Jarang Cuci AC? Ini Bahaya yang Mengintai! – Menggunakan air conditioning (AC) di rumah tentunya menjadi pilihan bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia. Hanya saja, kebanyakan tidak terbiasa untuk merawatnya. Salah satu perawatan dari AC yang mesti rutin Anda lakukan adalah cuci AC. Perlu Anda ketahui, apabila Anda jarang cuci AC akan ada bahaya yang mengintai Anda.

Setidaknya, Anda mesti melakukan cuci AC selama 3 bulan sekali. Apabila sampai satu tahun pencucian AC tidak kunjung Anda lakukan, maka akan ada banyak hal yang terjadi dan berbahaya bagi tubuh Anda.

Mencuci AC bertujuan agar AC tetap bekerja maksimal dan mampu menjaga udara tetap steril dan bersih. Tidak hanya itu, AC juga terhindar dari kerusakan karena kebocoran dan penyebab lainnya. Apabila hal itu terjadi, maka Anda harus mengganti AC yang tentunya mengeluarkan biaya lebih banyak lagi.

Ini bahaya yang mengintai apabila Anda jarang melakukan cuci AC secara rutin!

Bahaya AC yang Jarang Dicuci

1. AC Kotor dan Berdebu

Satu hal yang pasti ketika Anda jarang atau tidak melakukan cuci AC secara rutin adalah AC Anda menjadi kotor dan berdebu. Tentunya, kotoran tersebut akan mengakibatkan kuman yang berbahaya bagi tubuh Anda. Di AC ada filter atau penyaring yang bertujuan untuk memastikan partikel yang mengandung kuman, bakteri, dan kotoran di ruangan bisa terhisap dengan baik.

Jadinya, udara yang dihembuskan AC adalah udara yang bersih dan sejuk. Bayangkan bila filter tersebut sudah kotor dan partikel udara halus akan membawa kuman dan bakteri yang tersangkut di filter lalu tersebar ke seluruh ruangan. Akibatnya adalah pernapasan Anda terganggu, dan tentunya paru-paru Anda akan menjadi gampang terserang penyakit.

Anda bisa menguji kebersihan udara yang dihembuskan AC Anda dengan menggunakan kain putih bersih yang diletakkan di lubang AC. Kain putih tersebut dibasahkan terlebih dulu, agar apa yang dihembuskan AC bisa menempel di kain itu. Lalu tempelkan selama 1 menit, bagaimana jadinya kain tersebut? Apapun yang terlihat di kain itu, maka itulah kurang lebih kualitas udara yang dihembuskan AC Anda dan langsung terhirup oleh Anda yang berada di ruangan. Bayangkan bila kain putih tersebut berubah menjadi abu-abu bahkan kehitaman hanya dalam 1 menit, bagaimana Anda menghirup udara dari AC itu semalaman?

Baca Juga : Ini Pentingnya Cuci AC Tiga Bulan Sekali

2. Gangguan Paru-paru dan Pernapasan

Udara kotor yang AC Anda hasilkan tentunya akan sangat berbahaya bagi pernapasan. Paru-paru Anda tentunya sangat terdampak dengan udara yang kotor tersebut. Anda mungkin saja tidak menyadari apa saja yang terhirup oleh tubuh Anda, karena partikelnya sangat kecil.

Namun, dalam waktu tertentu, bakteri atau kuman yang terhirup tersebut akan menyebabkan gangguan serius pada pernapasan Anda. Maka, penyakit seperti asma, ISPA, dan batuk sering menyerang dengan cepat. Dalam waktu yang lama, bisa mengakibatkan hal lain yang lebih buruk.

Baca Juga : Waspada Gangguan Penyakit Akibat Udara Kotor di Rumah

3. Sakit Kepala

Jarang cuci AC akan mengakibatkan Anda terserang sakit kepala ketika berada di ruangan ber-AC. Bisa saja penyakit itu karena “sick building syndrome” yang biasa menerpa orang-orang yang tidak terbiasa berada di ruangan yang dingin. Namun, ada hal lain seperti kuman dan bakteri juga ikut memberi dampak pada gejala tidak enak badan, yang akhirnya membuat sakit kepala.

Tentunya, akan lebih aman bila Anda melakukan cuci AC secara rutin agar terhindar dari masalah tersebut.

Baca Juga : Tips Merawat AC Supaya Awet

4. Legionaires

Penyakit yang bisa menyerang Anda ketika terpapar dengan udara kotor adalah legionaires. Penyebab penyakit ini berasal dari bakteri jenis legionella pneumopie yang biasa berkumpul di AC yang kotor. Bila Anda terserang penyakit ini, maka tubuh Anda akan lebih cepat lelah, serta sering menderita nyeri.

Lanjutannya, Anda akan mulai merasakan sakit kepala, batuk-batuk, hingga demam tinggi. Karena itu, Anda mesti memastikan AC tetap bersih agar bakteri yang tersebut tidak bertumpuk di dalam AC dan menyebar ke seluruh ruangan ketika Anda menyalakan AC

5. Kulit Kering

Penggunaan AC terlalu lama memang bisa berdampak pada kulit tubuh Anda. Kulit Anda bisa jadi akan menjadi lebih cepat kering, juga cepat muncul tanda-tanda penuaan dini. Namun, teknologi terbaru dari AC membuat penyakit tersebut cukup sulit menyerang.

Berbeda bila AC Anda jarang dicuci dan dibersihkan. Maka AC justru akan merusak kelembaban udara, serta membuat udara menjadi lebih kotor. Hasilnya, tentunya kesehatan kulit Anda menjadi berisiko. Agar terhindar dari masalah kulit kering, sebaiknya lakukan cuci AC dengan rutin minimal 3 bulan sekali dengan jasa teknisi profesional AbangBenerin.

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin