Mitos Penggunaan AC yang Perlu Anda Tahu – Mitos tentang AC pernah anda dengar dari orang-orang sekitar atau media online. Misalnya “jangan menggunakan AC bila….”. Bukannya tidak boleh mendengar tentang mitos seperti itu, namun lebih baik anda tahu mengapa dan alasannya secara logis supaya AC di rumah anda tidak terkena dampaknya. Apa yang anda ketahui biasanya akan mempengaruhi bagaimana anda memperlakukan pendingin ruangan di rumah anda.

Beberapa mitos tentang AC biasanya mengarah pada memperbolehkan anda melakukan sesuatu berkaitan dengan pendingin ruangan. Padahal, bisa jadi hal hal tersebut seharusnya anda hindari. Salah satunya karena memiliki dampak negative yang bisa membuat daya dan listrik di rumah anda jadi lebih boros. Memahami mana informasi yang benar dan salah rupanya sangat penting terutama yang berkaitan dengan pendingin ruangan.

Supaya anda tidak mendapatkan informasi yang salah, ada baiknya untuk mengetahui mitos seputar penggunaan AC ini. Kira-kira benar atau mitos ya? Mari simak di bawah ini.

Mitos Tentang Penggunaan AC

Mitos berarti hal-hal yang tidak benar. Nah, dari beberapa mitos ini, mana yang pernah atau sering anda lakukan ketika sedang menggunakan AC di rumah atau kantor?

1. Mitos: Wajib Ganti Freon Secara Rutin

Mengganti Freon AC yang habis tentu sangatlah penting. Tapi, anda perlu menggaris bawahi kalau mengganti Freon yang ideal itu ketika isinya sudah menipis atau habis. Mengganti Freon secara rutin namun keadaan Freon masih banyak dan kondisinya baik bukanlah hal yang bijak. Hal yang seharusnya anda lakukan adalah melakukan pemeriksaan Freon secara rutin agar anda bisa tahu sisa Freon yang masih ada bisa bertahan berapa lama lagi. Jadi kalau anda selama ini rutin ganti Freon sebulan sekali, ubah dengan mengganti Freon jika memang sudah habis saja.

2. Mitos: AC Panas Selalu Karena Freonnya Habis

Seringkali orang menganggap kalau AC mengeluarkan hawa panas itu karena kehabisan Freon. Padahal ada banyak penyebab yang bisa membuat pendingin ruangan anda mengeluarkan hawa panas. Misalnya kebocoran pipa, filter yang penuh debu, kipas pada outdoor yang mengalami gangguan, sampai kondensor yang bermasalah. Jadi ketika menemui pendingin ruangan yang panas, jangan buru-buru mendiagnosa kalau freonnya habis ya.

3. Mitos: Mematikan dan Menyalakan AC terus-menerus Membantunya Istirahat

Faktanya, mematikan dan menyalakan AC dalam rentang waktu yang dekat malah membuat boros daya dan listrik. Mengistirahatkan AC lebih baik dengan menggunakanya secara terus-menerus dalam jangka waktu yang stabil daripada mematikan dan menyalakan AC dengan jarak waktu yang dekat. Energi yang dikeluarkan oleh AC untuk menyala itu cukup besar sehingga ketika anda melakukan hal ini dengan harapan AC bisa istirahat, tentu akan merugikan anda. Pastikan anda tahu kapan waktu AC anda perlu dimatikan setelah digunakan sekian jam.

4. Mitos: AC Inverter Pasti dan Selalu Hemat Listrik

AC inverter memang di-branding dan dikenal sebagai AC modern dengan kemampuan hemat listrik dan daya, namun tidak menutup kemungkinan AC inverter menyebabkan pemborosan listrik yang berdampak pada mahalnya tagihan biaya listrik bulanan. AC inverter bekerja mendinginkan ruangan lebih cepat pada saat dinyalakan, tetapi akibatnya memakan daya listrik yang cukup tinggi. Setelah suhu ruangan stabil, kompresor akan terus menyala tapi dengan penggunaan daya yang lebih rendah dan stabil. Jadi hemat atau tidaknya penggunaan AC inverter tetap tergantung bagaimana pola pemakaian AC yang anda gunakan. Jika berlebihan, tetap saja akan mengalami pemborosan listrik

Baca Juga : Kenali Perbedaan AC Inverter dan Standart

5. Mitos: Mode Auto Bikin Boros Listrik

Pernyataan ini ternyata tidak benar. Justu dengan menggunan mode auto pada pendingin ruangan akan lebih hemat listrik. Mode Auto membuat AC bekerja secara optimal karena mode auto membuat AC mengatur suhu ruangan sesuai dengan suhu yang diinginkan tanpa harus diulang-ulang sehingga kompresor tidak bekerja lebih berat.

Baca Juga : Mengatur Remote AC Dengan Benar Supaya Dinginnya Maksimal

Itulah beberapa mitos tentang AC yang bisa anda ketahui. Kira-kira mitos mana yang anda kira benar selama ini? Semoga bermanfaat.

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin