Penyebab AC Bocor Setelah Dicuci AC bocor padahal sudah dicuci? AC adalah alat elektronik yang sangat bermanfaat untuk mendinginkan ruangan. Saat ini semakin banyak orang yang menggunakan AC . Apalagi Indonesia memiliki suhu yang lebih panas daripada negara lain di Asia Tenggara. Bahkan di beberapa daerah malah suhunya bisa ekstrem. Jadi, salah satu solusinya adalah membeli AC. Namun jangan lupa untuk merawat AC tersebut.

Baca Juga : Jangan Panik! Ini Cara Mengatasi Error EC pada AC

AC memang harus selalu Anda rawat. Jangan hanya menggunakan AC tanpa memperhatikan kondisi AC tersebut. Kamu perlu melakukan perawatan secara rutin agar pendingin ruangan tersebut awet dan bisa kamu gunakan dalam jangka waktu yang lama. Pembersihan pada AC perlu Anda lakukan untuk menghilangkan debu, kotoran, maupun memastikan bagian-bagian AC bekerja dengan baik.

Namun terkadang AC yang sudah dicuci tersebut malah mengalami kebocoran. Terkadang menemukan kebocoran yang terjadi cukup sulit dan merepotkan. Apalagi bagi orang awam yang memang tida pernah mengalami kondisi ini sebelumnya. Kebocoran yang terjadi biasanya berupa tetesan air yang berasal dari bagian indoor. Tetesan tersebut bahkan bisa menyebabkan kerusakan jika di bawahnya ada perangkat elekronik seperti HP atau TV.

Penyebab AC Bocor Pasca Dibersihkan

Di sini mungkin kamu mulai penasaran, kira-kira apa yang menyebabkan AC mengalami kebocoran padahal sudah kamu bersihkan? Ternyata ada beberapa penyebab AC tetap bocor bahkan setelah kamu bersihkan. Untuk itu kami akan menjelaskan apa saja penyebabnya sehingga kamu bisa mengetahui bagaimana cara mengatasi permasalahan tersebut.

1. Pipa Suction Mengalami Kebocoran

Penyebab kebocoran yang terjadi bisa berasal dari pipa suction yang mengalami kebocoran. Bagi yang belum tahu, pipa ini berfungsi untuk mengalirkan udara dingin yang berasal dari kompresor. Karena udara yang AC alirkan dingin kurang lebih 10 derajat celcius, maka pipa tembaga ini berpotensi mengalami kondensasi sebab adanya perbedaan suhu dengan ruangan.

Baca Juga : Hindari Hal Ini Untuk Mencegah AC Bocor

Maka dari itu, jangan lupa untuk membungkus pipa ini dengan pembungkus berwarna putih seperti busa. Pembungkus pipa tersebut bernama Armaflex. Namun bisa saja Armaflex yang menjadi sebab terjadinya kebocoran. Akibatnya, air akan mulai menetes. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengganti Armaflex tersebut.

2. Kurangnya Freon

Penyebab AC bocor juga bisa karena kurangnya freon. Biasanya kondisi ini juga berbarengan dengan AC yang tidak mengeluarkan angin. Kondisi ini terjadi karena gas refrigerant yang bocor atau takarannya di bawah 50 psi. Hal ini mengakibatkan proses pendinginan menjadi kurang maksimal. Akibatnya, yang terjadi hanya frozen.  Bagi yang belum tahu, frozen merupakan kondisi berupa timbulnya bunga es yang ada di evaporator.

Baca Juga : Harus Isi Freon Setiap Cuci AC? Benarkah? Ini Faktanya

Frozen menyebabkan air menetes dan tidak jauh ke tempat talang air. Jadi, meskipun kamu sudah membersihkan AC, namun masalah ini masih akan muncul. Jadi, yang harus kamu lakukan adalah dengan mengecek tekanan gas yang ada di refrigerant di sambungan nepel pada outdoor AC. Selain itu, kamu juga perlu mengecek bagian sambungan atau pipa karena kebocoran juga bisa berasal dari situ.

3. Kesalahan dalam Pemasangan AC

Membongkar dan memasang AC memang tidak bisa sembarang orang lakukan. Harus orang-orang yang berpengalaman yang sebaiknya untuk melakukannya. Terkadang orang berpengalaman namun tidak berhati-hati pun juga bisa menyebabkan masalah pada AC. Kesalahan di dalam pemasangan AC juga berpotensi mengakibatkan AC bocor.

Baca Juga : Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Pasang AC

Secara umum, posisi lubang yang berfungsi sebagai tempat pembuangan air yang berasal dari evaporator berada di belakang nampan air. Jadi, ketika pemasangan indoor AC, posisinya harus agak miring ke belakang. Tujuannya adalah agar air bisa langsung mengalir dengan lancar menuju pipa pembuangan.

Baca Juga : Penyebab Saluran Pembuangan AC Mampet

Maka dari itu, kamu perlu mengecek posisi indoor AC tersebut. Pastikan semunya sudah terpasang dengan benar agar tidak sampai terjadi kebocoran. Dengan mengatur posisi nampan air dengan benar, maka kebocoran bisa Anda atasi dan tidak malah semakin parah.

Demikian informasi tentang apa saja penyebab dan bagaimana cara mengatasi AC bocor setelah dibersihkan. Semoga informasi ini membantumu yang mungkin sekarang mengalami permasalahan AC bocor setelah dibersihkan atau dicuci. Semoga bermanfaat.

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin