Remote AC Tidak Berfungsi? Kenali Penyebabnya – Remot AC bermasalah seperti tidak bisa berfungsi dengan baik tentu jadi hal yang menyebalkan. Pendingin ruangan memerlukan remote yang tepat agar bisa menyalakan daya pada AC. Bila anda tidak memiliki remote AC, anda akan kesulitan untuk menyalakan AC. Oleh sebab itu, anda wajib memperhatikan permasalahan teknis pada remot AC agar pendingin ruangan bisa digunakan dengan baik dan normal.

Baca Juga : Penyebab AC Rusak dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Remot AC bermasalah sebenarnya bukan hal baru. Salah satu penyebab remot AC sering mengalami masalah adalah baterai yang ada dalam remote AC. Namun anda juga perlu mewaspadai hal-hal berkaitan dengan sensor yang sangat mungkin juga terjadi kerusakan. Oleh sebab itu, remote AC memiliki tempat sendiri untuk meletakkannya seperti di dinding atau meja agar tidak terjatuh.

Jika anda mengalami masalah pada remote AC, beberapa hal ini bisa menjadi penyebab remote AC tidak berfungsi dengan normal. Simak informasinya di bawah ini.

Penyebab Remote AC Tidak Befungsi

Rupanya ada beberapa hal yang menyebabkan remote AC tidak berfungsi dengan baik. Apakah anda mengetahuinya?

1. Baterai pada remote AC habis

Ini menjadi sebuah hal sepele, namun sering terlupakan. Banyak orang tidak sadar kalau remote AC menggunakan baterai sebagai sumber dayanya. Ciri – ciri ketika remote AC baterainya habis adalah layar pada remote AC meredup, berkedip-kedip tidak konsisten, atau bahkan mati total. Anda bisa melihat dan mengingat kembali, kapan terakhir kali anda mengganti baterai remot AC anda

2. Inframerah Pada Remote Rusak

Apabila anda sudah mengganti baterai namun remot AC tetap tidak berfungsi, maka hal tersebut bisa menjadi pertanda adanya kerusakan pada remot AC. Jika lampu LED tidak menyala setelah diganti baterainya, maka bisa dikatakan remote ada kerusakan pada remote AC. Adanya kegagalan fungsi inframerah yang tidak bisa menerima maupun mengirim data menjadi penyebab remote AC yang anda miliki tidak bisa digunakan. Ketika masalahnya seperti ini, anda perlu membeli remote AC yang baru untuk bisa menyalakan pendingin ruangan.

3. Sensor AC bermasalah

Sebelum menyalahkan remote AC yang anda kira rusak, anda juga perlu memeriksa kondisi AC anda. Jangan-jangan ada gangguan yang terjadi pada AC anda. Masalah yang bisa terjadi pada AC yakni sensornya mengalami kerusakan. Penyebabnya bisa berbagai macam seperti sensor yang terkena air ketika pendinginan, socket sensor yang kendor, adanya debu yang menempel pada socket, dan usia pemakaian yang sudah cukup lama. Jadi penting untuk memeriksa bagian AC terutama sensornya sebelum menyatakan bahwa remot AC anda rusak.

Baca Juga : Ciri-ciri AC di Rumah Anda Rusak atau Perlu Diperbaiki

4. PCB Modul Mengalami Eror

PBC modul adalah komponen utama yang berguna untuk mengontrol semua proses pendinginan yang terjadi pada sebuah AC, termasuk mematikan dan menyalakan AC menggunakan remote. Jika remot AC anda mengalami masalah, mungkin karena PCD modul anda juga mengalami gangguan. Penyebab PCB modul error pun beragam, bisa akibat terkena tegangan tinggi atau rendah (voltase listrik tidak stabil), terdapat komponen yang terbakar, sampai korsleting.

5. Ada Bagian yang Hilang

Remote AC tidak akan bekerja maksimal jika komponen penyusunnya tidak lengkap. Bagian yang hilang ini bisa jadi di dalam remote maupun di luar seperti tombol atau lampu infrared. Bagian remote yang hilang ini tentu mempengaruhi kepekaan dan daya kerja remote AC untuk menyampaikan pesan kepada AC. Bila bagiannya ada yang hilang, AC dan remote tidak bisa bersinergi sehingga AC anda tidak bisa menyala. Pastikan remote AC anda baik-baik saja dan tidak ada komponen yang hilang.

Remote AC menjadi tools yang paling penting bagi anda yang memiliki AC atau pendingin ruangan. Tanpa remote AC yang berfungsi dengan baik, anda tidak bisa menyalakan atau melakukan setting pada pendingin ruangan. Nah, kira-kira jika remote AC anda sedang bermasalah, apa yang membuatnya tidak bisa digunakan?

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin