Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Pasang AC – Apa saja hal yang perlu kamu perhatikan sebelum pasang AC? AC atau Air Conditioner sudah menjadi kebutuhan. Apalagi sekarang kondisi Indonesia sepertinya lebih panas dari beberapa tahun sebelumnya jadi memiliki pendingin ruangan menjadi sebuah keharusan. Memang memasang AC akan menyebabkan biaya listrik menjadi membengkak. Namun hal ini tidak masalah demi kenyamanan yang kita dapatkan selama berada di dalam rumah.

Maka tidak heran jika berbagai merek AC laris manis di pasaran. Jika kamu tertarik untuk membeli AC, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Itu artinya, membeli AC tidak bisa kamu lakukan dengan sembarangan. Mungkin kamu memiliki budget yang cukup. Namun dibalik itu semua ada beberapa poin penting yang harus menjadi fokusmu sebelum benar-benar membeli AC.

Beberapa Hal Penting Sebelum Beli AC

1. Cek Daya Listrik di Rumah

Hal pertama yang harus kamu perhatikan sebelum membeli AC adalah berapa besar daya listrik di rumahmu. Ini sangat penting karena mungkin kamu sudah tahu bahwa AC memerlukan daya yang cukup besar. Tentu tidak mungkin kamu memaksakan untuk tetap memasang listrik sementara daya listrik di rumah tidak memadai.

Baca Juga : Kenapa Listrik Turun Setelah Menyalakan AC? Ini Penyebabnya!

Yang tidak kalah penting adalah kamu juga perlu mengecek instalasi listriknya. Jika ternyata usia instalasi listrik tersebut sudah mencapai lebih dari 10 tahun, kami menyarankan kamu memanggil orang yang ahli mengecek kondisinya. Daya yang kamu perlukan nantinya untuk AC cukup besar. Jangan sampai kabel mengalami overload sehingga bisa menyebabkan korslet.

2. Memperhatikan PK

Tips yang kedua adalah kamu juga perlu memperhatikan PK atau daya kuda – satuan kapasitas AC. Hal ini berhubungan dengan pemakaian listrik. Kamu harus memastikan bahwa PK AC yang kamu pilih sudah sesuai dengan ruangan tempat AC tersebut nantinya akan dipasang.

Secara umum, AC hadir dengan beberapa ukuran misalnya 1/2. 3/4. 1, 2, dan juga 1 1/2. Semakin besar PK maka semakin cepat AC di dalam mendinginkan ruangan. Akan tetapi hal ini juga bersamaan dengan semakin besar pula listrik yang digunakan.

Jadi kamu perlu memilih mana PK yang paling sesuai dengan kebutuhanmu. Adapun beberapa PK yang diperlukan setelah memperoleh hasil dari BTU/h berdasarkan luas ruangan yaitu:

  • 1/2 PK = 5000 BTU/h, untuk ruangan 10 m2
  • 3/4 PK = 7000 BTU/h, untuk ruangan 14 m2
  • 1 PK = 9000 BTU/h, untuk ruangan 18 m2
  • 1 1/2 PK = 12000 BTU/h, untuk ruangan 18 m2
  • 2 PK = 18000 BTU/h, untuk ruangan 24 m2

Baca Juga : Mau Beli AC Rumah? Simak Dulu Tipsnya!

3. Beli AC Inverter

Tips yang ketiga ini kami sarankan jika kamu memiliki budget yang berlebih. Bagi yang belum tahu bahwa AC lebih cocok ketika kamu menggunakannya di ruangan tertutup. AC ini juga cenderung hemat . akan tetapi, jika kamu ingin memasang AC di ruangan terbuka, maka silakan memilih AC jenis non-inverter.

Baca Juga : Kenali Perbedaan AC Inverter dan Standart

4. Tutup Ventilasi atau Jendela dengan Plastik

Hal keempat yang perlu kamu perhatikan ketika lokasi atau tempat yang akan kamu pasang AC tersebut memiliki ventilasi atau jendela, maka kamu harus menutupnya. Kamu bisa menutupnya dengan menggunakan plastik maupun karton. Tujuannya adalah untuk meningkatkan efektivitas AC. Ingat, jangan sampai meletakkan AC di atas pintu.

Selain itu, untuk panjang pipa mulai unit indoor sampai ke outdoor tidak melebihi 15 meter. Kamu juga perlu memperhatikan pipa yang nantinya akan digunakan sebagai tempat pembuangan dari hasil kondensasi. Untuk menghindari getaran unit outdoor di tembok, jangan letakkan di tembok yang sama seperti unit indoor.

5. Pilih AC dengan Fitur Kesehatan

Pastikan kamu memilih AC yang di dalamnya terdapat fitur untuk kesehatan. Beberapa fitur tersebut antara lain plasmacluster, plasma filter, nanoe-g, dan lain-lain. Fitur-fitur ini efektif untuk menghindari penyebaran virus, jamur, maupun bakteri meskipun memang tidak semua bakteri tersebut mati. Namun setidaknya 85% ruangan akan steril dari ketiga hal tersebut.

Jangan lupa untuk memilih AC dengan flat panel serasi. Semakin banyak fitur AC tersebut maka semakin baik. Meskipun nanti kamu harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin