Penyebab AC Rusak dan Bagaimana Cara Mengatasinya – AC rusak adalah masalah yang meresahkan, apalagi jika anda sehari-hari perlu berada di dalam ruangan dalam jangka waktu lama. AC yang rusak membuat seisi ruangan menjadi gerah dan tidak sejuk apalagi jika ventilasi di ruangan tersebut terbatas. Kerusakan AC tentu menggangu aktivitas dan produktivitas anda. Oleh karena itu, menjaga dan merawat agar pendingin ruangan tidak mengalami kerusakan parah adalah hal yang bisa anda lakukan.

Penyebab AC rusak pun juga beragam. Seperti rusak karena cacat produksi, faktor eksterna rusak karena kurang terawat. Berbagai kerusakan tersebut memiliki solusinya masing-masing. Jadi ketika anda menemukan problem pada pendingin ruangan anda, jangan langsung panik namun identifikasikan dulu apa penyebabnya dan darimana sumbernya.

Namun terkadang anda tidak menyadari kerusakan pada AC. Nah supaya anda bisa lebih mengenal gejala-gejala kerusakan AC dan cara mengatasinya, yuk simak beberapa penyebab AC rusak dan bagaimana cara mengatasinya di bawah ini.

Apa Penyebab AC Rusak?

Jika anda memiliki AC di rumah atau tempat kerja, penting sekali untuk anda mengenali beberapa penyebab kerusakan AC ini agar anda tahu langkah apa yang perlu diambil untuk memperbaikinya.

1. Bahan pendingin atau kipas yang lemah

Salah satu penyebab AC Anda rusak yaitu bahan pendingin AC anda melemah. Jika system pendingin atau kipas ada masalah, akibatnya adalah udara yang dihasilkan jadi panas dan tidak sejuk. Tentu hal tersebut membuat performa AC jadi tidak maksimal dan menggangu aktivitas anda.

Cara mengatasi: Memerlukan bantuan teknisi professional untuk menemukan penyebab dari kipas dan pendingin yang tidak berjalan normal.

2. Kondensor kotor

Anda perlu tahu kondensor termasuk bagian outdoor pada AC yang berguna untuk menghilangkan panas dari udara dengan mengeluarkannya ke luar ruangan, kondensor bisa tidak berfungsi apabila ditemukan banyak kotoran seperti debu yang menyumbatnya. Masalah ini sangatlah umum melihat kondensor ini terletak di luar ruangan sehingga sangat mudah terpapar kotoran.

Cara mengatasi: Anda bisa mencuci kondensor secara mandiri dengan air, sikat, dan cleaner. Kondesor aman jika terkena air sehingga anda tidak perlu khawatir.

3. Kebocoran Komponen AC

Salah satu masalah yang biasa terjadi jika anda memiliki AC adalah terjadi kebocoran di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Tentu penyebabnya beragam. Bisa karena pipa AC yang bocor atau terputus sehingga air tidak bisa mengalir keluar dengan tepat, instalasi tidak tepat,  dan condensate pump yang rusak dan perlu diganti.

Cara mengatasi: Jangan gunakan AC anda dan matikan sampai komponen yang rusak anda ganti dengan yang baru.

Baca Juga : Saluran Pembuangan AC Bocor? Apa Yang Harus Dilakukan

4. AC Filter kotor

AC filter memiliki peranan penting untuk menjaga aliran udara tetap bersih dan bebas dari polutan dan debu, filter AC yang kotor akan menghambat aliran udara serta mengurangi efisiensi dari sistem pendingin ruangan. Filter AC yang kotor juga mengurangi kemampuan sistem untuk mendinginkan udara secara efektif.

Cara mengatasi: Cek dan lepas AC filter jika ada debu yang menumpuk. Anda bisa membersihkannya dengan air agar kotorannya hilang. Namun jika sudah terlalu parah, anda perlu mengganti AC filter dengan bantuan teknisi professional tentunya.

Baca Juga : Ini Pentingnya Cuci AC Tiga Bulan Sekali

5. Kegagalan Sambungan yang Tidak Disadari

Mungkin anda tidak sadar ketika menyalakan dan mematikan pendingin ruangan atau AC terlalu sering sehingga kompresor dan sistem kipasnya jadi bermasalah. Kompresor, mesin kondensor, dan blower itu saling terhubung untuk membentuk sebuah sistem unit. Adanya gangguan dalam hubungan tersebut seperti korosi pada kabel ataupun terminals bisa menyebabkan kompresor dan mesin tidak mau menyala.

Cara mengatasi: Untuk mengetahui penyebabnya, periksa koneksi elektrik dan jika anda tidak bisa menemukannya, panggil teknisi AC professional. Permasalahan seperti ini dapat Anda atasi dengan rutin melakukan pemeliharaan dan perawatan AC.

AC rusak tentu menyusahkan dan membuat anda merasa bingung karena tidak tahu penyebabnya. Karena itu Anda harus pastikan melakukan perawatan rutin dengan Abang Benerin supaya kerusakan-kerusakan AC seperti itu dapat diidentifikasi lebih dini. Mari jaga pendingin ruangan anda agar awet dan tahan lama!

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin