Tips Mengatasi AC Rumah Tidak Dingin – AC rumah yang tidak dingin bisa disebabkan oleh beberapa hal. Namun tidak selamanya masalah AC yang tidak dingin tersebut membuatmu harus segera servis AC. Kamu bahkan bisa memperbaikinya sendiri jika kondisinya tidak terlalu parah. Lalu apa saja kondisi yang mengakibatkan AC tidak dingin? Bagaimana cara mengatasinya? Untuk mendapatkan jawaban selengkapnya, silakan kamu menyimak beberapa penyebab dan bagaimana cara mengatasi masalah AC  tidak dingin seperti yang akan kami jelaskan di bawah ini.

Penyebab dan Cara Mengatasi AC Rumah Tidak Dingin

1. Filter AC Kotor

Salah satu bagian yang menunjang kinerja AC dalam mendinginkan ruangan adalah filter. Filter bertugas untuk menyaring debu dan kotoran yang terdapat di dalam udara AC. Namun lama kelamaan kotoran akan mulai menyumbat AC dan jika dibiarkan, kotoran tersebut akan semakin menumpuk dan pada akhirnya filter AC benar-benar tersumbat sehingga udara dingin tidak bisa keluar.

Baca Juga : Ini Pentingnya Cuci AC Tiga Bulan Sekali

Solusinya adalah kamu harus membersihkan filter AC secara rutin. Kamu bisa mencuci filter sebulan sekali untuk membuatnya tetap bersih. Namun sebelum membersihkannya, kami menyarankan agar kamu menutup barang-barang yang ada di sekitar AC seperti kasur agar tidak terkena kotoran dari filter.

2. Kondensor Kotor

Bukan hanya filter yang bisa kotor, ternyata kondensor juga merupakan bagian AC yang rawan kotor. Akibatnya, AC tidak bisa mengeluarkan udara dingin sehingga meskipun AC dalam kondisi menyala, namun ruangan masih terasa tidak terlalu sejuk atau malah tidak sejuk sama sekali. Fungsi kondensor adalah untuk memanaskan freon atau refrigerant agar berada di suhu tertentu.

Baca Juga : Masih Bingung Dengan Komponen AC? Ini Dia Jenis dan Fungsinya!

Ketika kondensor kotor, AC tidak bisa menjalankan tugasnya dengan baik. Maka dari itu kamu juga perlu membersihkannya secara rutin. Kamu bisa membersihkannya sendirian dengan cara menggunakan sabun dan juga air agar kotoran tersebut bisa hilang. Kamu juga dapat memakai selang air untuk membersihkannya. Ingat, bersihkan dengan arus air yang pelan agar tidak merusak kondensor. Jika kamu lama tidak menggunakan AC, jangan lupa untuk menutup kondensor dengan kain.

3. Freon yang Habis

AC yang tidak dingin juga bisa karena freon yang sudah habis. Freon atau refrigerant merupakan gas yang berfungsi mendinginkan ruangan. Ketika freon AC habis, maka kondisi ini juga berakibat AC tidak bisa mendinginkan ruangan. Salah satu cirinya adalah terdapat pembekuan yang ada di pipa AC, terdengar suara mendesis yang mungkin menandakan bahwa terjadi kebocoran.

Baca Juga : Ketahui Hal-Hal Berikut Ini Sebelum Isi Freon

Ketika freon AC habis atau bahkan bocor, kamu harus segera memperbaikinya. Freon yang bocor dan dibiarkan berpotensi menyebabkan gangguan pernapasan atau bahkan kematian. Jika belum bisa memperbaiki sendiri, silakan hubungi jasa servis AC untuk mengatasi masalah tersebut.

4. Pengaturan Termostat Salah

Penyebab lainnya yang membuat AC tidak dingin adalah kesalahan dalam pengaturan termostat. Mungkin pada waktu itu suhu yang ditetapkan kurang sesuai dengan ruangan sehingga membuat kita merasa bahwa AC tidak mengeluarkan udara dingin. Misalnya suhu yang ada di ruanganmu seharinya 24 derajat. Kemudian kamu mensettingnya di angka 27 derajat. Tentu saja AC akan mengeluarkan suhu yang lebih tinggi sehingga membuat ruangan tersebut tidak terasa dingin.

Maka dari itu, pastikan kamu sudah mengatur termostat dengan benar. Atur suhu sesuai dengan kondisi ruanganmu. Setelah itu kamu bisa mengeceknya apakah suhu yang sudah kamu atur tersebut sudah sesuai atau belum. Jika belum, kamu bisa menurunkan kembali suhunya.

5. Jendela yang Dibuka

Kebiasaan yang sederhana namun memiliki dampak yang cukup besar adalah membuka jendela ketika AC dalam kondisi menyala. Kondisi ini membuat udara dingin tidak bisa mengalir secara maksimal di dalam ruangan tersebut. Maka dari itu, silakan tutup jendela agar udara dingin tidak keluar.

Baca Juga : Tips Posisi Terbaik Untuk AC di Kamar Tidur

6. Ukuran AC yang Tidak Sesuai

Salah memilih ukuran AC juga bisa mengakibatkan AC tersebut tidak bisa bekerja secara maksimal. AC dengan ukuran kecil tidak bisa mengalirkan udara dingin secara maksimal untuk ruangan yang besar. jadi, orang yang ada di ruangan tersebut tidak merasakan dingin. Solusinya, kamu bisa menggantinya dengan yang ukurannya lebih besar.

Baca Juga : Menggunakan 1 AC untuk 2 Ruangan? Apakah Efektif?

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin