Kenali Perbedaan AC Inverter dan Standart – Ada berbagai perbedaan AC dan jenis AC yang bisa anda temui jika anda mengulik tentang macam-macam pendingin ruangan. Beragamnya jenis AC bisa membantu anda untuk memiliki pilihan pendingin ruangan untuk dibeli sesuai dengan budget dan kebutuhan anda. Adanya perbedaan AC yang bisa anda temui bisa menjadi pembanding antara satu AC dengan yang lain untuk menemukan pendingin ruangan yang tepat bagi anda.

Perbedaan AC inverter dan standart menjadi jenis AC yang cukup banyak dicari. Perbedaan dari fitur, teknologi, dan harga membuat dua jenis AC ini dapat anda temukan. Dengan segala kekurangan dan kelebihannya, anda perlu mengetahuiperbedaanya jika anda berniat membeli pendingin ruangan.

Nah, bagi anda yang belum tahu apa perbedaan dari AC inverter dan standart, yuk simak informasinya tentang dua jenis AC tersebut di bawah ini.

Apa itu AC inverter dan Standart?

Sebelum membeli pendingin ruangan, ada baiknya anda tahu perbedaan kedua jenis AC ini agar bisa menyesuaikan dengan kebutuhan anda.

AC inverter adalah AC yang menggunakan teknologi lebih canggih dibandingkan AC biasa atau standart. Teknologi inverter tersebut memiliki cara khusus dalam pengoperasian AC yaitu dengan teknologi interver listrik yang digunakan. Konsumsi listrik untuk jangka panjang dapat lebih irit karena adanya inverter listrik.

Anda bisa menebak AC ini sesuai namanya. AC standart adalah pendingin ruangan yang menyajikan fitur standart yang umum dimiliki oleh penyejuk udara. AC ini rawan terjadi keborosan listrik karena kerja kompresor dan fiturnya cenderung begitu-begitu saja. Selain itu, AC standart juga mendominasi pasar sehingga sangat mudah untuk menemukan AC standart di berbagai toko elektronik.

Perbedaan AC Inverter dan Standart

Setelah tahu definisi dan gambaran besar dari masing-masing jenis pendingin ruangan, kini anda juga perlu untuk tahu perbedaan mendasar dari masing-masing AC.

1. Kecepatan Waktu Penyesuaian Suhu Ruangan

Dapat anda rasakan perbedaan yang paling mudah dari AC ini adalah waktu penyesuaian suhu ruangan. Anda dapat bilang bahwa AC inverter lebih modern karena memiliki kemampuan adaptasi penyesuaian suhu ruangan dengan baik sehingga bisa membuat ruangan menjadi lebih cepat sejuk.

2. Konsumsi Daya Listrik

Anda bisa perhatikan bahwa AC standart ini memang tidak terlalu bekerja keras di awal seperti AC inverter. Namun rupanya hal tersebut malah membuat konsumsi daya listrik menjadi lebih boros. Cara kerja AC standart ini akan mendinginkan ruangan sesuai suhu yang telah di atur pada remote control. Setelah suhu temperatur yang anda inginkan tercapai, mesin kompresor akan mati (stand by) dan akan menyala kembali setelah suhu temperature naik di atas suhu yang telah anda tentukan.

Proses tersebut bisa terjadi karena adanya alat bernama thermistor yakni pengatur suhu temperature. Memang proses pendinginannya cukup smooth namun kelemahannya terletak pada konsumsi daya listriknya yang jadi boros karena kurang konsisten.

Baca Juga : Cara Menggunakan AC yang Benar Agar Tetap Hemat

3. Harga

Perbedaan yang satu ini jelas sudah pasti. Adanya perbedaan harga kedua AC tersebut bukanlah hal baru lagi. Namun tentu perbedaan harga juga sangat relative tergantung merk AC yang ingin anda beli. Karena fitur dan teknologinya yang lebih modern, AC Inverter dipatok harga yang lebih mahal. Tapi anda bisa menyesuaikan lagi dengan kebutuhan anda, apakah anda benar-benar membutuhkan AC berteknologi seperti inverter atau AC biasa saja namun berfungsi normal seperti AC standart?

Baca Juga : 10 Merk AC terbaik 2021: Hemat, Dingin, dan Tahan Lama

4. Perawatan

Apakah anda tahu? Perawatan AC invertert lebih ribet dibandingkan AC standart. AC inverter punya komponen yang berbeda dan lebih rumit sehingga tidak salah jika perawatannya perlu khusus. Anda juga harus menggunakan jenis Freon yang berbeda yaitu Freon R22/R32. Sedangkan AC inverter menggunakan Freon R401 yang tentu lebih mahal. Karena komponen dari AC Inverter tidak seperti AC standar, anda perlu melakukan kontrol dan maintenance terhadap AC inverter secara rutin karena jika ada kerusakan.

Nah, setelah mengetahui perbedaan AC inverter dan AC standart, kira-kira AC jenis apa yang sesuai dengan kebutuhan anda?

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin