Apa Itu Freon AC? Kenali Pengertian dan Fungsinya untuk AC – Kamu memiliki AC di rumah? Apa kamu tahu apa itu freon? Freon adalah senyawa yang dipakai sebagai bahan bakar yang memperlancar sistem kerja Air Conditioner. Adanya freon berguna untuk membuat AC menghasilkan udara yang lebih sejuk. Apalagi Indonesia merupakan negara beriklim tropis. Bahkan ada beberapa daerah yang memiliki suhu cukup panas daripada daerah yang lain.

Ini membuat beberapa ruangan seperti kamar, kantor, rumah sakit, ruko, dan lain-lain memerlukan AC. Ketika ruangan sejuk, ini akan memberikan kenyamanan bagi siapa saja yang ada di dalam ruangan tersebut. Bahkan bisa bermanfaat untuk meningkatkan konsentrasi ketika bekerja karena tubuh kita tidak selalu merasa kepanasan dan gatal.

Seputar Freon AC

Sebenarnya nama freon cukup familiar. Akan tetapi, ada beberapa orang yang sepertinya belum memahami apa itu freon. Beberapa orang lainnya berpendapat bahwa freon adalah bagian yang membuat AC mampu memberikan udara yang dingin tanpa memahami seperti apa bentuk dari freon itu sendiri.

Freon adalah campuran zat yang nantinya akan masuk ke pompa agar bisa membentuk sebuah sirkulasi pendingin. Komponen AC itu berbentuk cair yang nanti akan berubah bentuk menjadi gas dan kembali lagi. Komponen ini bukan hanya bisa kamu temukan di AC melainkan di barang-barang elektronik lainnya seperti kulkas. Jika freon tidak ada, maka barang-barang elektronik tersebut tidak bisa menghasilkan udara dingin.

Baca Juga : Apa Saja yang Dicek Saat Maintenance AC?

Itu artinya, AC sangat bergantung pada freon. Freon adalah bahan bakar dari AC yang memberikan udara dingin ke ruangan. Jadi, ketika tidak ada freon maka AC yang ada di rumahmu tidak akan mengeluarkan udara yang dingin. Selain itu, freon juga berperan sebagai fluida yang selanjutnya akan menyerap panas maupun kotor.

Lalu seperti apa wujud freon? Kamu tidak bisa melihat wujud freon secara kasat mata. Tapi kamu bisa mengukur tekanannya menggunakan alat khusus. Selain itu, senyawa ini juga tidak mempunyai bau maupun warna sehingga akan sulit mengenalinya.

Fungsi Freon AC

Setelah mengetahui pengertian freon, informasi selanjutnya adalah tentang fungsinya. Fungsi freon adalah untuk bahan bakar AC yang selanjutnya akan menghasilkan udara sejuk ke ruangan. Zat ini akan berubah bentuknya dari cair ke gas dan akan keluar ke ruangan. Jadi, ruangan yang kamu gunakan saat ini terasa sejuk karena adanya freon.

Baca Juga : Seberapa Penting Freon Untuk AC Rumahan?

Ketika pemasangan AC, proses pengisian freon harus benar-benar diperhatikan. Pengisian zat ini harus berada dalam pengawasan serta benar-benar sesuai dengan prosedur pengisian yang berlaku. Tujuannya agar tidak sampai mencampuri udara. Lalu apa yang terjadi jika freon sampai keluar ke udara dan manusia hirup?

Akibatnya manusia tersebut berpotensi mengalami keracunan. Bukan tidak mungkin orang tersebut juga bisa mengalami permasalahan kesehatan yang malah lebih kritis. Maka dari itu, pengisian freon memang harus dilakukan dengan sangat hati-hati. Jangan sampai mengisinya sembarangan karena kerugiannya bis sangat fatal.

Baca Juga : Ciri Freon AC Habis yang Bisa Membahayakan Keluarga

Itu artinya, pemasangan freon harus benar-benar dilakukan oleh ahlinya. Dengan begitu, proses pemasangan freon akan sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Ciri Freon AC Habis

Apakah freon tersebut tidak pernah habis? Seiring dengan penggunaan AC dalam jangka waktu yang lama, tentu saja freon akan habis. Lalu apa saja ciri-ciri yang mengindikasikan freon sudah habis?

1. AC Tidak Dingin

Sebuah ciri yang sangat umum di mana komponen ini memang berfungsi untuk membuat AC mampu mengeluarkan udara dingin. Ketika komponen ini sudah mulai habis, kamu akan merasa bahwa AC sudah mulai tidak dingin lagi. Kamu bisa mengeceknya dengan mengatur suhunya agar lebih rendah. Jika ternyata masih tidak dingin, kemungkinan besar freon sudah habis.

Baca Juga : Udara AC Panas? Ini Sebabnya

2. Lampu Indikator pada AC Berkedip

Di dalam AC terdapat lampu indikator. Lampu ini akan otomatis berkedip ketika AC mendeteksi adanya masalah. Salah satunya adalah menunjukkan bahwa freon sudah habis. Jadi kamu perlu melakukan pengecekan untuk memastikan apakah freon memang sudah habis atau belum.

3. Outdoor Tidak Panas

Salah satu komponen AC yaitu outdoor dipasang di luar ruangan. Jika outdoor tidak lagi panas, kemungkinan freon sudah habis. Jadi kamu juga perlu mengecek bagian ini juga.

Baca Juga : Outdoor AC Mati dan Tidak Dingin? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin