Alat Yang Diperlukan Untuk Membersihkan AC – Seperti yang sering disebutkan oleh banyak teknisi AC, bahwa AC harus mendapatkan perawatan secara rutin. Salah satu di antara perawatan tersebut adalah dengan cuci AC. Biasanya, untuk cuci AC, maka pemilik AC akan menghubungi teknisi atau cuci AC profesional.

Namun, bila ingin secara rutin melakukan cuci AC sendiri di rumah, maka Anda mesti melengkapi peralatan cuci AC Anda dengan baik. Atau mungkin, Anda ingin mendapatkan penghasilan sebagai penyedia jasa cuci AC profesional, maka deretan alat-alat berikut ini mesti Anda miliki untuk memudahkan kinerja Anda.

Apa saja alat yang diperlukan untuk membersihkan AC? Berikut ulasan alat yang diperlukan sekaligus kegunaannya.

Alat Untuk Membersihkan AC

1. Jet Pump (mesin steam) atau pompa air

Alat pertama yang bisa Anda pertimbangkan untuk mencuci AC di rumah adalah jet pump alias mesin steam. Mesin steam dengan tekanan tinggi menjadikan Anda bisa melakukan pembersihan secara maksimal pada beberapa komponen di AC indoor, juga outdoor. Beberapa komponen yang bisa Anda bersihkan secara maksimal dengan jet pump adalah evaporator, kipas, filter, kondensor, dan sebagainya.

Baca Juga : Penyebab Saluran Pembuangan AC Mampet

Apabila memiliki mesin steam terlalu “berlebihan”, atau mungkin Anda hanya untuk cuci AC pribadi di rumah dan bukan bisnis, maka Anda bisa menggantinya dengan mesin pompa air. Mesin pompa air juga mampu melakukan pembersihan dengan maksimal, meski tekanannya tidak setinggi mesin jet pump.

Terpenting, Anda membutuhkan banyak air yang bisa Anda gunakan dalam jumlah banyak.

2. Plastik Cuci AC

Plastik cuci AC, atau cover cuci AC satu ini berfungsi untuk menampung air ketika Anda mencuci AC unit indoor (dalam ruangan). Lengkap dengan selang sepanjang kurang lebih 3 meter, Anda jadi lebih mudah membersihkan AC indoor tanpa harus menumpahkan airnya ke ruangan. Alat ini juga memudahkan Anda untuk membersihkan AC indoor tanpa harus melepasnya dari rak atau dudukannya.

Baca Juga : Ini Pentingnya Cuci AC Tiga Bulan Sekali

Tentunya, bila Anda ingin membersihkan AC tanpa membuat ruangan menjadi banjir, maka plastik cuci AC ini sangat penting. Bahkan, meski Anda tidak membuka jasa cuci AC profesional sekalipun, alat cuci AC yang satu ini sebaiknya Anda miliki.

3. Pompa Vakum

Pompa vakum berguna untuk mengosongkan refrigerant dari sistem pendingin. Jadinya, gas-gas yang tidak terkondensasi dengan baik bisa hilang. Bisa jadi gas-gas tersebut berbentuk udara yang belum mendapatkan proses kondensasi, atau malah berbentuk uap air. Dengan demikian, setelah pembersihan, mesin refrigerant akan berjalan dengan baik lagi.

4. Clamp Mater

Ini juga cukup penting untuk Anda miliki, karena ketika selesai pencucian dan Anda memasang AC kembali, Anda mesti mengukur besaran arus dan tegangan dari AC tersebut. Clamp meter atau tang ampere ini mesti Anda miliki untuk melakukan pembersihan AC, bahkan freezer, dan kulkas.

5. Gauge Manifold

Alat satu ini Anda butuhkan untuk mengukur tekanan freon di dalam AC. Hal itu harus Anda lakukan setelah pembersihan atau cuci AC, sebelum akhirnya Anda gunakan lagi. Alat ini bisa digunakan ketika Anda melakukan pengisian freon, ataupun ketika akan dinyalakan saja.

Alat ini akan melihat tekanan hisap juga hembusan (suction dan discharge) dari kompresor, dan juga tekanan di kondensor. Cara pemakaiannya juga mudah untuk Anda mengerti meski Anda baru pertama kali menggunakannya.

6. Pembengkok dan pemotong pipa

Anda memerlukan pembengkok dan pemotong pipa apabila Anda harus melakukan pembengkokan dan pemotongan pipa. Pemotongan pipa misalnya, Anda memerlukannya saat Anda mengganti pipa yang sudah terkikis, terlalu kotor dan sebagainya. Hanya saja ketika memotong, Anda perlu mengukur secara detail pipa yang Anda butuhkan.

Pemotong pipa ini akan menekan pipa tembaga, sedangkan yang lainnya membuat diameter pipa menjadi lebih mengecil. Hal itu akan memudahkan Anda untuk menyambung kembali pipa, sebelum dilas agar lebih rapat dan tidak bocor.

Sedangkan pembengkok pipa Anda butuhkan ketika Anda perlu melakukan pembengkokan terhadap pipa, namun pipa tersebut tidak boleh tergencet, rusak, bocor, dan rusak.

Selain pembengkok dan pemotong pipa, sebaiknya Anda juga melengkapi peralatan Anda dengan pinch off piller. Alat terakhir merupakan alat yang mampu melakukan penggencetan terhadap pipa hingga menjadi buntu. Tentunya, hal ini Anda perlukan bila Anda ingin menutup jalur pipa, tanpa patah dan bocor.

7. Freon

Sebelum melakukan cuci AC, pastikan dulu bahwa Anda juga sudah menyiapkan freon. Sebab, bisa jadi ketika pencucian, Anda akan mendapatkan fakta bahwa freon sudah berkurang. Hal itu bisa Anda selamatkan dengan cara mengisi ulang freon. Meski demikian, freon terdiri dari berbagai jenis, dan Anda mesti menyesuaikan dengan freon yang sebelumnya digunakan oleh AC Anda.

Baca Juga : Seberapa Penting Freon Untuk AC Rumahan?

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin