Dampak Buruk Jika Salah Dalam Menggunakan AC – Kesalahan dalam menggunakan AC bisa berdampak buruk bukan hanya pada AC melainkan juga pada kesehatan. Selain itu, penggunaan AC secara sembarangan juga merugikanmu baik dari segi finansial. Mengapa? Karena pasti kamu harus mengeluarkan uang untuk biaya servis AC. Biayanya pun tidak murah, terutama ketika kondisi AC sudah parah.

AC akan bertahan selama bertahun-tahun jika kamu menggunakannya dengan benar. Namun ketika pengguna AC tersebut sembarangan dalam menggunakan pendingin ruangan, akibatnya bisa fatal. Bahkan kesalahan dalam pemakaian AC terkadang menjadi sebuah kebiasaan yang tanpa disadari malah bisa menyebabkan AC cepat rusak.

Inilah Dampak Jika Salah Menggunakan AC

Di bawah ini merupakan beberapa akibat yang akan dialami jika salah dalam menggunakan AC:

1. AC dengan PK yang Tidak Sesuai Kebutuhan

Ketika kamu ingin membeli AC, salah satu yang harus menjadi pertimbanganmu adalah PK atau daya yang berpengaruh terhadap ketahanan AC di rumahmu. Maksudnya, jika kamu memiliki ruangan berukuran 6 x 4 meter persegi, maka kamu memerlukan AC dengan PK sebesar ¾. Semakin besar ukuran ruanganmu, maka semakin tinggi PK yang harus ada pada AC tersebut. Tentunya ini juga berpengaruh terhadap harga dari AC yang akan kamu beli.

Baca Juga : Mau Pasang AC? Berapa sih Watt yang Dibutuhkan?

Ketika kamu membeli AC dengan PK yang tidak sesuai dengan kondisi ruanganmu, maka AC tersebut tidak akan bertahan lama. Alasannya karena AC harus bekerja lebih keras untuk mendinginkan ruangan. Kemudian kamu harus servis AC dan mungkin juga akan mengalami kondisi yang sama jika kamu masih memasang AC dengan PK yang tidak sesuai.

2. Menyalakan AC Ketika Daya Listrik Turun

Salah satu masalah yang biasa dialami ketika rumah masih menggunakan listrik eksternal adalah penurunan daya. Penurunan daya merupakan kondisi di mana listrik mati lalu menyala namun tidak bertahan lama kemudian mati kembali. Jika pada waktu itu kamu sedang menyalakan AC, maka bisa menyebabkan masalah pada AC tersebut.

Baca Juga : Kenapa Listrik Turun Setelah Menyalakan AC? Ini Penyebabnya!

Selain itu, ketika kondisi daya listrik tidak stabil maka jangan sampai kamu menyalakan AC. Yang harus kamu lakukan adalah menunggu daya listrik kembali stabil. Mungkin juga kamu bisa memanggil pihak PLN untuk memperbaiki masalah penurunan daya di rumahmu.

3. Tidak Membersihkan AC

Dampak buruk lainnya yang mungkin terkesan sepele namun berbahaya adalah tidak membersihkan AC.  Kebiasaan ini terkadang sering kali orang lakukan di mana mereka hanya sekadar menggunakan AC tanpa memikirkan kapan harus membersihkan AC tersebut. AC yang tidak Anda bersihkan membuat kotor dan bahkan berjamur.

Baca Juga : Ini Pentingnya Cuci AC Tiga Bulan Sekali

Kotoran, jamur, maupun debu yang ada di dalam pendingin ruangan bisa mengakibatkan gangguan pada AC. Akibatnya AC tidak bisa mendinginkan ruangan secara maksimal atau malah menjadi hangat, AC mengeluarkan bau tidak sedap hingga berakibat AC tidak bisa menyala. Pada akhirnya kamu haru servis AC dan biayanya pun tidak murah. Maka dari itu, penting untuk melakukan pengecekan secara rutin untuk mengetahui apakah AC-mu terdapat debu atau kotoran yang menumpuk atau tidak.

4. Menyalakan AC Secara Terus-menerus

AC memang digunakan untuk membuat ruangan menjadi lebih sejuk. Namun kamu juga harus tahu kapan harus mematikan AC. Jangan menggunakan AC secara terus-menerus. Terlebih lagi ketika ruangan tersebut kosong. AC yang kamu nyalakan secara terus-menerus bisa menyebabkan performa AC menurun.

Baca Juga : Lakukan Hal Ini Sebelum Tagihan Listrik AC Membengkak

Bukan itu saja, jika kamu terus menyalakan AC maka berakibat biaya listrik membengkak. Sekalipun kamu menggunakan AC yang hemat listrik, tetap saja tagihan listrik di rumahmu akan lebih mahal. Maka dari itu, kamu harus tahu kapan waktunya mematikan AC. Biasanya AC hanya digunakan tidak lebih dari 6 sampai 8 jam per hari.

5. Tidak Mengecek Suhu Ruangan

Fungsi lain AC adalah untuk mengatur suhu ruangan. Maka kamu harus pintar di dalam mengatur suhu agar pendingin ruangan bisa bertahan lama. Sebaiknya atur AC dengan berada di 25 derajat. Dengan mensettingnya pada angka 25 derajat, komponen AC akan bekerja perlahan sehingga semua komponen akan berjalan seimbang.

Baca Juga : Cara Menggunakan AC yang Benar Agar Tetap Hemat

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin