Hindari Hal Ini Untuk Mencegah AC Bocor – Ingin membeli AC? Atau kamu sudah memiliki AC di rumah? AC atau Air Conditioner adalah alat elektronik yang berguna untuk mendinginkan ruangan. Apalagi kita tahu Indonesia merupakan negara beriklim tropis. Bahkan ada beberapa daerah yang suhunya lebih tinggi. Di era sekarang, memiliki AC sudah menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi.

Baca Juga : Lakukan Ini Ketika AC Rumah Bocor

Dengan memiliki AC, maka ruangan menjadi lebih sejuk. Kita juga bisa lebih nyaman berada di dalam ruangan tersebut. Apalagi ketika harus melakukan aktivitas seperti bekerja yang membuat kita bisa berkonsentrasi tanpa perlu merasa panas.

Ada banyak merek AC yang beredar di pasaran. Semuanya menawarkan kelebihannya masing-masing. Apa pun AC yang kamu beli, kamu harus merawat AC tersebut agar performanya tidak menurun. Jangan hanya menggunakan AC tanpa memperhatikan kondisinya sehingga menyebabkan AC bocor.

Beberapa Cara untuk Menghindari AC Bocor

Ada beberapa tips penting yang harus kamu perhatikan agar AC di rumahmu tidak mengalami kebocoran. Apa saja tips tersebut? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Servis Secara Rutin

Apa pun merek AC yang kamu gunakan, tentunya harus kamu servis secara berkala. Yang harus kamu lakukan adalah dengan rutin mengecek kondisi AC. Jika kamu belum berpengalaman dan tidak tahu kapan waktu terbaik untuk servis AC, kamu bisa bertanya ke toko tempat kamu membeli AC.

Baca Juga : Perhatikan Hal Berikut Ini Sebelum Service AC

Namun secara umum memang pengecekan perlu dilakukan selama minimal 2 bulan sekali. Meskipun mungkin akan berbeda karena tergantung dari seberapa sering kamu menggunakan AC . Jadi, tetap perlu bertanya ke toko. Dari sini kamu akan mendapatkan informasi mengenai kapan waktu terbaik untuk servis AC. Dengan begitu, kamu bisa menghindari masalah AC bocor yang berpotensi membahayakan kesehatanmu.

2. Cek Saluran Pembuangan

Setiap AC sudah pasti memiliki saluran pembuangan. Fungsinya adalah untuk membuang air yang berasal dari unit AC. Dikarenakan saluran ini selalu dalam kondisi basah, maka ketika ada sedikit kotoran bisa mengakibatkan jamur maupun lumut tumbuh di sekitar saluran pembuangan tersebut. Akibatnya, saluran pembuangan menjadi tersumbat. Ketika penyumbatan sudah semakin besar, kondisi ini berpotensi mengakibatkan kebocoran. Maka dari itu, selalu cek kondisi saluran pembuangan AC dan jangan sampai ada lumut maupun jamur yang menumpuk.

Baca Juga : Penyebab Saluran Pembuangan AC Mampet

3. Cek Saluran Kondensasi

Cara lainnya yang juga bisa kamu lakukan untuk mencegah terjadinya AC bocor adalah dengan mengecek saluran kondensasi. Bagi yang belum tahu, saluran kondensasi merupakan saluran yang digunakan sebagai tempat masuknya udara yang hangat dan lembap. Udara tersebut kemudian akan ditiupkan menuju saluran kondensasi agar dingin.

Baca Juga : Alasan Kenapa AC Bisa Mengalami Kondensasi

Ketika kamu menggunakan AC dalam waktu lama serta tidak kamu bersihkan, kemungkinan besar saluran ini juga akan mengalami penyumbatan. Pada akhirnya saluran tersebut juga bisa mengalami kebocoran. Maka dari itu, kamu perlu mengecek saluran kondensasi secara rutin agar tidak sampai terjadi kebocoran AC.

4. Perhatikan Ketika Memasang AC

Terkadang proses pemasangan AC yang kurang tepat juga berpotensi menyebabkan kebocoran. Memang ini terkesan sederhana namun ketika memasang AC, kamu harus melakukannya dengan hati-hati. Kamu juga harus mengecek setiap bagian atau komponen apakah sudah terpasang secara tepat atau belum.

Baca Juga : Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Pasang AC

Maka dari itu, kami menyarankan lebih baik kamu meminta orang lain yang memang ahli dalam instalasi AC. Jangan memaksa untuk memasang AC sendiri agar tidak sampai terjadi hal-hal yang tidak Anda inginkan. Akan lebih baik jika kita mengeluarkan biaya pemasangan AC daripada harus menanggung risiko AC mengalami kebocoran.

5. Jangan Sampai Koil Evaporator Membeku

Cara mencegah AC bocor yang kelima adalah jangan sampai kamu membiarkan koil evaporator membeku. Setiap AC tentunya mempunyai koil evaporator yang letaknya di dalam unit AC. Ketika koil tersebut mengalami pembekuan, maka secara perlahan-lahan proses pelelehannya akan berlangsung relatif lambat.

Kemudian akan berakibat pada munculnya tetesan air. Ketika tetesan air sudah semakin banyak, akan menyebabkan AC mengalami kebocoran. Untuk itu sangat penting mengecek bagian koil evaporator dan jangan membiarkannya membeku.

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin