor adalah komponen AC yang berfungsi sebagai penukar kalor atau panas. Alat yang satu ini juga akan menurunkan temperature refrigerant dan mengubah wujud refrigerant dari gas menjadi cari atau disebut dengan proses kondensasi. Kondensor ini terdapat pada bagian unit outdoor pendingin ruangan anda karena fungsinya adalah untuk membuang panas. Kondensor ini berbentuk jaringan pipa yang berfungsi sebagai tempat pengembunan. Setelah refrigerant berubah menjadi zat cair karena pengembunan tersebut, zat cair itu akan mengalir ke pipa evaporator untuk dibuang.

3. Evaporator

Mungkin anda sering mendengar tentang evaporator yang seperti namanya, digunakan untuk proses penguapan pada pendingin ruangan. Di samping itu, komponen AC yang satu ini menyerap udara panas dari dalam ruangan untuk masuk ke refrigerant yang nanti terjadi pertukaran udara disana. Dari pipa kondensor, zat cair yang berasal dari pipa kondensor masuk ke evaporator akan berubah wujud menjadi gas dingin karena mengalami penguapan. Nah, sekarang anda sudah tahu kan fungsi dari evaporator pada AC itu apa?

4. Blower atau Fan

Pada AC di rumah anda, unit indoor maupun outdoornya memiliki komponen fan atau blower ini. Pada unit indoor bentuknya sepeti tabung bersirip karena fungsinya adalah sebagai sirkulasi udara. Kemudian, komponen yang terdapat pada bagian outdoor berbentuk seperti kipas dan berfungsi mendinginkan refrigerant pada kondensor.

5. Refrigerant atau Freon

Komponen AC yang satu ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Ada kerusakan sedikit saja, pendingin ruangan anda akan terasa panas dan tidak berfungsi normal lho. Refrigerant atau sering disebut dengan Freon ini menjadi komponen pendingin udara yang berbentuk gas atau senyawa kimia. Fungsinya yakni sebagai fluida yang mengkondisikan suhu udara yang dikeluarkan oleh AC. Freon pada umumnya tidak berbau dan tidak berwarna. Ringkasnya, ketika Freon pada pendingin ruangan anda habis, anda perlu segera menggantinya karena tanpa Freon yang maksimal dan cukup, AC tidak bisa mengeluarkan udara sejuk pada ruangan anda.

Baca Juga : Ciri Freon AC Habis yang Bisa Membahayakan Keluarga

Nah, itulah beberapa komponen AC rumahan beserta fungsinya. Pendeknya, ketika anda menemukan kerusakan pada komponen – komponen AC di atas, segera panggil jasa service AC professional seperti Abang Benerin untuk memperbaiki kerusakan yang ada. Abang Benerin lebih memahami titik kerusakan pendingin ruangan anda serta memberikan rekomendasi dan konsultasi mengenai perawatan komponen AC. Sudahkah anda tahu nama-nama komponen AC beserta fungsinya?

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin