Mitos atau Fakta? Semakin Rendah Suhu AC Semakin Boros? – Setidaknya di kota besar, masyarakat menengah ke atas memiliki satu unit Air conditioning (AC) di rumahnya. Minimal, ada di kamarnya untuk AC 1/2 PK yang merupakan AC dengan konsumsi daya listrik paling rendah dan hemat. Penyebabnya karena AC sangat penting untuk menjaga suhu ruangan tetap sejuk ketika berada di rumah, kantor, atau ruangan lainnya.

Namun, harus kita akui bahwa AC membutuhkan daya yang sangat besar untuk bekerja menyejukkan suhu ruangan. Bahkan untuk AC 1/2 PK yang paling rendah konsumsi daya listriknya sekalipun, setidaknya membutuhkan 320 Watt untuk bisa menyala. Angka tersebut bahkan hampir dua kali lipat dari lemari es, atau bahkan televisi LCD 30 inch.

Banyak dari pemilik AC membiarkan suhu AC semakin rendah lantas mematikannya agar ruangan tetap dingin lebih lama dan tidak menggunakan listrik yang lebih banyak. Namun, apakah hal itu mitos atau fakta? Bahwa semakin rendah suhu AC akan membuat listrik semakin boros? Atau malah menghemat biaya? Berikut penjelasannya!

Mitos atau Fakta?

Muncul berbagai trik yang pemilik AC gunakan agar pembayaran menjadi semakin ringan. Salah satunya adalah menjaga suhu ruangan tetap tinggi, karena semakin rendah suhu AC maka akan semakin boros. Hasilnya, ruangan malah tidak seperti menggunakan AC. Katanya, menjaga suhu serendah mungkin akan menjadikan listrik semakin boros. Bahkan menjaga suhu ruangan tetap rendah, sehingga membuat menggigil itu dipercaya membuat tagihan listrik akan melonjak tajam.

Faktanya memang sebaiknya Anda tidak memaksa AC untuk menjaga suhu serendah mungkin. Apalagi, memaksa AC untuk membuat suhu ruangan menjadi di bawah 20 derajat Celcius. Apalagi bila Anda tinggal di dataran rendah, kota di tepi pantai, atau di kota besar.

Baca Juga : Tips Mengatur Suhu AC saat Cuaca Panas 

Penyebabnya adalah, suhu di tempat tersebut sudah tinggi. Jadinya, memang sulit untuk memaksa AC membuat suhu ruangan berada di angka belasan atau di bawah 20 derajat Celcius. Paling minimal suhu ruangan yang bisa diatur adalah sekitar 23 – 25 derajat Celcius.

Penyebab Tagihan Listrik Melonjak

Apa yang terjadi bila Anda mengatur suhu ruangan di bawah 23 derajat Celcius secara terus menerus?

Itu berarti Anda memaksa kompresor AC Anda untuk bekerja lebih keras secara terus menerus. Hasilnya adalah, semakin boros listrik dan tentunya tagihan listrik akan naik. Dengan demikian, bisa Anda simpulkan bahwa untuk menjaga listrik tetap hemat adalah menjaga suhu ruangan berada di angka 23 – 25 derajat Celcius. Suhu tersebut menjadikan Anda akan tetap nyaman, namun tidak begitu boros listrik.

Berarti, apakah semakin rendah suhu AC akan membuat listrik menjadi semakin boros? Jawabannya adalah fakta. Karena mengatur suhu di bawah 23 derajat Celcius secara terus menerus akan membuat konsumsi daya listrik semakin boros.

Baca Juga : Cara Menggunakan AC yang Benar Agar Tetap Hemat

Intinya, hemat atau tidak penggunaan AC itu tergantung dari pola pemakaian Anda. Meskipun AC inverter, atau AC yang low watt (daya rendah) namun bila memaksakan AC untuk menjaga suhu ruangan tetap sangat rendah, maka hasilnya adalah tagihan listrik Anda akan melonjak.

Tips Menjaga Suhu AC Rumah

Tips yang dapat pemilik AC gunakan adalah pastikan tirai jendela tetap tertutup ketika siang hari menyalakan AC. Hal itu sangat tepat, karena tirai akan menutup atau menyaring sinar matahari masuk ke ruangan yang akan meningkatkan suhu ruangan. Selain itu, menutup pintu dan jendela ketika menyalakan AC tentunya juga cara yang tepat untuk menjadikan listrik menjadi lebih hemat.

Baca Juga : 4 Tips Membuat Suhu Ruangan Tetap Dingin

Terpenting, untuk memastikan tagihan listrik tetap hemat adalah gunakan AC secara bijaksana. Jangan membiarkan AC hidup secara terus menerus, namun jangan pula bolak-balik menghidupkan dan mematikan AC. Misalnya, Anda hanya ingin keluar sebentar mungkin sekitar 1 atau 2 jam, maka tidak perlu harus mematikan AC.

Kenapa? Karena, ketika Anda masuk ruangan kembali, berarti suhu ruangan akan kembali naik. Itu berarti, ketika Anda menyalakan kembali, AC membutuhkan daya listrik yang besar untuk menurunkan suhu ruangan kembali seperti sebelumnya. Jadinya, bolak-balik menyalakan AC bukannya membuat Anda lebih hemat, justru membuat Anda semakin tekor karena tagihan listrik akan jauh melonjak.

Cara di atas mampu menghemat daya listrik hingga hampir separuh dari penggunaan biasanya. Dengan demikian, biaya listrik bisa ditekan lebih hemat. Selain itu, apa yang disarankan untuk tidak dilakukan, seperti menyalakan dan mematikan AC terlalu sering, dan rutin membersihkan AC agar tagihan listrik tidak melonjak tajam.

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin