4 Alasan Pentingnya Melakukan Service ACService AC tentu pernah anda lakukan jika menemukan masalah pada pendingin ruangan. Melakukan service ataupun perawatan maintenance menjadi bagian yang lumrah untuk dilakukan demi menjaga daya tahan AC agar tetap bisa digunakan dengan baik dan maksimal. Kerusakan atau gangguan pada pendingin ruangan yang parah tidak hanya mengganggu kenyamanan saja, namun juga menyebabkan pembengkakan biaya yang perlu dikeluarkan.

Air conditioning menjadi sebuah elektronik yang banyak sekali penggunanya, terutama di Indonesia. Penggunanya pun beragam mulai dari rumah tangga, bisnis, sampai perkantoran besar. Namun sayangnya, masih banyak yang abai dengan pendingin ruangan yang mereka gunakan. Jika ingin memiliki AC dengan performa yang baik dalam jangka waktu lama, perawatan dan service yang rutin dan tepat adalah caranya.

Kira-kira sebenarnya apa alasan mengapa melakukan service AC itu penting bagi kesehatan AC anda? Nah, supaya anda lebih memahaminya, mari simak informasinya di bawah ini.

Alasan Pentingnya Melakukan Service AC

Jangan takut untuk service AC sedini mungkin karena hal tersebut adalah investasi anda di masa mendatang. Kalau AC anda jarang di service dan mengalami kerusakan parah dikemudian hari, tentu biaya dan material yang dibutuhkan untuk memulihkannya jauh lebih mahal. Beberapa alasan ini perlu anda pertimbangkan agar anda lebih sadar terhadap pentingnya melakukan service berkala.

1. Menghemat Pengeluaran Untuk Listrik

Pendingin ruangan yang rusak dan bocor membuat tagihan listrik membengkak dan tidak terduga. Nah, pendingin ruangan yang rusak tersebut juga disebabkan oleh berbagai macam hal, salah satunya adalah tidak melakukan service sejak kerusakan tahap awal. Semakin lama dibiarkan bisa semakin parah bahkan sampai mempengaruhi biaya listrik yang harus dibayarkan. Dengan maintenance rutin, tentu anda menghemat pengeluaran untuk listrik di masa mendatang.

2. Masa Operasional AC Lebih Lama

Pendingin ruangan yang awet, tahan lama, serta performanya stabil mulai dari hal sederhana seperti melakukan service dan perawatan secara berkala. Terkadang ada faktor-faktor yang tidak disadari yang ternyata membuat AC perlahan-lahan menjadi rusak seperti kebocoran kecil, cuaca ekstrim, saluran tersumbat, sampai kerusakan kipas secara permanen. Dengan melakukan service AC, anda bisa terhindar dari hal-hal tersembunyi itu dan masa operasional AC menjadi lebih lama.

Baca Juga : Kesalahan Umum Dalam Menggunakan AC di Rumah

3. Membantu Efisiensi Energi

Mungkin anda pernah mengalami ketikan pendingin ruangan atau AC anda Freon-nya habisa dalam waktu singkat. Permasalahan seperti itu seringkali kita abaikan dan menanggaphal tersebut remeh padahal cukup merugikan dalam segi biaya maupun dampaknya langsung ke lingkungan. Anda juga bisa berkonsultasi pada mekanik professional tentang menjaga agar AC tidak boros energi ketika anda gunakan sehari-hari.

4. Membantu Menjaga Kualitas Udara di Ruangan Anda

Melakukan pembersihan dan service AC tidak hanya bagik untuk kantong dan AC itu sendiri, tapi juga untuk kualitas udara yang anda hirup di ruangan. Udara yang bersih membuat produktivitas meningkat dan sangat baik bagi kesehatan. Untuk memeriksa apakah AC anda mendukung hal tersebut, coba siapkan satu kain atau tisu putih bersih. Kemudian letakkan di depan AC yang mengeluarkan udara. Jika hasil udara bersih, maka kain tersebut tidaka akan ada warna atau flek kotoran debu yang menepel. Dengan begitu bisa kita simpulkan bahwa service AC membantu anda memiliki pendingin ruangan yang sehat.

Pemeliharaan AC tidak perlu menunggu sampai pendingin ruangan menunjukkan gejala-gejala kerusakan terlebih dahulu. Anda bisa mulai melakukan pemeliharaan tiga bulan setelah membeli AC dan setelahnya lakukan secara rutin sesuai dengan kebutuhan anda. Intinya, jangan menunda untuk melakukan service AC karena AC adalah alat elektronik yang rawan terjadi masalah bila tidak anda lakukan kontrol dan pembersihan secara rutin.

Baca Juga : Ini Pentingnya Cuci AC Tiga Bulan Sekali

Pemeliharaan AC yang anda lakukan sekarang akan berdampak di masa yang akan datang. Semakin anda memperhatikan AC di rumah dan kantor anda secara seksama, tentu performa dan kualitasnya bisa terjaga lebih lama. Sudahkan anda melakukan service AC dengan tepat dan teratur?

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin