Suhu Ideal di Dalam Ruangan: Pengaturan AC yang Tepat untuk Kenyamanan – Pada saat cuaca sedang panas, AC bisa menjadi penolong bagi penggunanya. Alat pendingin udara yang satu ini semakin digemari di Indonesia belakangan ini. AC (Air Conditioner) berfungsi sebagai pendingin udara yang menjaga suhu ruangan agar tetap nyaman dan sejuk. Perangkat elektronik ini menggunakan sistem pengaturan suhu dengan menggunakan remote AC yang disediakan dalam satu paket ketika membeli AC tersebut. Meskipun mengatur remote AC terdengar mudah, Anda tidak boleh meremehkannya. Hal ini dikarenakan fungsi AC sebagai pendingin ruangan bisa saja tidak Anda dapatkan jika pengaturan remote salah. Remote AC yang diatur dengan tepat akan dapat mengatur suhu ideal di dalam ruangan, seperti kelembaban, timer, suhu, hingga pengaturan lainnya.

Pendingin udara yang menghasilkan udara dingin maksimal melalui pengaturan yang tepat. Sayangnya, hampir kebanyakan orang melakukan kesalahan dalam proses pengaturan suhu ruangan, misalnya angin yang terlalu kencang atau AC yang terasa panas. Untuk itu, Anda perlu menyimak beberapa cara khusus untuk mendapatkan suhu yang ideal pada ruangan Anda:

Tips Khusus Untuk Suhu Ideal di Dalam Ruangan

1. Pastikan AC Sudah dalam Mode Cool

Hampir setiap merk AC memiliki beragam mode yang sama, seperti cool, dry, fan, dan auto, yang masing-masing memiliki fungsi berbeda. Ketika Anda ingin merasakan dingin pada ruangan dengan segera, maka hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah pengaturan mode pada remote AC. Pastikan pengaturan mode dalam posisi tanda bintang (*) atau cool. Mode ini bukan hanya untuk mengeluarkan udara dari dalam kipas saja, melainkan udara yang dihasilkan bisa sejuk dan dingin pada seluruh ruangan.

2. Mengetahui Suhu yang Tepat untuk Ruangan

Sebenarnya suhu ruangan perlu Anda ketahui sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan AC pada ruangan tersebut. Untuk ruangan yang luas dengan AC 2 PK, misalnya, suhu standarnya berkisar antara 22 hingga 25 derajat Celcius yang bisa membuat penghuninya merasa dingin dan sejuk.

3. Menurunkan Suhu Secara Bertahap

Pengaturan suhu AC pada tahap awal sebaiknya hindari dengan derajat yang paling rendah, yaitu 16-18 derajat. Karena ternyata hal ini bisa membuat AC cepat rusak karena AC akan bekerja lebih keras dan memakan banyak daya listrik. Untuk itu, lebih baik Anda menurunkan suhunya secara perlahan dan bertahap dengan jarak minimal 15 menit.

4. Pakai Mode Swing

Pengaturan suhu ideal di dalam ruangan yang selanjutnya adalah menggunakan mode swing, yaitu daun unit indoor yang bergerak terbuka dan tertutup secara bergantian. Mode ini akan membuat ruangan menjadi cepat sejuk dan dingin secara maksimal. Anda bisa mengaturnya melalui remote AC dengan menekan tombol swing.

5. Menetapkan Suhu Tertentu

Tips selanjutnya untuk mengatur suhu ideal di dalam ruangan adalah dengan menetapkan suhu tertentu menggunakan remote AC. Misalnya, Anda menggunakan suhu 19 derajat. Maka, mesin kompresor akan mati otomatis jika suhu ruangan sudah mencapai 19 derajat dan akan hidup kembali setelah suhu ruangan mulai naik. Dengan mengatur suhu seperti itu, tingkat dingin pada ruangan akan terus konsisten dan selalu sejuk.

6. Atur Kecepatan Kipas dengan Benar

Biasanya, AC memiliki tiga pengaturan kecepatan kipas, yaitu rendah, sedang, dan cepat. Untuk menciptakan ruangan yang dingin dan nyaman, Anda perlu mengatur kecepatannya pada batas maksimal. Hal ini bertujuan untuk membuat AC cepat mendinginkan ruangan secara merata.

Selain beberapa tips mengatur suhu ideal di dalam ruangan di atas, ada juga cara lain agar AC Anda bisa mendinginkan ruangan secara merata. Hindari menyalakan dan mematikan AC terlalu sering, seperti menyalakan AC hingga suhu terendah dan kemudian mematikannya. Cara ini justru salah dan membuat AC Anda bekerja terlalu keras sehingga akan meningkatkan konsumsi daya listrik.

Untuk menciptakan suhu yang ideal dan nyaman bagi Anda dan keluarga, diperlukan AC dengan kualitas baik dan merk yang sudah sangat dikenal di kalangan masyarakat. Sebelum memilih AC, sebaiknya pertimbangkan dengan baik kebutuhan Anda serta kualitas produk yang diinginkan.

Sekarang Anda sudah mengetahui bagaimana cara mengatur suhu AC yang ideal untuk ruangan Anda. Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat menikmati kenyamanan dan kesejukan di dalam ruangan saat cuaca panas tanpa merasa khawatir.

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin