Kondenasi AC Apakah Berbahaya untuk AC? – Dengan tugasnya sebagai pendingin atau penyejuk ruangan, maka tidak wajar apabila AC atau pendingin ruangan mengalam kondensasi. Namun, kadang kondensasi ini membuat kebingungan apakah proses tersebut berbahaya bagi AC atau tidak.

Di bawah ini, kami akan menjelaskan apa itu kondensasi AC dan apakah kondensasi berbahaya bagi unit pendingin ruangan Anda. Untuk selengkapnya, simak penjelasan di bawah ini ya!

Definisi Kondensasi

Yang dimaksud dengan kondensasi adalah pengembunan, atau suatu proses saat udara atau gas berubah menjadi air ataupun es. Apabila Anda menemui kondensasi pada pendingin udara Anda, maka hal tersebut tidak dapat dikatakan sebagai hal yang normal. Hal ini dikarenakan AC pada umumnya mengeluarkan udara dan tidak menghasilkan air pada output nya. Air dari AC hanyalah air pembuangan yang akan mengalir lewat pipa pembuangan AC.

Baca Juga : Alasan Kenapa AC Bisa Mengalami Kondensasi

Umumnya, pendingin ruangan atau AC tidak akan menghasilkan air saat AC Anda nyalakan dan keluar udara sejuk dari AC. Adanya kondensasi pada pendingin ruangan dapat menjadi suatu indikasi adanya kerusakan atau gangguan pada bagian komponen tertentu di AC Anda dan harus segera Anda perbaiki. Pengembunan atau kondensasi ini tidak dapat Anda biarkan, karena dapat membuat proses pendinginan ruangan menjadi tidak maksimal seperti seharusnya.

Penyebab Kondensasi AC

Ada beberapa penyebab dari pengembunan atau kondensasi AC. Antara lain:

a. Perubahan Suhu di Pipa AC

Faktor pertama dari adanya pengembunan yakni perubahan suhu di bagian pipa AC Anda. Hal ini dapat terjadi pada saat perubahan suhu, seperti suhu yang terlalu dingin maupun terlalu panas di luar ruangan yang berbeda dengan suhu dalam ruangan ketika AC Anda nyalakan.

Baca Juga : Penyebab Pipa AC Beku dan Keluar Bunga Es

Perubahan suhu tersebut ternyata dapat menyebabkan adanya kondensasi atau pengembunan di AC Anda. Kondensasi dapat terjadi karena adanya perbedaan suhu antara suhu dalam sistem pipa dengan suhu yang ada di sekitar luar pipa AC. Terutama di musim hujan, kondensasi mungkin bisa terjadi karena suhu menjadi lebih rendah dan berpengaruh pada pipa AC Anda.

Solusi dari kondensasi tersebut yakni dengan mengontrol kondensasi pada pipa pendingin ruangan. Pengaturan ini dapat Anda lakukan dengan mengganti bagian armaflex. Armaflex sendiri adalah isolasi pipa AC dan fungsinya mengontrol kondensasi serta berfungsi sebagai proteksi suhu untuk pipa pendingin ruangan atau AC Anda.

Saat pemasangan Armaflex, ada baiknya menghindari munculnya celah pipa dengan armaflex, serta sebaiknya Anda lapisi dengan duct tape yang sifatnya kuat.

b. Refrigerant Overcharge

Pada musim hujan, refrigerant juga sering mengalami gangguan. Pada umumnya, refrigerant tidak mencair sehingga menyebabkan terjadinya refrigerant overcharge. Refrigerant pada unit pendingin ruangan adalah suatu cairan yang mengalir ke dalam sistem AC, di mana memiliki fungsi sebagai penyerap udara panas dalam ruangan, sehingga suhu di ruangan tersebut menjadi suhu dingin atau suhu rendah.

Baca Juga : Saluran Pembuangan Air AC Mampet? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Refrigerant overcharge membawa dampak tersendiri pada unit pendingin ruangan. eperti menimbulkan tetes embun pada bagian katup layanan dan dapat menetes ke bawah melalui indoor pendingin ruangan. Kelebihan refrigerator tersebut dapat menempati ruang pada kondensor, sehingga refrigerant dapat mengalami overcharge hingga terjadi pengembunan atau kondensasi.

Solusi untuk masalah tersebut adalah dengan melakukan pengisian freon sesuai dengan standar dari tekanan yang Anda butuhkan AC, serta melakukan pengecekan pada refrigerant secara rutin.

Baca Juga : Penyebab Saluran Pembuangan AC Mampet

Jadi, jika pertanyaannya adalah apakah kondensasi AC berbahaya untuk AC, maka jawabannya adalah iya. Hal ini dapat menyebabkan berbagai kerusakan serta gangguan hingga korslet pada komponen lain dari unit AC akibat terkena air dari kondensasi.

Meski terrancang tahan lama dan memiliki masa pemakaian yang panjang, apabila terus bersinggungan dengan air, komponen pada unit AC dapat mengalami kerusakan yang fatal. Sehingga Anda harus melakukan service AC dengan biaya yang tidak sedikit, atau paling parah adalah harus mengganti unit AC Anda dengan unit baru akibat kerusakan yang tidak dapat Anda tanggulangi.

Guna mencegah adanya pengembunan atau kondensasi, Anda dapat melakukan pengecekan dan service AC rutin dengan AbangBenerin. Namun, pastikan Anda melakukan service dengan teknisi yang berpengalaman agar tidak ada lagi kerusakan yang terjadi pada unit pendingin ruangan atau AC Anda.

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin