Saluran Pembuangan AC Bocor? Apa Yang Harus Dilakukan – AC yang bocor tentu meresahkan. Ruangan jadi banyak air menetes dan menggenang serta tentunya jadi tidak nyaman. Kebocoran AC bisa anda waspadai sebagai indikasi adanya kerusakan tertentu pada bagian pendingin ruangan anda. Biasanya pada awalnya AC akan bocor secara ringan seperti mengeluarkan tetesan air. Namun ketika masalah semakin parah, air yang keluar dari AC akan lebih banyak dan bahkan sampai menggenangi lantai pada ruangan anda.

Penyebab AC bocor pun juga ada bermacam-macam. Anda perlu jeli untuk mengetahui mengapa AC anda bocor. Semakin dini anda menemukan penyebab masalahnya, maka pendingin ruangan semakin cepat diatasi. Dengan begitu anda bisa lebih hemat biaya perawatan dan pendingin ruangan anda rusaknya tidak semakin parah. Kenali penyebab bocornya AC dengan menggunakan bantuan professional seperti teknisi AC.

Baca Juga : Ini Tips Memilih Teknisi AC Yang Benar! Jangan Salah Pilih

Nah, bagi anda yang memiliki masalah seperti ini pada AC di rumah atau kantor anda, yuk simak mengenai penyebab dan cara mengatasi saluran pembuangan AC bocor yang sangat menggangu.

Saluran Pembuangan Bocor? Kenali Penyebabnya

Saluran pembuangan AC yang bocor dapat membuat AC mengeluarkan air dan tentunya sangat menggangu. Berikut penyebabnya yang perlu anda ketahui.

1. Sudah Rusak

Saluran pembuangan AC adalah seperti pipa yang tersambung dengan outdoor sehingga air atau udara dapat terbuang keluar ruangan. Namun apabila saluran pembuangan tersebut sudah rusak, tentu kebocoran AC akan sangat mudah terjadi. Biasanya penyebab AC bocor salah satunya adalah pipa salurang pembuangannya sudah rusak sehingga tidak bisa mengalirkan air atau residu dari dalam ke luar secara maksimal. Bila sudah terjadi seperti ini, anda perlu segera mengganti pipa saluran pembuangan dengan yang baru agar tidak lagi terjadi kebocoran AC.

2. Kotor dan Tersumbat

Saluran pembuangan AC bisa menjadi tempat berkumpulnya residu, debu, air, dan bahkan lumut. Tidak salah bila saluran pembuangan lama – kelamaan tidak berfungsi dan akhirnya kotoran tersebut menggerus bagian pipa saluran pembungan. Kebocoran AC pun kemungkinan besar bisa terjadi karena adanya kotoran dan lumut yang menyumbat saluran. Pastikan anda membersihkan pendingin ruangan secara menyeleruh, baik unit outdoor maupun indoor agar kotoran tidak menumpuk dan bahkan menggerus pipa hingga menyebabkan kebocoran.

Baca Juga : Ini Pentingnya Cuci AC Tiga Bulan Sekali

3. Sambungan Saluran Terlepas

Bisa juga penyebab kebocoran AC adalah karena sambungan saluran pembuangan AC dengan unit outdoor terlepas sehingga menyebabkan air tidak bisa mengalir dan malah menetes. Penyebab lepasnya saluran ini juga tentu bermacam-macam. Bisa karena ujung sambungannya berkarat atau berkerak sehingga tidak utuh dan tidak bisa terpasang sempurna, namun bisa juga karena factor usia sehingga memang perlu diganti dengan yang baru. Perhatikan hal-hal seperti ini agar saluran pembungan AC anda tidak mengalami kebocoran yang menggangu.

Cara Mengatasi AC Bocor

Kebocoran AC terus-menerus bisa mempengaruhi fungsi dari keseleruhan unit AC. Dengan begitu, beberapa cara mengatasi bocornya AC ini mungkin bisa membantu anda.

Pertama, lakukan pemeriksaan rutin secara mandiri. Anda tidak perlu selalu memanggil teknisi untuk memperbaiki pendingin ruangan di rumah. Bahkan anda bisa melakukan pemeriksaan rutin untuk memastikan apakah kondisi AC anda masih baik –baik saja. Namun jika melakukan pemeriksaan, lakukan secara menyeluruh dari bagian indoor sampai outdoor agar anda dapat menemukan kerusakan-kerusakan kecil sebelum terlambat.

Kedua, bila AC anda bocor terlalu parah dan dalam jangka waktu lama, segera hubungi teknisi AC professional untuk memperbaikinya. Menggunakan jasa teknisi AC professional bisa membantu anda mendapatkan pelayanan service dan konsultasi mengenai pendingin ruangan. Tak hanya itu saja, teknisi AC juga memahami mengenai cara perawatan, penyebab kerusakan, dan berbagai permasalahan pendingin ruangan. Anda pun bisa sekaligus bertanya dan meminta saran untuk merawat pendingin ruangan di rumah anda supaya lebih awet, segar, dan tahan lama. Saluran pembuangan AC yang bocor perlu segera diperbaiki. Jangan sampai aktivitas anda terganggu karena AC di rumah atau kantor anda bocor dan meneter. Apakah anda pernah menglami AC bocor?

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin