Sering Diabaikan! Berbahayakah AC Bocor Dibiarkan Terus Menerus? – AC atau Air Conditioner merupakan barang elektronik yang kita butuhkan ketika kondisi cuaca sedang panas. Apalagi kita berada di tempat yang memiliki suhu lebih panas dari daerah lainnya. Bisa juga karena ventilasi di rumah kita kurang sehingga untuk membuat udara tetap dingin maka kita memerlukan AC. Ada banyak AC yang dijual dengan berbagai merek dan tipe.

Baca Juga : Hindari Hal Ini Untuk Mencegah AC Bocor

Setiap AC tersebut menawarkan kelebihannya masing-masing. Harga dan ukurannya pun bermacam-macam. Ada AC yang paling murah sampai yang paling mahal. Namun apa pun merek atau tipe AC yang kamu beli, kamu harus memperhatikan kondisinya. Jangan hanya sekadar menggunakan AC tanpa memikirkan bagaimana cara menggunakan AC dengan benar agar awet.

Selain itu, dikarenakan AC harus memerlukan aliran listrik agar bisa digunakan maka kemungkinan terjadinya korsleting listrik bisa terjadi kapan saja. Dengan kata lain, AC bocor juga bisa bahaya karena menjadi salah satu sumber kebakaran sehingga kamu harus waspada dalam menggunakannya.

Apa Saja Penyebab AC Bocor?

Untuk itu kamu perlu mengetahui apa saja hal-hal yang menyebabkan terjadinya kebocoran pada AC. Adapun beberapa penyebab AC bocor tersebut adalah sebagai berikut.

1. Filter AC Tersumbat

Salah satu penyebab umum AC mengalami kebocoran adalah filter AC yang tersumbat. Ketika filter mengalami penyumbatan, maka kondisi ini bisa mengakibatkan terhambatnya aliran udara melalui sebuah sistem yang selanjutnya akan menimbulkan pembekuan udara. Ketika kamu mematikan AC, maka es yang terbentuk di AC akan mulai mencair. Es yang mencair tersebut kemudian akan mulai menetes sehingga menimbulkan kebocoran pada AC.

Baca Juga : Penyebab AC Bocor Setelah Dicuci

2. Kompresor Rusak

Salah satu bagian terpenting AC yaitu kompresor juga bisa menjadi sumber dari kebocoran. Komponen ini letaknya berada di bawah koil pendingin. Fungsinya adalah untuk mengalirkan air secara menyeluruh sehingga mampu mencegah kebocoran. Pada saat pompa mengalami kerusakan atau tidak dapat berfungsi karena banyaknya debu maupun kotoran yang menumpuk bisa mengakibatkan air menetes. Kondisi ini kemudian akan menjadi indikasi bahwa pompa tidak berfungsi dengan baik.

Baca Juga : Masih Bingung Dengan Komponen AC? Ini Dia Jenis dan Fungsinya!

3. Koil Kondensor AC Bocor

Unit kondensor ini letaknya ada di luar rumah. Unit ini terdiri dari kompresor, koil kondensor, serta motor blower. Karena letaknya berada di luar, maka potensi terkena debu dan kotoran menjadi lebih besar. Maka dari itu, silakan mengecek bagian ini dan pastikan tidak ada kebocoran.

Baca Juga : Alasan Kenapa AC Bisa Mengalami Kondensasi

4. Koil AC Beku

Koil evaporator ada di dalam AC. Jika ketika membuka AC kamu menemukan koil terkumpul di dalamnya, ini menandakan bahwa kecepatan pelelehannya lebih lambat sehingga mengakibatkan air tumpah di wadah pembuangan.

Baca Juga : Penyebab Pipa AC Beku dan Keluar Bunga Es

5. Pemasangan AC Tidak Tepat

Penyebab AC bocor lainnya yang juga kerap terjadi adalah pemasangan AC yang kurang tepat. Ketika memasang AC, pastikan bagian depan lebih dingin dari pada bagian belakang. Untuk menghindari kebocoran ini, maka AC wajib pasang dengan posisi kemiringan yang sesuai. Ketika kemiringan AC kurang tepat, maka bisa menjadi sebab air yang mengalir ke selang pembuangan menjadi kurang maksimal atau bahkan bisa tidak mengalir sama sekali.

Baca Juga : Mau Pasang AC? Ini Dia Estimasi Biaya yang Kamu Butuhkan

blog-banner-bongkar-pasang

Apakah AC Bocor Berbahaya?

Salah satu komponen yang menyebabkan AC mengalami masalah adalah freon. Freon yang habis bisa mengakibatkan udara yang digunakan untuk mendinginkan ruangan menjadi kosong. Kondisi freon yang bermasalah malah bisa berpotensi menyebabkan keracunan. Akibatnya, keselamatan penghuni rumah menjadi terancam.

Freon yang habis atau bocor dapat membahayakan kesehatan dan bahkan melukaimu. Bukan hanya soal keracunan, masalah freon yang mengalami kebocoran juga bisa mengakibatkan iritasi mata serta kulit. Namun masih ada akibat lainnya yang sangat fatal. Ketika AC bocor dan tidak segera Anda lakukan perbaikan, maka akan bahaya dan berpotensi menyebabkan kematian. Kenapa? Karena orang tersebut akan menghirup racun yang berasal dari karbon monoksida.

Maka dari itu, pastikan bahwa freon tidak pernah kosong. Untuk itu, kamu perlu melakukan pengecekan secara rutin. Jika kamu tidak mengeceknya sendiri, mintalah orang lain atau kamu bisa menyewa jasa servis AC AbangBenerin untuk melakukan pengecekan secara rutin. Dengan begitu, ketika ada masalah maka akan langsung bisa diperbaiki sehingga tidak sampai menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin