Penyebab Saluran Pembuangan AC Mampet – Penyebab AC mampet perlu anda ketahui karena dapat menyebabkan berbagai kerusakan serius pada pendingin ruangan anda. AC yang buntu dan mampet seringkali tidak disadari dan kemudian hari menyebabkan kerusakan yang parah pada pendingin ruangan. Anda perlu mengenali gejala dan juga penyebab mengapa saluran pembuangan AC buntu agar bisa segera diatasi oleh orang yang professional.

Ketika AC mampet, beberapa fungsi dan fitur pada pendingin ruangan dapat terganggu. Akibatnya, pendingin ruangan bisa tidak dingin dan tidak memiliki performa maksimal untuk menghasilkan udara yang sejuk dalam ruangan. Hal-hal seperti ini dapat memperpendek usia pendingin ruangan anda. Maka dari itu, perhatikan selalu unit outdoor, indoor, maupun saluran-saluran yang ada di pendingin ruangan apakah ada kerusakan atau tidak.

Baca Juga : Tips Merawat AC Supaya Awet

Bagi anda yang sering mengalami masalah saluran pembuangan AC yang buntu dan mampet, beberapa penyebabnya ini mungkin perlu anda ketahui supaya memudahkan dalam penanganan dan pembersihannya. Simak informasinya di bawah ini.

Penyebab Saluran Pembuangan AC Mampet

Mengenali penyebab saluran pembungan AC yang buntu bisa membantu anda terhindar dari masalah lain yang lebih serius.

1. Kotor

Saluran pembuangan pada AC pada umumnya bentuknya sebuah pipa yang terbuat dari plastik lentur dan tahan air. Tidak hanya itu saja, pipa pembuangan ini juga memiliki tekstur sehingga sangat mudah kotoran, debu, dan jamur untuk tertinggal di dalamnya. Saluran pembuangan AC yang mampet bisa jadi dikarenakan pipa salurannya kotor sehingga air yang harusnya dibuang tidak bisa keluar melalui saluran tersebut. Bisanya debu dan kotoran yang menyumbat saluran pembuangan AC ini ukurannya besar sehingga menutup saluran pembuangan. Supaya hal seperti ini tidak terjadi, anda bisa dengan rajin membersihkan saluran pembuangan AC.

Baca Juga : Ini Pentingnya Cuci AC Tiga Bulan Sekali

2. Unit Outdoor Kotor

Penyebab AC mampet bisa jadi dikarenakan unit outdoor mengalami masalah. Salah satu masalah yang sering anda alami oleh system unit outdoor pada pendingin ruangan adalah kotor dan banyak residu. Sistem unit outdoor pada pendingin ruangan letaknya ada di luar ruangan, sama seperti saluran pembuangan AC. Dengan begitu, ada kemungkinan besar saluran pembuangan AC dan system outdoor terpapar debu, kotoran, dan residu dari luar yang lama-kelamaan menumpuk dan menyebabkan buntu pada saluran pembuangan AC sehingga harus melakukan perbaikan.

Hal Yang Perlu Dilakukan

Ketika saluran pembuangan AC anda mampet, ada beberapa hal yang perlu anda lakukan untuk membuatnya lancar dan normal kembali. Beberapa langkah ini mungkin bisa anda terapkan..

Pertama, temukan saklar pengaman. Hal ini bisa anda lakukan untuk membersihkan saluran pembuangan AC yang mampet. Pastikan system sudah anda matikan, kemudian pipa PVC harus mengarah dari bawah handler udara anda ke wada yang menampung tetesan air. Banyak yang berlabel “Safe-T Switch” dan memiliki tutup yang bisa terbuka. Buka tutupnya dan Anda harus menemukan saluran pembuangan yang tersumbat untuk mengetahui ada air yang telah menyentuh sensor stop di dalam pipa dan mematikan sistem ke bawah.

Kedua, gunakan vakum basah. Caranya, vakumkan air dari pipa saluran pembuangan dan wadah pembuangan. Kemudian keringkan permukaan basah lainnya karena kelembapan bisa membuat pertumbuhan jamur merusak pipa dan system AC anda.

Agak rumit ya jika anda lakukan sendiri, yaudah pakai Jasa dari Abang Benerin aja. Kamu tinggal santai – santai aja biar tim Abang Benerin yang beresin urusan AC kamu.

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin