AC Rumah Keluar Asap? Lakukan Ini Segera! – Meski termasuk kejadian yang jarang terjadi, namun ada kemungkinan AC di rumah Anda mengeluarkan asap. Tentunya akan membuat panik, dan menjadi pertanda bahwa Anda harus segera melakukan service AC.

Baca Juga : Ketahui Penyebab AC Hanya Keluar Angin 

Namun, hal yang perlu Anda ketahui adalah apa penyebabnya AC rumah mengeluarkan asap? Tentunya, dengan mengetahui penyebabnya, Anda juga bisa melakukan tindakan pencegahan agar hal tersebut tidak terjadi, atau tidak terulang kembali.

Berikut beberapa penyebab keluarnya asap dari AC di ruangan Anda.

Penyebab AC Rumah Keluar Asap

1. Kebocoran Freon

Ini yang dianggap penyebab paling sering ditemukan untuk AC yang tiba-tiba mengeluarkan asap. Freon merupakan zat berbentuk gas yang paling penting dalam proses pendinginan udara. Freon ini sangat berbahaya, juga mudah terbakar, sehingga jangan sampai terjadi kebocoran.

Baca Juga : Seberapa Penting Freon Untuk AC Rumahan? 

Apabila terjadi kebocoran maka ada banyak hal yang terjadi. Misalnya, AC akan bekerja dengan kurang optimal, sehingga udara akan tetap panas. Tidak hanya itu, freon yang bocor juga bisa menyebabkan keracunan dan dampak berbahaya lainnya.

Baca Juga : Harus Isi Freon Setiap Cuci AC? Benarkah? Ini Faktanya

Selain itu, kebocoran freon juga bisa menyebabkan kondisi di atas, yakni AC mengeluarkan asap. Kondisi itu mungkin terjadi karena freon memantik api dan membuat AC menjadi berasap. Apabila hal tersebut terjadi, maka akan sangat penting untuk mematikan AC terlebih dulu, lalu menghubungi service AC profesional untuk segera menyelesaikan masalah kebocoran AC tersebut. Jangan lupa untuk melindungi keluarga Anda dengan menjauhkan dari AC yang mengalami kebocoran freon.

2.  Arus Pendek

Ini cukup berbahaya, bahkan juga bisa mengakibatkan kebakaran. Selain mengeluarkan asap, juga akan timbul aroma tak sedap seperti kabel yang terbakar. Apabila hal itu yang terjadi, maka Anda harus segera memadamkan listrik di rumah dan memanggil service AC.

Baca Juga : Kenapa Listrik Turun Setelah Menyalakan AC? Ini Penyebabnya!

Atau, setidaknya Anda bisa mencabut colokan AC untuk memadamkannya. Apabila sempat muncul api, maka lakukan tindakan penyelamatan dengan menggunakan karung goni, atau kain yang basah. Arus pendek mungkin bisa terjadi karena ada kabel yang terbuka, atau hal lainnya. Biasanya, karena muncul arus pendek ini, akan terjadi korsleting listrik yang berakibat ada komponen di dalam AC yang menjadi rusak.

3. Gesekan Kipas

Bila ada masalah dengan kipas, misalnya karet yang sudah longgar atau aus, bisa menyebabkan gesekan kipas ketika dinyalakan. Hal tersebut juga bisa menyebabkan keluar asap dari AC ketika dinyalakan. Apabila hal itu terjadi, segera padamkan AC dan lakukan pergantian komponen dengan petugas service AC yang berpengalaman.

Baca Juga : AC Rumah Berisik? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

4. Kotoran di Evaporator

Ini bisa menjadi penyebab utama, dan kotornya evaporator terjadi karena jarangnya melakukan pembersihan dan cuci AC. Evaporator yang kotor mernjadikan proses pembacaan oleh thermostat menjadi tidak baik, lalu kompresor tidak bekerja dengan baik juga. Hasilnya, angin yang dikeluarkan terkadang berbentuk asap.

Penyebabnya adalah, saluran keluar udara tertutup dengan debu dan kotoran yang bertumpuk. Hasilnya, saluran udara akan tersumbat. Kemudian, akan muncul gumpalan es yang memenuhi saluran keluar, hasilnya akan muncul seperti asap kabut dari saluran keluar tersebut.

Baca Juga : Jarang Cuci AC? Ini Bahaya yang Mengintai!

Untuk menghindari hal ini, maka lakukan perawatan dan cuci AC secara rutin. Namun, bila sudah terlanjur terjadi, maka segera hubungi jasa service AC AbangBenerin untuk melakukan pembersihan dan pergantian komponen yang mungkin menjadi rusak karena hal itu.

Itu tadi beberapa hal yang bisa menyebabkan AC Anda mengeluarkan asap. Tentunya, apabila AC mengeluarkan asap, Anda jangan sampai menunda lagi untuk melakukan service AC. Sebab, ada banyak hal yang berbahaya dari kejadian tersebut.

Asap yang dikeluarkan AC itu mengandung racun yang berbahaya bagi kesehatan, sehingga membuat Anda akan jatuh sakit. Termasuk juga keluarga Anda yang ikut menghirupnya. Jadi, jangan sampai terlambat untuk melakukan service AC, ketika asap sudah keluar dari mesinnya.

Tidak hanya itu, ada juga bahaya kebakaran, korsleting listrik, dan sebagainya yang bisa berdampak pada alat elektronik lain yang ada di rumah Anda. Kebakaran bahkan juga bisa membuat kerugian yang lebih fatal. Maka dari itu, teliti benar keadaan AC Anda ketika menyala, apakah ada asap yang keluar atau tidak.

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin