Seberapa Penting Freon Untuk AC Rumahan? – Di kota besar terutama yang suhunya panas, seperti Jakarta, penggunaan air conditioning (AC) bukanlah hal yang asing lagi. Kebanyakan rumah menggunakan AC rumahan untuk memastikan suhu udara di rumah mereka tetap sejuk. Apabila Anda mengenal AC, maka seharusnya Anda juga mengenal istilah freon. Apakah Anda masih asing dengan istilah freon?

Freon atau sering pula disebut refrigerant adalah senyawa kimia berbentuk gas. Komponen memiliki tugas paling penting di dalam AC, karena bertugas untuk menyerap pendingin yang akhirnya menyejukkan ruangan Anda. Namun, seberapa penting freon untuk AC rumahan?

Freon adalah istilah untuk senyawa kimia yang bertugas untuk mendinginkan, karena itu freon ini sangat penting dan berguna di dalam kulkas, dan tentunya AC.

Baca Juga : Harus Isi Freon Setiap Cuci AC? Benarkah? Ini Faktanya 

Alat ini terdiri dari berbagai jenis fluida, antara lain Chlorodifluorocarbon (CFS), Hydrochlorofluorocarbon (HCFC), Hydrofluorocarbon (HFC), Hydrocarbon (HC), serta berbagai jenis lainnya. Ada juga yang jenisnya lebih natural sehingga langsung dari alam. Karena merupakan senyawa kimia berbentuk gas, freon ini memiliki bahaya apabila tidak Anda gunakan dengan baik. Bahkan, kesalahan penggunaannya bisa mengakibatkan gangguan pada kesehatan.

Zat yang ada dalam freon sangat berbahaya bila terlepas ke udara secara langsung. Karena itu, sangat penting memastikan bahwa freon ini tidak bocor. Biasanya, karena instalasi AC mengalami kebocoran, maka freon akan menyebar. Menghirup freon secara langsung akan mengakibatkan dampak yang serius bagi kesehatan manusia.

Jenis-jenis Freon

Ada jenis freon yakni freon R22 justru sudah dilarang untuk produksi di Indonesia sejak tahun 2015. Penyebabnya adalah Freon satu ini memiliki potensi pemanasan dan pengrusakan ozon dengan poin 0,05. Padahal, freon jenis lain hanya memiliki nilai 0.

Freon yang sering kali AC gunakan, terutama untuk jenis AC inverter adalah R410A yang tidak memiliki potensi untuk pengrusakan ozon. Freon satu ini juga tidak mudah terbakar, sama seperti R22. Namun, kekurangannya adalah potensi untuk pemanasan global cukup tinggi dan lebih tinggi dari R22.

Untuk kebutuhan rumah tangga, maka Freon yang sering digunakan adalah jenis R32. Ini adalah jenis freon yang lebih ramah lingkungan dengan potensi pemanasan global dan pengrusakan ozon jauh lebih rendah ketimbang jenis freon sebelumnya.

Baca Juga : Ciri Freon AC Habis yang Bisa Membahayakan Keluarga

Sebenarnya ada freon yang kemungkinan potensi pemanasan global, dan pengrusakan ozonnya paling rendah bahkan 0. Freon yang dimaksud adalah R290, yang merupakan freon paling ramah lingkungan di antara semuanya. Hanya saja, kekurangannya sangat mudah terbakar. Sehingga banyak kejadian kebakaran yang disebabkan freon satu ini. Hasilnya, produksi freon jenis ini dihentikan oleh banyak perusahaan AC terkemuka.

Pentingnya Freon untuk AC rumah tangga

Rata-rata produksi AC terutama di era terdahulu, menggunakan freon sebagai pendinginnya. Bahkan, tidak hanya AC untuk industri yang skala besar seperti AC di mall, kantor, atau cafe, tapi juga di rumahan masih banyak yang menggunakan alat ini.

Koil dan kompresor akan membantu AC untuk bekerja. Sistem kompresor akan memampatkan gas, kemudian ketika panas gas tersebut akan mengalir ke dalam koil. Di dalam koil gas itu akan menjadi cairan, dan cairan itu yang akan menyerap panas dari udara luar yang AC hirup.

Baca Juga : Komponen AC Rumahan dan Fungsinya

Nah cairan inilah yang kemudian telah dingin lagi dan kembali menjadi gas sebelum AC hembuskan ke seluruh ruangan. Namun, untuk mendinginkannya, itu adalah tugas freon. Freon memastikan proses pendinginan menjadi berjalan dengan baik dan optimal.

Namun, jangan sampai terjadi kebocoran gas freon karena akan berdampak fatal bagi Anda. Oleh karena itu, pastikan bahwa instalasi AC dengan tenaga yang profesional di bidangnya. Sehingga dampak buruk dari kebocoran freon bisa Anda hindari.

Itu tadi penjelasan tentang pentingnya Freon di dalam AC yang tentunya berguna dalam berbagai jenis AC meski berdaya rendah. Karena itu, Freon sangat penting karena kerja AC akan menjadi optimal. AC yang tersebut tentunya termasuk AC rumahan yang ada di rumah Anda. Freon biasanya akan bertahan hingga 3-4 tahun, bahkan lebih apabila perawatan dan pembersihan dilakukan secara rutin. Apabila Freon di AC Anda habis, atau berkurang, maka untuk menjaganya tetap optimal silahkan hubungi jasa service AC untuk melakukan pengisian ulang.

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin