Masih Bingung Dengan Komponen AC? Ini Dia Jenis dan Fungsinya! – Memiliki AC, berarti Anda setidaknya mengenali apa saja komponen yang ada di dalamnya. Kenapa seperti itu? Penyebabnya adalah ketika ada kerusakan, Anda mungkin akan segera menghubungi jasa service AC, selanjutnya teknisi akan memperbaiki AC Anda. Kerusakan pada komponen AC tertentu, sebenarnya bisa Anda cegah dengan cara merawat setiap komponen di AC tersebut.

Untuk dapat menjaga komponen AC, Anda tentu harus mengetahui terlebih dahulu apa saja yang tersusun di dalam AC. Apakah Anda masih bingung dengan komponen AC? Simak informasi berikut untuk mengetahui jenis dan fungsi komponen-komponen dalam AC!

Asal Mula AC

AC saat ini menjadi barang penting yang mesti terpasang setiap rumah khususnya di kota besar yang cuacanya panas. Kota yang berada di pinggiran pantai, atau berada di dataran rendah tentunya akan memiliki cuaca yang lebih panas. Hal itu karena Indonesia memang terletak di daerah tropis.

Dulunya, sebagai barang mahal, AC hanya ada di kantor-kantor ukuran besar, juga ada di hotel kelas atas. Namun sekarang, Anda bisa melihat bahkan hotel bintang satu saja sudah menyediakan fasilitas AC di dalam kamarnya. Bahkan sudah banyak AC yang memiliki fasilitas AC di dalamnya.

Baca Juga : Tips Memilih AC Yang Tepat Untuk Rumah Anda

AC memang sebuah terobosan teknologi yang sudah diproduksi sejak tahun 1902. Bahkan sejarah mencatat bahwa masa kerajaan Persia, Romawi, dan kerajaan besar di abad pertengahan juga sudah memperkenalkan mesin untuk menstabilkan suhu, juga menyejukkan. AC di daerah tropis seperti Indonesia memang bertujuan untuk menyejukkan ruangan, namun di negara lain yang punya musim dingin, AC juga bisa berfungsi untuk menghangatkan ruangan. Kembali ke pertanyaan awal, apa saja komponen yang ada di dalam AC? Dengan mengetahui setiap komponen dan cara menjaganya, tentunya Anda tidak harus terus menerus melakukan service AC karena ada kerusakan. Berikut beberapa komponen yang ada di dalam AC, beserta fungsinya.

Baca Juga : Komponen AC Rumahan dan Fungsinya

AC memang sebuah terobosan teknologi yang sudah diproduksi sejak tahun 1902. Bahkan sejarah mencatat bahwa masa kerajaan Persia, Romawi, dan kerajaan besar di abad pertengahan juga sudah memperkenalkan mesin untuk menstabilkan suhu, juga menyejukkan. AC di daerah tropis seperti Indonesia memang bertujuan untuk menyejukkan ruangan, namun di negara lain yang punya musim dingin, AC juga berfungsi untuk menghangatkan ruangan.

Kembali ke pertanyaan awal, apa saja komponen yang ada di dalam AC? Dengan mengetahui setiap komponen dan cara menjaganya, tentunya Anda tidak harus terus menerus melakukan service AC karena ada kerusakan. Berikut beberapa komponen yang ada di dalam AC, beserta fungsinya.

Komponen Utama

Komponen utama di dalam AC adalah kompresor, kondensator, evaporator, dan pipa kapiler. Keempatnya memiliki tugas pokok untuk mengatur suhu udara, yang menjadi fungsi utama mesin AC ini.

1. Kompresor

Kompresor bertugas sebagai jantung AC, karena bagian ini yang akan memompakan refrigeran ke seluruh bagian AC. Ada dua jenis pipa yang ada di kompresor, yakni pipa hisap untuk mengambil udara, dan pipa tekan untuk mengedarkan  refrigeran.

2. Kondensor

Kondensor memiliki tugas untuk mengubah wujud refrigeran yang tadinya gas menjadi cair. Komponen ini biasanya berada di AC outdoor dan panas dari refrigeran akan ia hembuskan ke luar ruangan.

Baca Juga : Alasan Kenapa AC Bisa Mengalami Kondensasi

3. Evaporator

Evaporator adalah bagian yang akan menyerap refrigeran cair dan melewati pipa kapiler dan berubah menjadi gas ketika melewati pipa kapiler. Udara yang diambil evaporator berasal dari luar ruangan, kemudian ketika melewati pipa yang berbentuk sirip, suhunya akan semakin turun.

4. Pipa kapiler

Pipa kapiler bertugas untuk menurunkan tekanan udara, juga menjadi pengatur aliran refrigeran yang masuk ke evaporator. Suhu yang dipengaruhi tekanan refrigeran ini akan menjadi turun sebelum keluar dari AC.

Baca Juga : Saluran Pembuangan AC Bocor? Apa Yang Harus Dilakukan

Komponen Pendukung

Dalam komponen pendukung, semua bagiannya bertugas untuk mendukung kinerja utama komponen utama. Beberapa di antaranya antara lain strainer, accumulator, blower, dan fan.

1. Strainer

Strainer bertugas untuk memastikan kotoran yang ada di refrigeran bisa tersaring dengan baik. Sedangkan accumulator bertugas untuk menampung refrigeran cair yang suhunya sudah rendah, juga menampung pelumas evaporator, untuk sementara. Aliran refrigeran ke kompresor juga dijaga untuk tetap berjalan baik oleh komponen satu ini.

2. Blower

Blower bertugas untuk menghisap udara panas, juga menghembuskan udara dingin. Sedangkan fan alias kipas, bertugas mendukung kondensator untuk menghembuskan panas dari udara, ke luar ruangan.

Komponen Elektrik

Komponen elektrik ditugaskan untuk menjadikan AC mampu bekerja dengan tenaga listrik. Beberapa komponen kelistrikan antara lain motor listrik, kapasitor, termostat, dan overload.

1. Motor listrik

Motor listrik berguna untuk mengubah energi listrik menjadi energi mekanik yang nantinya menggerakkan fan (kipas). Sedangkan kapasitor bertugas untuk menyimpan daya listrik dan mengubahnya menjadi energi untuk menyalakan mesin AC.

Bagian termostat bertugas untuk pengaturan suhu udara otomatis, serta menjalankan perintah yang berasal dari remote. Terakhir, ada overload yang bertugas untuk memutus atau memadamkan AC apabila terjadi kerusakan, kekurangan oli dan refrigeran, serta gangguan lainnya.

Baca Juga 4 Alasan Pentingnya Melakukan Service AC

2. Refrigeran

Refrigeran banyak disebut sebelumnya, adalah istilah untuk zat yang mengalir dalam sistem AC tersebut dan bertugas sebagai pendingin, dan wujudnya selalu berubah-ubah. Awalnya gas, kemudian menjadi cair, lalu menjadi gas kembali.

Demikian penjelasan tentang komponen di dalam AC, beserta kegunaan atau tugasnya masing-masing. Jadinya, untuk menjadikan AC Anda tetap hemat energi, awet, dan tahan lama, pastikan Anda melakukan perawatan berkala pada setiap komponen yang ada di dalam AC Anda dengan teknisi AC profesional AbangBenerin untuk menjaga kualitas dan umur dari AC Anda

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin