Kenali Berbagai Fungsi Mode pada Remot AC – Tentunya, ketika Anda membeli dan memasang AC di rumah Anda, maka Anda akan menggunakan remot untuk mengendalikan operasi AC tersebut. Hal itu tentunya karena pemasangan AC cukup tinggi, setidaknya 2,5 meter dari lantai sehingga Anda tidak bisa melakukan set tertentu dengan cara manual.

Tombol tersebut nyaris sama baik di AC biasa atau standar, maupun di AC yang low watt alias AC daya rendah. Tentunya, di rumah Anda akan lebih baik menggunakan AC daya rendah agar konsumsi listrik lebih hemat. Meski demikian, tombol-tombol yang ada di AC akan nyaris sama.

Namun, penggunaan yang salah pada remot AC dapat menyebabkan kerugian baik pada AC maupun untuk diri Anda sendiri. Maka itu penting untuk anda mengenali berbagai fungsi mode pada remot AC Anda sehingga Anda dapat mengoperasikan AC dengan baik dan benar.

Tombol Pada Remot AC

Anda bisa melihat di remot AC Anda saat ini, bukankah ada banyak tombol yang ada di sana? Berikut penjelasan beberapa bagian yang ada di remot AC Anda.

1. Transmiter

Transmiter adalah “ciri khas” dari sebuah remote, yang bertugas mengirimkan operasi atau perintah ke receiver. Nah, agar proses pengiriman perintah berjalan dengan baik, maka posisi transmitter harus selurus dengan receiver. Tentu, setiap AC akan memiliki kemampuan berbeda-beda untuk urusan jarak optimal dari transmitter ke receivernya.

2. Display

Layar kecil LED yang menunjukkan berapa besaran suhu, dan aturan lain seperti mode tertentu yang sedang dilakukan oleh AC. Lewat layar display ini, Anda bisa memastikan berapa suhu yang diperlukan, serta mode yang dilakukan oleh AC Anda.

3. Temperatur

Tombol ini yang diperlukan untuk menaikkan atau menurunkan suhu dari AC.

4. Timer

Tombol satu ini bertujuan untuk set waktu menyala, atau waktu padam dari mesin AC Anda. Jadi, misalnya Anda memasang timer ketika tidur dan set waktu AC akan mati pada pukul 07.00 pagi. Tentunya, tombol satu ini akan sangat berguna bila Anda adalah orang yang sibuk dan akan meninggalkan rumah di pagi hari sekali. Lebih baik menggunakan mode timer ini, ketimbang Anda lupa mematikan AC seharian. Tombol ini akan membantu Anda untuk lebih menghemat listrik karena penggunaan AC.

5. Air Swing

Tombol ini ditujukan untuk mengubah arah hembusan angin dengan cara mengatur arah swing. Biasanya, arahnya naik, turun, atau bergeser ke kiri dan kanan, sesuai kebutuhan Anda.

Baca Juga : Mengatur Remote AC Dengan Benar Supaya Dinginnya Maksimal 

Fungsi Mode

Tentunya ini akan berbeda-beda di setiap AC, karena setiap unit AC akan memiliki fungsi tersendiri yang khas. Justru mode inilah yang menjadi kekuatan dari setiap brand AC, baik untuk AC standar, AC daya rendah, hingga AC inverter. Itulah kenapa, ada remot AC yang lebih banyak tombolnya ketimbang merek lain.

Namun demikian, ada beberapa mode yang dimiliki oleh hampir semua jenis AC. Berikut penjelasan  berbagai fungsi mode di AC Anda. Beberapa Tombol Mode yang Ada di AC serta Kegunaannya

1. Cool Mode

Cool mode memiliki fungsi untuk membuat AC menjadikan ruangan lebih dingin. Tentunya, Cool mode akan sangat berguna ketika cuaca di luar lebih panas, dan AC akan melakukan pengaturan otomatis untuk menjadikan ruangan lebih dingin ketimbang luar.

Baca Juga : Tips Mengatur Suhu AC saat Cuaca Panas

2. Dry Mode

Dry mode alias “mode kering” sering digambarkan atau disimbolkan dengan lambang air (setetes air). Tapi jangan bingung, karena dry mode memang bertujuan untuk menghilangkan atau mengurangi kandungan air pada udara yang terserap dan AC Anda hembuskan. Jadinya, udara terasa lebih kering karena kelembaban udara berkurang.

3. Fan Mode

Fan mode sebenarnya berfungsi untuk membuat AC outdoor tidak bekerja, jadi hanya AC indoor saja yang bekerja. Dengan demikian, kerja AC menjadi lebih mirip dengan kipas angin, karena hanya memusatkan udara yang ada di satu ruangan saja.

4. Auto Mode

Dengan fungsi auto, maka AC akan bekerja dengan pintar dan menyesuaikan dengan keadaan. Tentunya, hasil dari penggunaan mode satu ini akan berbeda-beda di setiap AC, tergantung dengan kekuatan, teknologi, dan hal lainnya. Meski demikian, bukan berarti AC daya rendah akan lebih kurang maksimal ketimbang AC daya yang lebih tinggi. Karena, bukan hanya daya yang penting untuk mode otomatis, tapi apa teknologi yang ada di dalam mesin AC tersebut.

Itu tadi beberapa fungsi dan penjelasan dari tombol-tombol yang ada di remot AC, apakah penggunaan remot AC Anda selama ini sudah tepat?

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin