Apa Saja yang Dicek Saat Maintenance AC? – Agar AC bisa terus bekerja dengan optimal serta tahan lama, maka sangat penting untuk melakukan perawatan dan service secara rutin. Oleh karena itu, jangan menunggu AC rusak untuk melakukan service atau maintenance berkala terhadap AC Anda.

Baca Juga : AC Rumah Sering Rusak? Mungkin Ini Penyebabnya

Selain untuk menjaga AC tetap awet dan tahan lama, maintenance AC tentunya bertujuan agar menjadikan kinerja AC tetap optimal. Hasilnya, AC akan bekerja dengan baik, serta memerlukan daya listrik yang tetap hemat karena tidak bekerja dengan keras. Jadinya, Anda bisa lebih hemat listrik.

Namun, apa saja yang akan dicek ketika maintenance AC secara rutin? Biasanya, ketika Anda menghubungi teknisi service AC, maka beberapa hal yang akan mereka lakukan saat melakukan maintenance AC adalah sebagai berikut:

1. Kelistrikan AC

Pertama yang akan dicek adalah bagian kelistrikan. Hal itu bertujuan agar menemukan atau mendeteksi dengan segera apabila ada masalah di kontrol listrik AC Anda. Sebab, masalah kelistrikan ini sangat penting, karena memastikan tidak ada kabel yang longgar, atau terbuka sehingga bisa menyebabkan arus pendek.

Baca Juga : Kenapa Listrik Turun Setelah Menyalakan AC? Ini Penyebabnya!

Korsleting listrik yang terjadi karena arus pendek tidak hanya bisa merusak AC Anda secara keseluruhan. Tapi juga bisa menimbulkan bahaya seperti kebakaran. Oleh karena itu, pengecekkan saluran kelistrikan mesti secara teliti.

Biasanya petugas service akan menggunakan lapisan non konduksi untuk dipasangkan di bagian kontrol listrik. Hal itu bertujuan agar potensi korsleting pada AC bisa Anda hindari. Selain itu, bagian terminal listrik juga akan dicek satu per satu. Selain tidak ada kabel atau baut yang longgar, juga akan dibersihkan dari debu dan kotoran.

Bisa jadi juga, ada kabel yang terputus karena ada tikus yang menggigit dan sebagainya. Juga kondisi kabel lainnya yang cukup berisiko untuk menimbulkan kerusakan lainnya.

2. Refrigerant

Bagian berikutnya adalah refrigerant yang ada di dalam AC. Biasanya,menggunakan jenis refrigerant yaitu freon, meski tidak semua AC menggunakan freon.

Refrigerant sangat penting di dalam AC karena bagian inilah yang bertugas untuk mendinginkan udara yang akan AC hembuskan ke seluruh ruangan. Apabila jumlah refrigerant telah berkurang, maka kinerjanya akan berkurang juga.

Baca Juga : Seberapa Penting Freon Untuk AC Rumahan?

Selain itu,teknisi akan melakukan pengecekkan untuk mengecek kebocoran refrigerant. Apabila ternyata ada kebocoran, maka harus segera melakukan penanganan. Kebocoran tersebut akan terdeteksi dengan alat detektor yang memang berfungsi untuk pengecekan refrigerant.

Sebab, apabila ada kebocoran maka banyak dampak lain yang akan terjadi. Kebocoran tersebut bisa membuat penghirupnya jatuh sakit, karena refrigerant mengandung senyawa berbahaya bila terhirup langsung oleh manusia. Selain itu, kebocoran refrigerant jenis freon juga bisa membuat potensi bahaya lain seperti kebakaran, karena ada jenis freon yang mudah terbakar.

3. Sistem AC

Pengecekkan selanjutnya ketika maintenance AC adalah sistem pusat dari AC tersebut. Apakah ada komponen yang tidak bekerja dengan maksimal, atau ada kebocoran yang bisa menyebabkan air merembes dari AC, dan sebagainya.

Tidak hanya itu, petugas service AC juga akan melakukan perbaikan bila ternyata mereka menemukan hal-hal yang akan rusak dari sistem pusat AC. Akan lebih baik bila hal tersebut bisa terdeteksi dini, karena bila terlambat maka kerusakannya akan merembet ke komponen lainnya.

Baca Juga : Masih Bingung Dengan Komponen AC? Ini Dia Jenis dan Fungsinya!

Apabila kerusakan sudah merembet ke komponen lainnya, maka proses service AC akan menjadi lebih sulit. Bahkan, Anda harus merogoh kocek lebih dalam karena pergantian banyak komponen dalam AC ketika service AC.

4. Mesin AC

Beberapa bagian lainnya yang akan teknisi service AC ketika maintenance adalah mesin di dalamnya. Mulai dari motor penggerak kipas, belt, karet, dan sebagainya. Tentunya, komponen yang sudah aus, atau mungkin terlalu kencang sehingga kinerja berkurang maka harus Anda ganti atau perbaiki.

Baca Juga : Ini Dia Fungsi Soundproof di AC

Meneteskan oli atau pelumas untuk bagian AC tertentu. Dengan demikian, kinerja mesin menjadi lebih optimal. Sama seperti mesin kendaraan, ketika sudah menggunakan oli yang baru maka kinerjanya akan kembali baik.

Itu tadi deretan bagian yang petugas service AC cek ketika proses maintenance. Agar AC lebih hemat dan tahan lama, tentunya proses maintenance ini harus Anda lakukan secara berkala. 

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin